Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, October 28, 2009

Tugas Artikel Untuk Kls X8 SMA N 8


Silahkan kumpulkan tugas artikelnya disini, artikelnya topiknya bebas. Sebelum dikumpulkan liat tugas yang lebih dahulu dikumpulkan, jika sama cari pokok bahasan yang lainnya. Tidak boleh ada yang sama. Artikel boleh dicari atau dibuat sendiri. Jika menjiplak isi referensinya. (Tugas paling lambat dikumpul HAri Rabu Tgl 11-11-2009, Jika melebihi jangka waktu nilai akan dikurangi).

Catatan:
Jangan memakai tanda baca selain ( . , ) " " : ; agar pengiriman tugasnya bisa dilakukan. Jika tidak bisa terkirim perhatikan tanda baca yang digunakan.

40 comments:

X8 35 PUTU OKA SUDIANA on October 30, 2009 at 1:54 AM said...

topik: pengertian dan sejarah komputer
judul: komputer

Jaman sekarang sudah maju, jaman dulu mungkin belum ada benda yang bernama KOMPUTER tapi jaman sekarang sudah ada di temukan KOMPUTER karena komputer dapat memudahkan kinerja manusia dalam bekerja . Perangkat elektronik ini sangat banyak memiliki segi positif diantaranya perangkat ini mampu mengolah data dengan perantaraan sekumpulan program dan mampu memberikan informasi dari hasil pengolahan tersebut.
Istilah computer tersebut berasal dari kata COMPUTE, yang berarti menghitung . Komputer adalah hasil dari kemajuan teknologi elektronika dan informasi yang berfungsi sebagai alat bantu menulis, menggambar, menyunting gambar atau foto, membuat animasi, mengoperasikan analisis ilmiah, simulasi dan untuk mengontrol peralatan.
perlengkapan elektronik (hardware )dan program ( perangkat lunak/ software) telah menjadikan sebuah komputer menjadi sebuah benda yang berguna. Jaman dulu KOMPUTER ukurannya cukup besar untuk mengoperasikan sebuah program , sekarang komputer sudah ada yang berbentuk kecil dengan kemampuan mengoperasikan program yang beragam . Secara luas komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.
Adapun komponen komputer meliputi sebagai berikut layar monitor, CPU, Mouse, keyboard, printer (sebagai pelengkap ) karena tanpa printer komputer dapat tetap melakukan sebagai tugasnya pengolah data , namun sebatas terlihat dilayar monitor belum dalam bentuk di print out ( kertas ).





refrensi :
1) http://www.total.or.id/info.phpkk=computer
2) http://id.wikipedia.ord/wiki/sistem komputer
3) http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah komputer

X8 27 I PUTU KRISNA ADI ASTIKA on November 3, 2009 at 3:49 AM said...

topik:Pengertian dan Sejarah Keyboard
judul:Keyboard

Keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer.Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tuts.
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat dan dipatenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh perusahaan remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang ( punched card reader ) sebagai alat input dan output.
Keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.







refrensi:
1)http://www.total.or.id/info.phpkk=keyboard
2)http://id.wikipedia.ord/wiki/sistem keyboard
3)http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah keyboard

X8 28 I Nym Krisna Wijaya on November 6, 2009 at 4:27 AM said...

topik:Sejarah mouse
tema:mouse

Saat ini, barangkali kita sudah sangat akrab dengan benda yang namanya mouse komputer. Meski nampaknya sepele, benda sebesar kepalan tangan ini sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari, utamanya yang selalu berhubungan dengan komputer.

Tapi, tahukah Anda bahwa mouse awal mulanya hanya bisa dipakai oleh orang yang terlatih di bidang grafis. Sebab, pada sekitar tahun 1968, komputer memang masih sangat jarang. Penggunanya hanya kalangan terbatas. Bahkan, untuk mengoperasikan pun butuh keahlian tertentu.

Karena itu, seorang penemu di bidang komputer, Douglas Engelbart, mencoba membuat sebuah alat untuk memudahkan proses kerja jika seseorang menggunakan komputer. Douglas yang dikenal sebagai pemuda cerdas dengan 40 lebih penemuan yang sudah dipatenkan, kemudian mendemonstrasikan alat bantu itu dalam acara Fall Joint Computer Expo di San Francisco pada 9 Desember 1968.

Sejak saat itu, arah perkembangan komputer berjalan makin cepat. Bahkan, bisa dikatakan, benda yang mirip tikus, karena kabel kecilnya di tengah menjulur panjang seperti ekor tikus, telah mengubah jalan industri komputer dunia. Komputer jadi lebih user friendly hingga komputer bisa dipakai oleh siapa saja.

Seiring berjalannya waktu mouse zaman sekarang sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus model ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video.

refrensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Tetikus
http://www.andriewongso.com/awartikel-620-Tahukah_Anda-Mouse_Komputer
http://www.e-smartschool.com/PNK/002/PNK0020004.asp

X8 40 IGST A PRADNYA PARAMITHA on November 6, 2009 at 9:46 PM said...

topik:Sejarah mouse
judul:mouse

asal mula mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk menditeksi gerakan ke sumbu x dan kesumbu y. engelbart kemudian memantenkannya pada 17 november 1970, dengan nama petunjuk x-y untuk sistem tampilan grafis. pada tombol itu, sebetulnya engelbart bermaksud menggunakan mouse dengan satu tanagan secara terus menerus, sementara tangan lainnya mengoprasikan alas seperti kyboard dengan lima tomol

mouse atau yang dalam bahasa indonesinya disebut tetiku, sering kita lakukan sehar-hari. ternyata banyak perkembangan mos dari awal mulanya dibuat hingga mos canggih yang sangat populer saat ini.

kini mouse tak hanya "klik"kanan"klik"kiri" berbagai fitur tambahan disematkan demi kepantingaan pasar. berbagai vendor termukapun berlomba mengenbangkan teknologinya demi menggait konsumen

refrensi.
http://alekeebis.blogspot.com/2007/09/sejarah-mouse.himl
http://www.kaskus.us/showthread
http://www.rileks.com/hot/26158-sejarah-mouse-pada-komputer.html

X8 42 A A A ISTRI PRIYATNA W on November 6, 2009 at 10:38 PM said...

topik: sejarah keyboard
judul: keyboard

keyboard adalahalat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalakan berbagai instruksi atau perintah ke dalam komputer. pencipta keyboard komputer diilhami oleh pencipta mesin yang dasar rancangannya dibuat oleh Christoper Latham tahun 1868 dan banyak di pasarkan pada tahu 1877 oleh perusahaan Remington.

sebenarnya ada beberapa standar susunan keyboard yang dipakai sekarang ini. sebutkan saja ASK (american simplified keyboard), umum desebut dvorak yang ditemkan oleh Dr.August Dvrak sekitar tahun 1940 susunan lainnya yang masih perkembangan dari susunan QWERTY adalah QWERTZ yang dipakai di negara seperti hungaria, jerman, swiss, dll. AZERTY oleh negara Prancis dan belgia,QZERTY. dll

satu satunya pengakuan adalah datang dari ansi yang menyetujui susunan keyboard DVORAK sebagai versi "alternatif"sekitar tahun 1970

refrensi
http://duniagus-kombinasi-tombol-ctrl-dengan.html
http://altahida.wordpress.com/2009/02/13/sejarah-susunan-keyboard/
http://banggundul.web.id/2009/09/sejarah-susunan-keyboard.html

X8 12 bahri ferdiansyah on November 7, 2009 at 4:44 AM said...

topik:sejarah dan pengertian printer serta jenis-jenisnya
judul:mengenal printer dan teknologinya

Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus
berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah printer saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi.
Fungsi printer :
Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.
Jenis printer :
Printer memiliki 6 jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Pencetak
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081121034849AAKWilN
http://titikkomputer.webnode.com/news/sejarah-printer/

X8 09 putu ayu devi dharmayanti on November 8, 2009 at 1:02 AM said...

topik: kegunaan, dan jenis-jenis printer
judul: printer

printer adalah bagian juga dari komputer, printer mempunyai tugas yang sangat penting terutama dikalangan guru, pegawai dll. Printer jaman sekarang ini sudah banyak sekali jenis-jenis printer dari segala merk dan harganya pun bnyak yang berfariasi . Printer adalah salah satu hardware ( perangkat keras ) yang terhubung ke komputer dan berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar, dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Semakin besar resolusi printer maka semakin bagus pula hasil cetakannya, semakin rendah resolusinya maka hasil cetakannya kurang bagus .
Jenis printer ada 3 jenis yaitu :
1. printer dot-matrix
printer tersebut printer yang mempunyai resolusi yang rendah sehingga menghasilkan cetakan yang kurang bagus.
2. injek printer
adalah printer yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak gambar berwarna yang cukup bagus.
3. laser printer
adalah printer yang mempunyai bentuk seperti mesin fotokopi , harga printer ini juga cukup mahal dikarenakan printer ini mempunyai resolusi yang bagus.

referensi
http://intrik.wordpress.com/2007/04/29/mengenal-printer-dan-teknologinya
http://id.wikipedia.org/wiki/pencetak
buku paket IT kelas X

X8 14 a.a made bintang cahyaningrat on November 9, 2009 at 4:23 AM said...

Topik:Fungsi dan sejarah cpu
Judul:CPU

Cpu, singkatan dari Central Processing Unit, istilah lain cpu ialah prosesor(pengolah data). Sejak pertengahan tahun 1970 an, mikroprosesor sirkuit terpadu tunggal ini telah umum di gunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan cpu.
Cpu berfungsi sebagai kalkulator,hanya saja cpu jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama cpu adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang di ambil dari memori atau dari informasi yang di masukan dari beberapa perangkat keras.
Ada beberapa Cpu yang boros tegangan listrik, dan komputer angkatan pertama yang menggunakan Cpu model ini adalah ENIAC ( Elektronik Numerical Integrator And Computer), yang di kembangkan oleh J.P.Eckert dan J.W Maughly di Amerika Serikat.

referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU
http://santaijaya.wordpress.com/2008/09/18/sejarah-procesor-cpu
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU#Cara Kerja CPU

X8 17 ni putu dian yunitha kristanti on November 9, 2009 at 4:29 AM said...

Topik:komponen CPU
Judul:CPU

Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:
1.Unit Kontrol yang mampu mengatur jalannya program.CPU bertugas mengatur komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi operasinya, termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut.
2.Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data atau instruksi yang sedang diproses.
3.ALU adalah unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan instruksi yang diberikan. ALU sering disebut mesin bahasa.Tugas utama ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika)yang terjadi sesuai dengan instruksi program.

referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/CPU
buku LKS IT kelas X
http://en.wikipedia.org/wiki/central-processing-unit

X8 13 Bayu Santika on November 9, 2009 at 9:42 PM said...

Topik: Pengertian tentang scanner
Judul : Scanner


Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.

Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.

Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Referensi:
http://artikel-tentang-komputer.blogspot.com/2008/07/cara-kerja-scanner.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Scanner
http://burlyjo-adnan.blogspot.com/2008/09/artikel-scanner-sumber-e-smartschoolcom_9734.html

X8 06 Ardi Rastiawan on November 10, 2009 at 12:42 AM said...

Topik :Pengertian USB flash drive
Judul : USB Flash Drive

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

USB Flash Drive dalam Windows
Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan USB flash drive sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash drive merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan flash drive tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB flash drive tersebut.

Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash drive sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses drive teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus

referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/USB_flash_drive
http://dfs0007.blogspot.com/2009/01/flash-disk.html
http://adamputra.blogspot.com/2009/09/pengertian-flash-disk.html

X8 03 Agus Arya Wiranatha on November 10, 2009 at 12:50 AM said...

Topic : Sejarah dan pengertian Monitor
Judul : Monitor
Monitor atau sering kita sebut Layar tampilan Komputer. Istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer.. Ide monitor pertama kali diperkenalkan oleh C.A.R Hoare dan Per Brinch-Hansen pada awal 1970-an.
Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yang dapat mengakses data-data tersebut. Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar hanya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exclusion.
Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitu satu buah ruangan kontrol, satu buah ruang-tunggu-masuk, satu buah ruang-tunggu-dalam. Ketika suatu thread memasuki monitor, ia memasuki ruang-tunggu-masuk (enter). Ketika gilirannya tiba, thread memasuki ruang kontrol (acquire), di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol (owning). Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktu untuknya sudah habis atau thread tersebut menunggu pekerjaan thread lain selesai, thread melepaskan kendali atas monitor (release) dan dipindahkan ke ruang-tunggu-dalam (waiting queue). Ketika gilirannya tiba kembali, thread memasuki ruang kontrol lagi (acquire). Jika tugasnya selesai, ia keluar dari monitor (release and exit).

referensi
http://www.anneahira.com/komputer/monitor-komputer.htm
http://qmu-jeleq.blogspot.com/2008/08/pengertian-monitor.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Monitor

AGUS NANDA YUDISTIRA said...

Topik :Pabrik software
Judul :Microsoft Corporation

Microsoft Compariton ,didirikan tahun 1975,berkantor pusat di Redmond,Washington ,Amerika Serikat, adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia (dengan lebih dari 50.000 karyawan di berbagai negara,hingga MEI,2004).

Microsoft mengembangkan,membuat,melisensikan,dan mendukung beragam jenis produk softwere untuk berbagai peralatan perkomputeran.Produk yang paling terkanal adalah sistem operasi MIcrosoft Windows,yang telah ada di mana-mana dalam pasar komputer desktop.

Strategi bisnis Microsoft yang agresif telah mengakibatkan beberapa penyelidikan pemerintah,termasuk tuntutan hukum federal pada tahun 1998 di mana Mickrosoft dinyatakan telah secara ilegal mengunakan kekuatan monopolinya untuk mengalahkan pesaingnya ; melalui aksi banding dan negosiasi ,Microsoft telah mengurangi pengaruh dari keputusan ini pada pengoprasian perusahaan dan status keuangannya.


referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_corporation

X8 45 Reza Bregas Pangestu on November 10, 2009 at 2:08 AM said...

Topik : Internet
Judul : Perkembangan internet di Indonesia

Teknologi informasi saat ini sudah membuka mata dunia , termasuk juga Indonesia . Hadirnya internet sudah mengubah pola pikir masyarakat , yaitu mulai dari interaksi bisnis sampai sosial budaya . Sehingga hadirnya internet sudah menunjang efektifitas di berbagai bidang yang bermanfaat seperti pendidikan , bisnis dll terutama peranannya sebagai sarana komunikasi , publikasi dan efisiensi operasional .

Pertama , Indonesia mengenal internet di tahun 1990an dengan nama paguyuban network . RMS Ibrahim , Suryono Adisumerta , Putu , Muhammad Ihsan , Robby S , Firman S , Adi A , dan Onno W adalah nama legendaris dari awal mula perkembangan internet di tahun 1992 sampai 1994 .

Lalu , di Indonesia internet mulai meledak di tahun 1996 dan penggunanyapun terus menningkat tiap tahunnya , tercatat ada 110.000 penggunan internet di tahun 1996 dan di 2001 tercatat sudah ada 4.200.000 pengguna dan terus berkembangh dan berkembang dari tahun ke tahun . Namun jumlahnya masih kalah dengan negara yang sudah lebih maju seperti Singapura atau Taiwan .

Layanan internet di Indonesia rata-rata di kuasai oleh PT. Telkom , Telkom menyediakan 2 layanan , yaitu Telkom Speedy dan Telkomnet Instant . Telkomnet Instant kecepatannya berkisar 40Kbps sampai 56 Kbps , sedangkan Speedy merupakan akses ADSL up to 384 Kbps .

Sekarang sudah ada juga jaringan internet tanpa kabel yaitu Wirelesslan , yaitu jaringan internet tanpa kabel , dan biasanya penggunanya tdk dikenakan biaya , ini biasanya kita bisa temukan di Mall , Cafe atau di Sekolah .

Dan diperkirakan dari tahun ke tahun para peneliti akan terus mengembangkan teknologi internet itu sendiri , kita harap negara ini akan mendapat lebih banyak manfaat positif internet dari pada yang negatifnya .

Referensi
http://www.goechi.com/newsletter.html
http://alfandra.blogspot.com/2007/08/perkembangan-internet-di-indonesia.html
http://www.id.wikipedia.org/wiki/sejarah_internet_di_indonesia

X8 04 AGUS NANDA YUDISTIRA on November 10, 2009 at 2:11 AM said...

Topik :Pabrik software
Judul :Microsoft Corporation

Microsoft Corporation ,didirikan 1975,berkantor pusat di Redmond,Washington,Amerika serikat, adalah perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia (dengan lebih dari 50.000 karyawan di berbagai negara , hingga MEI 2004).

Microsoft mengembangkan,membuat,melisensikan,dan mendukung beragam jenis produk Softwere untuk berbagai peralatan perkomputeran .Produknya paling terkenal adalah kelompok sistem operasi Microsoft windows ,yang telah ada dimana-mana dalam pasar komputer desktop.

Strategi bisnis Microsoft yang agresif telah mengakibatkan beberapa penyelidikan pemerintah, termasuk tuntutan hukum federal pada tahun 1998 di mana Microsoft dinyatakan telah secara ilegal menggunakan kekuatan monopolinya untuk mengalahkan pesaingnya ; melalui aksi banding dan negosiasi,Microsoft telah mengurangi pengaruh dari keputusan ini pada pengoperasian perusahaan dan ststus keuangannya.


referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/microsoft_corporation
www.micr
http://www.microsoft.com/about/corporatecitizenship/en-us/our-actions/in-the-communication
http://www.kebumen.info/search/microsoft+corporation

X8 33 ni putu mita andharista on November 10, 2009 at 3:41 AM said...

topik: peralatan teknologi komunikasi dan bagian-bagiannya
judul: jaringan wireline

wireline merupakan media transmisi dengan menggunakan kabel yang menghubungkan pengirim dan penerima. wireline juga digunakan untuk jaringan yang tidak terlalu jauh atau dalam area lokal seperti dalam satu gedung atau satu kantor. tetapi tidak menutup kemungkinan kita mengunakan wireline untuk jaringan komunikasi jarak jauh dan sambungan internet via telepon. ada beberapa tipe kabel yang digunakan diantaranya adalah kabel terpilin ( twisted pair ) , kabel coaxial dan kabel serat optik.
A. kabel terpilin adalah kabel yang dipakai sebagai penghubung pesawat telepon dengan jalur telepon.
B. kabel coaxial adalah kabel yang dibungkus dengan metal yang lunak dan mempunyai tingkat transmisi yang tinggi jika dibandingkan kabel terpilin.
C. kabel serat optik ( fiber optic ) ini adalah kabel yang terdiri dari serat-serat yang terbuat dari serabut kaca yang sangat tipis sebesar diameter rambut manusia.


referensi
buku paket TIK kelas X SMAN 8 DENPASAR
Buku LKS kelas X SMAN 8 DENPASAR
http://hilma19.wordpress.com/2008/10/19/sistem-jaringan-pada-wireline/

X8 48 Tri Angga on November 10, 2009 at 3:54 AM said...

Topik : Harddisk
Judul : Pengertian Harddisk

Harddisk merupakan salah satu media penyimpanan data pada komputer yang terdiri dari iringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Harddisk menggunakan piringan datar yang disebut platter yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis.

Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar denagn kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle.

Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran yang disebut dengan track, kemudian tiap track " dipotong-potong lagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing sector menampung informasi sebesar 512 bytes.

Kapasitas harddisk jaman sekarang bermacam-macam mulai dari Megabytes sampai Terabytes. Dan pada jaman sekarang harddisk tidak juga terletak di dalam CPU, yang memungkinkan kita harus membongkar-bongkar CPu tetapi sekarang sudah ada yang namanya harddisk external yang bisa dibawa kemana saja.

referensi:
http//:artikel-tentang komputer.blogspot.com/2008/08/teknologi-harddisk.html
http//:angelfire.com/mt/matirxs/harddisk.htm
Buku LKS TI Hal 29

X8 21 Ni Putu Eka Dewi Kartika on November 10, 2009 at 4:23 AM said...

Topik : Fasilitas Internet
Judul : E-Mail dan kegunaannya


E-mail merupakan singkatan dari elektronik mail yaitu artinya surat elektronik . dengan e-mail kita dapat berkomunikasi dengan sanak saudara ataupun teman lewat web secara cepat .

E-mail mulai digunakan sekitar tahun 1960an . Saat itu internet belum terbentuk , yang ada yaitu kumpulan mainframe yang membentuk sebuah jaringan . Barulah pada tahun 1980an , e-mail mulai bisa digunakan oleh orang - orang secara bebas . Efeknya , di beberapa negara , pendapatan perusahaan posnya berkurang karena adanya e-mail ini .

Untuk mengirim e-mail kita perlu punya program mail-client dan akan melalui beberapa proses . Contoh layanan e-mail adalah STMP dan POP3 .

Cara membacanya biasanya dengan browsing di Internet Explorer atau Mozilla Firefox . Metode ini disebut dengan web-based , artinya kita menggunakan media web sbg perantara ke kotak surat . Contohnya yahoo , dalam web-based pengguna harus dalam posisi on-line .

Cara membacanya juga bisa dengan e-mail client , misalnya dengan menggunakan program Microsoft Outlook , jadi kita tidak perlu terus online hanya untuk melihat surat-surat yang sudah masuk dan kita juga dapat mengirim puluhan surat secara bersamaan , jadi dengan e-mail client kita bisa menghemat waktu dan biaya juga .

Sekarang pengguna e-mail tidak boleh sembarang mengirim suratnya , karena bisa di baca secara umum sehingga dapat memungkinkan untuk menyinggung pihak lain . Seperti contohnya kasus Prita yang dituntut oleh RS OMNI International karena dianggap menjatuhkan nama baik rumah sakit itu karena e-mail Prita yang dianggap dapat merusak nama baik rumah sakit tsb .

Untuk menghindari hal itu maka kita harus menggunakan etika dalam mengirim e-mail antaranya jangan kita menggunakan kata-kata kasar dalam e-mail dan istilah-istilah yang tidak sopan sehingga dapat menyinggung perasaan pihak lain dsb .

Semoga dengan adanya e-mail ini , terutama di negara kita , dapat membawa banyak manfaat bagi semua pihak dan juga di berbagai bidang .


Referensi
http://www.kikifirmansyah.blog.upi.edu/2009/06/25/perkembangan-layanan-e-mail-khususnya-ymail-dan-gmail/
http://id.wikipedia.org/wiki/surat_elektronik
http://christ-simarmata.blogspot.com/2008/02/manfaat-email.html

X8 08 Ariesta Wiryawan on November 10, 2009 at 4:45 AM said...

Topik : Processor
Judul : Pengertian dari Processor

Processor sering disebut otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan berjalannya sistem komputer dan digunakkan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis kapasitas processornya.

Processor adalah chip yang sering disebut "microprocessor" yang sekarang ukurannya mencapai GHz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan processor dalam mengolah data atau informasi. Merk processor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, IBM dan Intel. Bagian processor terdiri dari 3 yaitu : ALU ( Arithmetical Logical Unit ), CU ( control unit ), dan juga Register.

Referensi :
http://babesajabu.wordpress.com/2009/06/17/pengertian-dan-jenis-processor/
http://theblackacedenz.blogspot.com/2009/02/pengertian dan sejarahprocessor.html
http://ukhtimelati.multiply.com/journal/item/1

X8 11 NI MADE AYU SUASTI DEWI on November 10, 2009 at 11:01 PM said...

topik : sejarah dan pengertian komputer
judul : komputer
komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu.
Secara luas komputer dapat diartikan sebagai suatu alat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen. Istilah komputer berasal dari kata compute yang berarti menghitung. Artinya, setiap proses yang digunakan oleh komputer merupakan hasil matematika hitungan. Jadi apapun yang dilakukan oleh komputer , baik pada penampakan layar monitor, suara,gambar, dll.
Kata komputer terus dikenal seluruh dunia sejalan dengan perkembangan ilmu dan teknologi hingga istilah ini oleh bangsa yang bahasa inggris. karena sifnya alat dan pelaksana suatu objek pekerjaan, maka dalam tata bahasa inggris ditambah akhiran er sehingga penyesuai kata bahasa inggris diubah menjadi komputer dalam tata bahasa indonesia.
Menurut sejarah komputer, komputer dibagi menjadi 4 yaitu : 1. etimologo 2. komputer 3. komputer benam 4. komputer pribadi.

referensi
http://firstcomputerhistory.blogspot.com/2008/07/pengertian-komputer.html
http://www.facebook.com/topic.phpud=156298433816&topic=11223
http://id.wikipedia.org/wiki/sejarah_komputer

x8 34 Putu Tika Aryasih Rahayu on November 10, 2009 at 11:07 PM said...

Topik : earphone
judul : pengertian dan keuntungandan kerugian earphone

Earphone adalah alat yang dapat mengubah energi listrik menjadi gelombang suara. dipakai dengan cara memasangkannya di samping telinga.

selama tahun 1990 dan 2000 earphones menjadi tipe yang bpaling digemari untuk alat musik pribadi.
earphone dapat digunakan untuk hiburan cd, dvd player, home theater, video games , computer , dll. earphone juga digunakan untuk di station-station tv sebagai alat pengantar pesan dari direktur acara atau atasan ke presenter atau kru lainnya atau bawahan. bisa juga di studio rekaman atau ruangan kedap suara agar tidak ada noise lain yang terdengar.
keuntungannya orang-orang dapat mendengarkan musik secara bebas bisa dengan berapapun tingkat volumeya atau mendengarkan suara apa saja, kapan saja,dan dimana saja. privicy individupun terjaga.
sedangkan kerugiannya jika kita sering menggunakannya atau terlalu memaksa pemakaian akan menyebabkan kerusakan gangguan pendengaran atau penurunan fungsi pendengaran atau tuli, pada awalya kerusakan sel rambut bersifat hanya bersifat sementara, gejalanya saat salah satu telinga ditutup, terkadang gejala ini diikuti dengan tinnitus, yakni kondisi dimana kita seperti mendengar dengungan di telinga.

seperti,penelitian yang diakukan di amnerika serikat 5,2 juta anak 6-19 tahun terganggu pendengarannya gara-gara terlalu sering terpapar musik kelas, salah karena menggunakan earphone.

refrensi :
http://andi-site blogspot.com
http://id.wikipedia.org/wiki/earphone
http://shirogadget.com/earphone-dapat-merusak-telinga/

X8 50 KETUT YUNITA PRIMATURINI on November 10, 2009 at 11:11 PM said...

Topic: joystick
judul: pengertian joystick dan fungsi joystick

Pada tahun 1967 Ralph H. Bear pencipta game vidio televisi, kemudian menciptakan game vidio yang pertama dengan menggunakan joystick analog dan dua potensiometer untuk mengukur potition. dan tahun 1985-1986 orang-orang semakin mengenal istilah joystick lewat vidio game yang waktu itu populer dengan permainan nintendo dan sega. seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick sekarang di kembangkan ke dalam perangkat komputer(hadwere).
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke egala arah, alat ini dapat mebtrasmisikan arah sebesar dua atau tiga demensi komputer.
Fungsi joystick adalah menggerakan kursor dalam kompuer seperti mouse atau seperti controller dalam game agar user bisa leluasa menggerakan objeck\ mengontrol sesuai kehendaknya.

Referensi:
http://seto.ngeblogs.com
http://risnayunayu.ngeblogs.com
http://yuda90.worpress.com

X8 30 NI MADE MARFINA on November 10, 2009 at 11:44 PM said...

T0pik:Modem
Judul:Pengertian modem

Modem berasal dari singkatan MOdulator Demodulator.Modulator merupakan bagin yang megubah sinyal informasi kepada sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan.Sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan)dari sinyal pembawa yang di terima sehingga informasi tersebut dapt di terima dengan baik.Modem merupakan penggabungan kedua duanya,artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.
langkah pertama untuk melakukan koneksi internet adalah menginstalisasi modem. modem merupakan perangkat perantara antara komputer dengan saluran telefon agar dapat berhubungan dengan ISP.
1. klik start, pilih setting, pilih control panel. maka akan muncul window control panel.
2. pada window control panel pilih icon modem dan klik dua kali hingga muncul instal new modem.

jenis-jenis modem ;
1. modem 3GP
2. modem GSM
modem berfungsi memasukan signyal informasi ke dalam gelombang ke dalam, sebaliknya modulator mengambil kembali signyal informasi dari signyal gabungan.
modem analog yaitu modem yang mengubah signyal analog menjadi signyal digital

refrensi
http://id.wikipedia.org/wiki/modem
http://www.sijae.net/ins_modem.php
http://id.kikipedia.org/wiki/modem

Ni Wayan Nami Sawitri on November 10, 2009 at 11:59 PM said...

Topik :Speaker
Judul :Pengertian Speaker


Pengeras suara inggris loud speaker atau speaker saja adalah transduser yang mengubah sinyal elektronik menjadi ke frekuensi audio dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput. Dalam setiap sistem penghasil suara penentuan kualitas suara terbaik tergantung dari speaker.rekaman yang baik dikodekan ke dalam pnyimpanan alat yang berkualitas tinggi dan dimainkan dengan deckdan pengeras suara kelas atas tetap saja hasilnya suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang berkualitas rendah.Sistem pada komputer adalah suatu komponen yang membawa sinyal elektronik,menyimpannya dalam CDs,tapes,DVDs,lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara aktual yang dapat di dengar.dalam artikel ini akan di jelaskan bagaimana sebuah speaker melakukan proses tersebut.Selain itu juga akan membahas mengapa speaker di rancang berbeda-beda dan bagaimana perbedaan tersebut menimbulkan efek yang berbeda pula terhadap kualitasnya.Speaker adalah sebuah teknologi yang menakjubkan yang memberikan dampak yang sangat besar terhadap budaya kita.namun disamping semua itu sebenarnya speaker adalah alat yang sangat sederhana.berikut ini adalah merek-merek speaker yang terkenal di indonesia adalah BMB,Altek lansing,pioneer,creative,visioneer,sonic gear,marantz,logitech,kenwood,genius,delta,jbl,simbadda.



Pada speaker kecil umumnya respon nadanya rendah amat kurang karena bentuk speaker yang kecil.Probelm ini dapat di pecahkan dengan speaker elektronik dengan menggunakan teknik umpan balik secara elektronik.



FUNGSI speaker pada umumnya adalah untuk mendengarkan suara yang ada di komputer .



Refrensi
Http://www.howstuffworks.com/speaker.htm
www.elektroindonesia.com/elektro/e10101d html
Buku lks.

X8 20 Ida Ayu DYAH SARASWATI on November 11, 2009 at 12:03 AM said...

topik : ram
judul : pengertian ram dan rom

Ram adalah sebuah tipe penyimpan komputer yang isinya dapat di akses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.
RAM adalah sebuah perangkat yang berfungs untuk menyimpan data
Ram bersifat sementara atau data yang tersimpan dapat di hapus.
lain halnya dengan ROM mempunyai fungsi yang sama dengan RAM tetapi ROM bersifat permanen atau data yang di simpan tidak dapat dihapus.

refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/ram
http://www.total.id/info ram
http://ilmu-ilmu komputer.blogspot.com

X8 37 Pande Gede Ode Dirganata on November 11, 2009 at 12:58 AM said...

Topik : Sistem Operasi Windows
Judul : Pengertian dan Sejarah dari Windows
Microsoft Windows
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan commandline. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS DOS (dan beberapa varian dari MS DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%.
Sejarah Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking atau jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri X86 32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
Referensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Windows
http://arsip.pontianakpost.com/berita/index.asp?Berita=Edukasi&id=87943
http://www.total.or.id/info.php?kk=Microsoft%20Windows

X8 38 Putu Poggy Kusuma on November 11, 2009 at 1:07 AM said...

Topik : Webcam
Judul : Pengertain dan Tipe dari Webcam

Webcam
Saat ini webcam (singkatan dari web camera)merupakan andalan dari para pecinta chatting di Internet. Webcam adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya, sehingga kata web terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
Tipe Webcam
Slim1320 (True 1.3 Mega Pixels High Performance Web Cam), Slim 2020AF (Mega Pixel Web Camera Auto Focus), Eye 312 (Simplify Instant Video and Chat), Eye 110 (Instant Video Messenger WebCam) serta i-Look 1321 (Advance 1.3 Mega Pixel Camera), dll. Sekarang hampir semua kamera digital dan HP bisa dijadikan sebagai kamera web (webcam).
Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Webcam
http://kelompok11.students-blog.undip.ac.id/page/2/
http://www.waena.org/index.php?option=com_content&task=view&id=140&Itemid=29

X8 19 Dwi Cahya Kusuma on November 11, 2009 at 1:31 AM said...

Topik : Browser dan search engine
Judul : Pengertian Web Browser Dan Search Engine
Web Browser adalah Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.

Web Hosting adalah Layanan untuk penempatan halaman-halaman web di internet di mesin komputer yang selalu terhubung dengan internet, umumnya layanan ini disediakan oleh penyelenggara jasa internet atau Internet Presence Provider.

Search engine disebut juga dengan mesin pencari, dimana sistem yang ada pada sistem tersebut diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan pencarian data. Data yang ada pada mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metoda tertentu, dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pencarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul di dalam mesin tersebut.



Setelah kita terhubung dengan Internet, ada kalanya kita hendak mencari suatu informasi tetapi bingung dimana letak atau nama situsnya. Tidak jarang pula terkadang kita jenuh dengan situs yang tiap hari itu-itu saja yang kita kunjungi. Kalau memang demikian halnya, mengapa tidak kita gunakan saja salah satu fasilitas yang tersedia di Internet, yaitu layanan search engine? Search engine adalah sebuah database elektronis yang berisi jutaan hingga miliaran alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di jagad Internet ini.

Situs search engine terkenal kerap menduduki salah satu peringkat teratas dari situs-situs yang paling banyak dikunjungi. Sebelum search engine tersebut dapat memberikan layanan kepada pengunjung, maka dia harus mendata sekian banyak situs dan informasi di Internet untuk dimasukkan ke dalam databasenya.


Contoh mesin pencari ini adalah Google, Yahoo, Altavista, SearchIndonesia, dll.


Referensi:
http://www.total.or.id/info.php?kk=web%20browser
http://kesyacharlie.blogspot.com/2008/05/pengertian.html
http://renditkj.blogspot.com/2008/07/pengertian-web-browser.html

X8 01 ADE DWIPAYANA on November 11, 2009 at 1:52 AM said...

Topik :Sistem Oprasi
Judul :Sejarah Tentang Linux



Linus Torvalds dilahirkan di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut sebagai Bapak Linux(LINus UniX) ini, sudah mengenal bahasa pemrograman pada umurnya yang ke 10. Saat itu ia sering mengutak-atik komputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation System), OS buatan Microsoft.

Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX seperti yang dipakai komputer milik universitasnya. Akhirnya ia mengganti sistem operasi openSource Minix yang berbasiskan UNIX. Adapun Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda. Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan.

Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23, Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. Selain itu, Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source codenya, yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh para programmer dan developer di seluruh dunia agar dapat di develop bersama-sama.

Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbagai macam komunitas dan jangan heran apabila banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dari untuk pemula sampai tingkat lanjut, dan biasanya dengan banyaknya distro Linux yang beredar akan membuat orang awam bingung untuk memilih distro. Bayangkan, ada beratus-ratus distro yang tercipta atau bahkan beribu-ribu. Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro Linux ini ada yang menyamai (atau bahkan) melebihi kemampuan dari Sistem Operasi keluarga raksasa (Microsoft) dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada hardware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif (atau bahkan sistem operasi utama di dunia).


Referensi:


http://www.thinkgeek.com/books/nonfiction/38b2/
http://www.softpanorama.org/People/Torvalds/linus_finland_period.shtml
http://www.thocp.net/biographies/torvalds_linus.html

X8 29 LUH MANU MAHARI on November 11, 2009 at 2:22 AM said...

topik:jenis komputer
judul:komputer benam

pada sekitar 20 tahun, banyak alat rumah tangga, khususnya termasuk panel dari permainan video tetapi juga mencakup telepon genggam, PDA dan banyak sekali dalam rumah tangga, industri, otomotif dan alat elekronik lain, semua berisi sirkuit elektronik yang seperti komputer yang memenuhi syarat turing lengkap di atas. komputer maksud khusus lainnya secara umum dikenal sebagai mikrokontroler atau kompoter benam. oleh karena itu, banyak yang membatasi definisi komputer kepada alat yang maksud pokoknya adalah pengolahan informasi, dari pada menjadi baguan dari sistem yang lebih besar seperti telepon atau pesawat terbang, dan bisa di ubah untuk berbagai maksud oleh pemakai tanpa modofikasi fisik.

X8 10 NI MADE AYU SATRIANI on November 11, 2009 at 2:34 AM said...

Topik : pengertian power supply
Judul: power supply

power supply adalah sebuah piranti yang berguna sebagai sumber listrik untuk piranti lain. Pada dasarnya power supply bukanlah sebuah alat yang menghasilkan energi listrik saja , namun ada beberapa power supply yang menghasilkan energi mekanik dan energi lain.

power supply dibedakan menjadi dua macam:
1. power supply linier merupakan power supply yang pada umumnya digunakan. Cara kerja power supply iniadalah mengubah tegangan AC menjadi tegangan AC yang lebih kecil dengan bantuan transpomator. Tegangan ini kemudian disearahkan dengan menggunakan rangkaian penyearah tegangan, dan di bagian akhir ditambahkan kapasitor sebagai pembantu penyearah tegangan sehinga tegangan DC yang dihasilkan oleh power supply ini tidak terlalu bergelombang.Power supply ini dapat menghasilkan tegangan DC yang berpariasi antara 0-30 volt dengan arus antara 0-5 Ampere.

2. switching power supply jenis ini menggunakan metode yang berbeda dengan power supply linier. pada jenis ini tegangan ACyang masuk kedalam rangkaian langsung disearahkan oleh rangkaian penyearah tanpa mengunakan bantuan transpormer.


referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/perangkat_keras
www.spyfu.com/UK/categories.aspx/perangkat_keras
http://wikibooks.org/wiki/perangkat_keras

X8 41 AA ISTRI PRADNYARANI DEWI said...

Topik:Sejarah Komputer
Judul:Sejarah Mouse Komputer

Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Stanford Research Institute pada 1963, kemudahan mengoperasikan komputer makin nyata dengan hadirnya mouse.


Evolusi mouse pun berkembang seiring kemajuan zaman. Kini, mouse tak hanya klik kiri dan klik kanan. Berbagai fitur tambahan disematkan demi kepentingan pasar. Berbagai vendor terkemuka pun berlomba mengembangkan teknologinya demi menggaet konsumen. AirO2bic Mouse untuk penderita parkinsonMouse ini terbuat dari plastik, dengan dimensi yang cenderung vertikal, bukan horizontal seperti kebanyakan mouse pada umumnya. Rancang bentuknya memang didesain khusus untuk penderita Parkinson dan artisis.Pengguna cukup menggerakkan tangannya seperti ketika ia berjabat tangan dengan orang lain.Sysgration”Mouse” plus phone VoIPMouse ini didesain oleh perusahaan penyedia jasa digital telephone atau VoIP (Voice over Internet Protocol). Fungsi utamanya tetap sama seperti mouse biasa. Tapi, begitu bagian atasnya dibuka, langsung berubah menjadi ponsel model flip. Selain keypad, mouse ponsel ini juga dilengkapi layar LCD monochrome. Memungkinkan untuk mengirim dan menerima SMS.engguna dapat menggerakkan pointer-nya meski mouse tidak diletakkan pada mouse pad. Maklum, scroll ball diletakkan di bagian atas, dan bolanya dapat bergerak ke segala arah. Beda dengan mouse biasa, yang scroll ball-nya terletak di bagian bawah dan hanya dapat bergerak maju mundur. Dengan sumber tenaga dua buah baterai AA, mouse ini dapat di-charge lewat kabel USB yang terkoneksi ke komputer.

referensi
http://www.semasajaya.sch.id/v1/content/view/152/67/

X8 31 MAURREN ALJIRA on November 11, 2009 at 3:51 AM said...

Topik:Sejarah Keyboard
Judul:Keyboard

Keyboard adalah unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. tahun 1864 keyboard pertama kali ditemukan oleh Christopher Latham Sholes dan dipatenkan th. 1868. Keyboard yang sekarang ini memiliki nama resmi Qwerty yang diambil dari 6 huruf pertama home row, Tombol-tombol pada keyboard ditempatkan secara acak karena pada awalnya mesin ketik dibuat senyaman mungkin untuk penggunanya,tetapi akibatnya pengguna mengetik dengan kecepatan tinggi. hal ini membuat pengait-pengait karakter pada mesin ketik menjadi sering tersangkut. Dengan demikian, Sholes mengacak posisi alfabet. dan teknologi mesin ketik berkembang ke mesin ketik elektrik sampai ke komputer.
untuk komputer keyboard pertama kali digunakan th. 1964, perangkat yang dibuat MIT, Bell Laboratories, dan General Electric yang disebut Mulitics berhasil menggabungkan video display terminal dengan mesin ketik elektrik.
tahun 1973 keyboard diresmikan sebagai keyboard standar ISO. Keyboard yang sekarang memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, PS2, USB, dan wireless. Jenis-jenis keyboard yaitu Qwerty, Dvorak, Klockenberg. Susunan keyboard yang masih berkembang dari susunan Qwerty adalah Qwertz.

Referensi
http://rizkydavinci.tripod.com/artikel.html
LKS TIK kls X
http://www.pandu32.co.cc/2009/01/sejarah-susunan-keyboard.html

X8 02 Agastya Maliana Putra on November 11, 2009 at 3:53 AM said...

Topik : Game
Judul : Pengertian Game

Jika dahulu game hanya menjadi monopoli anak kecil, lain halnya dengan yang terjadi sekarang. Kini sudah bukan hal aneh lagi jika seorang ayah dapat duduk berjam-jam bersama anaknya dalam adu kecepatan sebuah game. Dan inilah yang terjadi saat ini, game bukan monopoli anak kecil lagi.

Yang namanya game saat ini sudah bisa dibilang sebagai mainan universal. Mulai dari balita, anak muda sampai dengan orang dewasa pun sudah tidak merasa asing lagi dengan yang namanya game. Jika dahulu orang mungkin hanya mengenal GameWatch atau pun GameBoy, kini orang dapat memilih beragam media permainannya. Untuk bermain game, saat ini kita tinggal memilih, ingin memakai komputer desktop saja (PC) atau melalui laptop, atau dapat juga melalui perlengkapan game pabrikan seperti PlayStation atau Xbox. Bahkan saat ini PlayStation juga telah mengeluarkan perlengkapan game-nya tersebut dalam versi personal, yang disebut PSP. Sepintas, PSP sendiri mungkin mengingatkan kita pada era GameBoy, dimana sebuah game dapat dimainkan dimana pun melalui sebuah alat yang ukurannya hanya agak lebih besar dari sebuah handphone. Perlengkapan pendukung permainan yang ditawarkan pun sekarang sangat beragam, mulai dari mouse & keyboard standart, QuickCam, headset, joystick, gamepad, racing wheel, PlayGear, dan lain sebagainya.


Seolah ingin semakin dapat terserap dengan baik oleh semua kalangan usia, game pun dibuat dengan berbagai tingkat kesulitan. Mulai dari level ‘Beginner’ sampai dengan ‘Advance’-pun dibuat untuk disesuaikan dengan tingkat kemahiran si pemain. Kalau sudah begini, maka game-pun mungkin juga sudah dapat dimainkan oleh balita hingga orang dewasa. Masing-masing telah dibuatkan porsi permainan mereka.


Masih tentang porsi permainan, tidak hanya tingkat kesulitan saja yang disediakan secara beragam. Tipe permainan sendiri juga disediakan secara beragam. Mulai dari ‘career’ atau yang bersifat karir personal, hingga yang bersifat kompetisi dimainkan dengan banyak kompetitor atau musuh juga ada. Dan yang semakin menarik lagi dari perkembangan game adalah sifat personalisasi. Entah itu dalam jenis game balapan, perang hingga sepakbola, setiap pemain dimungkinkan untuk mendandani mobil, atau mengatur siasat perang, atau juga menyusun team atau kesebelasan sesuai dengan keinginan mereka sendiri. Hal yang sangat luar biasa, karena pemain diijinkan untuk mempersonalisasikan diri mereka dalam setiap game yang dimainkan. Hal ini semakin mendekatkan imajinasi pemain ke dalam bentuk real virtual sebuah game.

Referensi :
http://thegadget.wordpress.com/category/games/
http://readxroz.blogspot.com/2009/01/pengertian-game.html
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090227082027AACC6mz

x8 46 Ni Made Ririn Purnami on November 11, 2009 at 4:01 AM said...

Topik : Internet
Judul : Sejarah Internet


Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

x8 23 ni luh ketut guna yulita said...

topik : mouse
judul : pengertian dan cara mengoperasikan mouse


mouse atau nama lain tetikus adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer. pertama kali dibuat tahun 1963oleh "Douglas Engelbart" berbahan kayu dengan satu tombol. model kedua dengan 3 tombol pada tahun 1970.

mouse (tetikus) bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. mouse yang modern tidak memakai bola, tetapi sudah menggunakan sinar optika untuk mendeteksi gerakan. ada juga yang memakai nirkabel yang berbasis radio, sinar inframerah, atau bluetooth.

mengoperasikan mouse atau tetikus :
1. bola akan berputar saat tetikus digerakkan.
2. penggulung x dan y mencengkeram bola tersebut dan memindahkan gerakan.
3. cakram menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya.
4. led inframerah memancar lewat cakram
5. sensor mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi x dan y.

bagian dalam tetikus atau mouse:
bagian bawah adalah tetikus
bagian kanan atas adalah pengait
bagian kiri atas adalah bola

tetikus optikal buatan logitech bersensor laser.


sumber :
http://www.google.co.id/gwt/
wikipedia bahasa indonesia,ensiklopedia bebas-tetikus

X8 25 Ni Komang Juliana Dewi said...

Topik : Laptop
Judul : tips merawat laptop
Isi :


Ini adalah beberapa tips untuk merawat laptop :
1. Jangan sembarangan mendownload software gratis di internet.
2. Jangan memberikan penutup apapun termasuk penutup laptop pada saat laptop menyala karena akan merusak processor laptop anda.
3. Menurut survei, kebanyakan laptop rusak di LCD dan di harddisk. Kerusakan di harddisk di akibatkan benturan dan kalau pada LCD karena paparan sinar matahari dan tekanan fisik.
4. Gunakan selalu tas laptop
5. Jaga baik-baik master program bawaan dari laptop karena apabila hilang akan susah bagi anda untuk mencari driver-driver laptop anda tersebut
6. Gunakan cover atau pembungkus laptop agar laptop tidak rusak karena terbentur, apabila menggunakan tas jangan sampai laptop kegencet oleh isi laptop
7. Jangan tinggalkan laptop anda pada mobil karena adanya cuaca panas pada mobil.
8. Perhatikan baik-baik bateray anda. chargerlah ketika indikator menunjukkan bateray tinggal 5 atau 10%.
9. Back up data anda secara teratur ke flashdisk atau CD
10. Hapus file-file yang tidak penting agar kinerja laptop lebih baik.

Referensi :
http://www.tasikisme.com
http://devit1104.blogspot.com
kakeko.wordpress.com

X8 43 Luh Putu Putri Awandari on November 11, 2009 at 6:19 AM said...

JUDUL: TEKNOLOGI DIGITAL
TOPIK: SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DIGITAL

ISI:
Pada akhir-akhir ini, berbagai perkembangan yang terjadi memang cukup menakjubkan, khususnya dalam bidang teknologi terutama dalam hal informasi dan komunikasi. Teknologi informasi yang tadinya dikenal dengan teknologi komputer, beserta perangkat elektronika lainnya, menjelma menjadi satu dalam perpaduan kemampuan.
Telepon, yang pada awal ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog, juga memberikan konstribusi yang tidak sedikit terhadap perkembangan teknologi. Sampai dengan sekitar tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan, hingga setelah itu, mulai mengarah kepada teknologi digital.
Kemudian, teknologi digital yang mulai merambah ke berbagai rancangan teknologi yang diterapkan dan digunakan oleh manusia. Facsimile, adalah salah satu batu loncatan dari pemanfaatan jaringan telekomunikasi, yang mampu memberikan konstribusi dan pemikiran, bahwa datapun mampu untuk dilewatkan melalui media telepon tersebut.
Begitu juga dengan perkembangan komputer. Komputer pertama yang diperkenalkan adalah ENIAC II, diinstalasi dan digunakan pada tahun 1946, setelah perang dunia kedua. Komputer ini merupakan sebuah rangkaian elektronika lampu tabung seberat 20 ton. Perkembangannya juga cukup menakjubkan, baik dalam ukuran dan kemampuan kerjanya.
Kini, ukuran komputerpun, hanya dalam ukuran segenggam tangan. Dengan ukuran sedemikian, berbagai proses mampu diolahnya, tidak hanya untuk melakukan proses yang berhubungan dengan pengolahan perhitungan dan database, tetapi juga mampu dalam hal berkomunikasi dengan pengguna lainnya yang menggunakan perangkat yang tadinya masih merupakan pemisahan dari segi fungsi.
Protocol, merupakan salah satu yang memegang peranan kunci disini, sehingga berbagai perangkat dapat berinteraksi satu dengan lainnya. Protocol merupakan suatu metoda yang mengakibatkan suatu alat dengan alat lainnya dapat saling berkomununikasi sehingga terjadilah percakapan sehingga akhirnya berjabat tangan (handshaking), dan dapat diibaratkan kesepakatan bahasa antar dua alat, yang mengakibatkan satu sama lainnya mengerti apa yang diperintahkan dan apa yang sedang diolah.
Dua bulan berselang setelah Neil Amstrong melangkah di bulan, terjadi suatu langkah yang besar di UCLA, sewaktu komputer pertama dikoneksikan ke ARPANET. ARPANET mengkoneksikan empat site, diantaranya UCLA, Stanford Research Institute (SRI), UC Santa Barbara, dan University of Utah. Pada tahun 1977, terdapat lebih seratus mainframe dan komputer mini yang terkoneksi ke ARPANET yang sebagian besar masih berada di Universitas.
Saat ini, terdapat lebih dari 4.000.000 host internet di seluruh dunia. Sejak tahun 1988, Internet tumbuh secara eksponensial, yang ukurannya kira-kira berlipat-ganda setiap tahunnya. Istilah Internet pada mulanya diciptakan oleh para pengembangnya karena mereka memerlukan kata yang dapat menggambarkan jaringan dari jaringan-jaringan yang saling terkoneksi yang tengah mereka buat waktu itu.
Jadi Pertama, Internet adalah kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling bersambungan menggunakan jaringan komunikasi yang ada di seluruh dunia. Kedua, Internet adalah seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga membuat Internet menjadi sumber daya informasi yang sangat berharga. Apakah yang mebuat hal tersebut bisa bekerja? Semua adalah karena permainan listrik dan gelombang yang akhirnya diolah sedemikian rupa. Semua berasal dari analog maupun digital.

REFERENSI:
http://id.answers.yahoo.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/
http://artikel.total.or.id/artikel.php?id=1186&judul=Perkembangan%20Teknologi%20Digital

X8 07 Komang Aryana Adi Permana said...

Kamera digital adalah alat masukan berupa kamera yang dapat menangkap menangkap gambar, kemudian menyimpannya dalam media penyimpanan internal.
kualitas dari hasil kamera sangat bergantung oleh resolusi atau ukuran piksel yang dipakai.
Sebuah web camera yang sederhana terdiri dari sebuah lensa standar, dipasang di sebuah papan sirkuit untuk menangkap sinyal gambar; casing (cover), termasuk casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar dan memiliki sebuah lubang lensa di casing depan yang berguna untuk memasukkan gambar; kabel support, yang dibuat dari bahan yang fleksibel, salah satu ujungnya dihubungkan dengan papan sirkuit dan ujung satu lagi memiliki connector, kabel ini dikontrol untuk menyesuaikan ketinggian, arah dan sudut pandang web camera. Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Ada beberapa metode penyiaran, metode yang paling umum adalah software merubah gambar ke dalam bentuk file JPEG dan menguploadnya ke web server menggunakan File Transfer Protocol (FTP).
== Fitur dan Setting Webcam ==
# ''Motion sensing'' – web camera akan mengambil gambar ketika kamera mendeteksi gerakan.
# ''Image archiving'' – pengguna dapat membuat sebuah archive yang menyimpan semua gambar dari web camera atau hanya gambar-gambar tertentu saat interval pre-set.
# ''Video messaging'' – beberapa program messaging mendukung fitur ini.
# ''Advanced connections'' – menyambungkan perangkat home theater ke web camera dengan kabel maupun [[nirkabel]].
# ''Automotion'' – kamera robotik yang memungkinkan pengambilan gambar secara pan atau tilt dan setting program pengambilan frame berdasarkan posisi kamera.
# ''Streaming media'' – aplikasi profesional, setup web camera dapat menggunakan kompresi MPEG4 untuk mendapatkan streaming audio dan video yang sesungguhnya.
# ''Custom coding'' – mengimport kode komputer pengguna untuk memberitahu web camera apa yang harus dilakukan (misalnya automatically refresh).
# ''AutoCam'' – memungkinkan pengguna membuat web page untuk web cameranya secara gratis di server perusahaan pembuat web camera.


REFERENSI :
http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Webcam&action=edit&section=4
http://id.wikipedia.org/wiki/Webcam
Buku TIK Kelas X

X8 24 Hendra Adi Septiawan on November 18, 2009 at 4:33 AM said...

Topik : Antivirus
Judul : Pengertian Antivirus
Antivirus adalah sebuah jenis perangkat lunak yang digunakan untuk mendeteksi dan menghapus virus komputer dari sistem komputer. Disebut juga Virus Protection Software. Aplikasi ini dapat menentukan apakah sebuah sistem komputer telah terinfeksi dengan sebuah virus atau tidak. Umumnya, perangkat lunak ini berjalan di latar belakang (background) dan melakukan pemindaian terhadap semua berkas yang diakses (dibuka, dimodifikasi, atau ketika disimpan). Sebagian besar antivirus bekerja dengan beberapa metode seperti di bawah ini:
• Pendeteksian dengan menggunakan basis data virus signature (virus signature database): Cara kerja antivirus ini merupakan pendekatan yang banyak digunakan oleh antivirus tradisional, yang mencari tanda-tanda dari keberadaan dari virus dengan menggunakan sebagian kecil dari kode virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, dan telah dikatalogisasi sesuai dengan jenisnya, ukurannya, daya hancurnya dan beberapa kategori lainnya. Cara ini terbilang cepat dan dapat diandalkan untuk mendeteksi virus-virus yang telah dianalisis oleh vendor antivirus, tapi tidak dapat mendeteksi virus yang baru hingga basis data virus signature yang baru diinstalasikan ke dalam sistem. Basis data virus signature ini dapat diperoleh dari vendor antivirus dan umumnya dapat diperoleh secara gratis melalui download atau melalui berlangganan (subscription).
• Pendeteksian dengan melihat cara bagaimana virus bekerja: Cara kerja antivirus seperti ini merupakan pendekatan yang baru yang dipinjam dari teknologi yang diterapkan dalam Intrusion Detection System (IDS). Cara ini sering disebut juga sebagai Behavior-blocking detection. Cara ini menggunakan policy (kebijakan) yang harus diterapkan untuk mendeteksi keberadaan sebuah virus. Jika ada kelakuan perangkat lunak yang “tidak wajar” menurut policy yang diterapkan, seperti halnya perangkat lunak yang mencoba untuk mengakses address book untuk mengirimkan e-mail secara massal terhadap daftar e-mail yang berada di dalam address book tersebut (cara ini sering digunakan oleh virus untuk menularkan virus melalui e-mail), maka antivirus akan menghentikan proses yang dilakukan oleh perangkat lunak tersebut. Antivirus juga dapat mengisolasi kode-kode yang dicurigai sebagai virus hingga administrator menentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya. Keuntungan dari cara ini adalah antivirus dapat mendeteksi adanya virus-virus baru yang belum dikenali oleh basis data virus signature. Kekurangannya, jelas karena antivirus memantau cara kerja perangkat lunak secara keseluruhan (bukan memantau berkas), maka seringnya antivirus membuat alarm palsu atau “False Alarm” (jika konfigurasi antivirus terlalu “keras”), atau bahkan mengizinkan virus untuk berkembangbiak di dalam sistem (jika konfigurasi antivirus terlalu “lunak”), terjadi false positive. Beberapa produsen menyebut teknik ini sebagai heuristic scanning.
Antivirus yang menggunakan behavior-blocking detection ini masih sedikit jumlahnya, tapi di masa yang akan datang, kemungkinan besar semua antivirus akan menggunakan cara ini. Beberapa antivirus juga menggunakan dua metode di atas secara sekaligus.
Referensi :
http://www.inatradecenter.com/gambar/bab1.pdf
http://afifcastrayan.wordpress.com/2008/04/13/28/
http://nanpunya.wordpress.com/2009/03/19/pengertian-antivirus-dan-macam-macam-antivirus/

Yang mau donasi, silahkan disini ....

Bagi para donatur yang ingin melakukan donasi ke webblog ini, silahkan klik tombol Donate. Atau pilih jenis donasi yang lainnya....

Entri Populer

Daftar Pay Per View (PPV / CPM) disini dapatkan penghasilan $2 s/d $4 per CPM

Get paid To Promote at any Location

All Post

Antivirus - Avira/Antivir - Dowload Master (1) Antivirus - Avira/Antivir - Update Manual (1) Antivirus - Kaspersky - Download Update (1) Antivirus - Smadav (1) AP01 - Dasar-Dasar Adobe Photoshop (13) AP02 - Free Download Brush (3) AP04 - Efek Teks (1) AP05 - Kreasi Foto (5) AP07 - Download Frame / Bingkai Foto (40) AP08 - Wallpaper (4) AP09 - Kartu Ucapan (5) AP10 - Desainku (11) AP11 - Gallery Photo (1) Aplikasi lucu (2) Artikel Internet (3) Download Tutorial (6) Email Gmail (1) Email Yahoo (1) Forum Diskusi (6) Game Facebook (1) Game Online - IKARIAM (1) Game Pokemon Emerald GBA (11) Games - Farm Frenzy Pizza Party (1) Games - GBA - Map Pokemon Leaf Green (6) Games - Mini Flash - Packman (1) Games - Mini Flash - Play Aim Fire Game (1) Games Online (11) Games Online - Naruto Arena (1) Games Online - Pokemon Black (1) Games Online - Pokemon TPPCRPG (1) Games Online - Thecrims (1) Games Online - Travian (7) Games Online - www.pokemonbattlearena.net (1) Games Online LORDS OF WAR ANE MONEY (19) Internet (1) Karya Anak Design Grafish (Extra Desain) (3) Kata Kata Mutiara untuk Motivasi (1) Kesehatan - Bahaya zat kimia (2) Kesehatan - Rokok (3) Kesehatan - Test Buta Warna (7) Lain-lain (2) Link Site Bagus (2) Lirik Lagu - Indonesai - Armanda (1) Lirik Lagu - Indonesai - BCL (1) Lirik Lagu - Indonesai - DMasiv (1) Lirik Lagu - Indonesai - Geisha (1) Lirik Lagu - Indonesai - Gita Gutawa (1) Lirik Lagu - Indonesai - Kotak (1) Lirik Lagu - Indonesai - Nindy (1) Lirik Lagu - Indonesai - SHE (4) Lirik Lagu - Indonesai - Warteg Boys (1) LordWM 04 Battle (3) Map Game Pokemon Emerald GBA (11) Pemrograman (2) Perbaikan (1) Perjalanan dan Objek Wisata (1) Pertanyaan Seputar TIK (1) Ramalan - Kecocokan Pasangan (1) Ramalan - Watak Manusia (2) SMA - Kelas X - Materi TIK (6) SMA - Kelas X - Remidi (1) SMA - Kelas X - Tugas (8) SMA - Kelas X - Tugas Extra Pascal (5) Software - Browser - Mozila Firefox (3) Software - Downloader - Orbit (3) Software - Multimedia - K-Lite Mega Codec (1) Software - WinRAR (1) Tugas Desain Grafis (2) Tutorial (4) Tutorial - Adobe Photoshop (18) Tutorial - Macromedia Flash (4) Tutorial - Microsoft Word (3) Tutorial - Microsoft Word 2007 (2) Tutorial - WinRar (1) Tutorial Blogger (8) Tutorial Blogger - AdsenseCamp (3) Tutorial Delphi (4) Tutorial Facebook (2) Tutorial Microsoft Office PowerPoint 2007 (3) Tutorial Microsoft Office Word 2007 (1) Uang Gratis (4) Uang Gratis - Adsense Camp (3) Uang Gratis - Paid per View (CPM/PPV) (5) Uang Gratis - Pay Per Click or CPM - Iklan (2) Uang Gratis - Paypal (1) Uang Gratis - Ziddu (1) Ucapan Hari Raya / Peringatan (1) ucapan hari raya nyepi (2) Upload File (1) Website (2) website-Alexa Site Info (1)
 

FeedBurner FeedCount

Followers

Full Tutorial 's Fan Box

* Tutorial * on Facebook
Full Tutorial Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template