Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, October 7, 2009

Tugas Artikel Untuk Kls X6 SMA N 8

Silahkan kumpulkan tugas artikelnya disini, artikelnya topiknya bebas. Sebelum dikumpulkan liat tugas yang lebih dahulu dikumpulkan, jika sama cari pokok bahasan yang lainnya. Tidak boleh ada yang sama. Artikel boleh dicari atau dibuat sendiri. Jika menjiplak isi referensinya. (Tugas paling lambat dikumpul hari minggu setelah libur kuningan, Jika melebihi jangka waktu tugas tidak dinilai).

Catatan:
Jangan memakai tanda baca selain ( . , ) " " : ; agar pengiriman tugasnya bisa dilakukan. Jika tidak bisa terkirim perhatikan tanda baca yang digunakan.

69 comments:

X6 00 KADEK YARTONO on October 7, 2009 at 9:51 PM said...

TOPIK : ETIKA DAN MORAL
JUDUL : ETIKA DALAM MENGIRIM E-MAIL

ISI
....
.........
............

REFERENSI
1. http://ym-tutorial.blogspot.com
2. ...........
3. ...........

X6 00 KADEK YARTONO on October 7, 2009 at 9:54 PM said...

coba

X6 48 I MADE WIRA DIANA PUTRA on October 7, 2009 at 10:57 PM said...

topik: penggunaan dasar komputer
judul:jenis-jenis port komputer beserta fungsinya
Satu unit komputer terdiri dari CPU , monitor , keyboard dan mouse . pada CPU yang merupakan sistem unut atau console memiliki beberapa port . Port pada komputer berfungsi sebagai antarmuka antara sebuah komputer dengan komputer atau unit ( device ) lainnya.
berikut terdapat beberapa port beserta fungsinya:
1. port serial(COM1,COM2)
Port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse , joytick dan modem external
2. Port parallel(LPT1, LPT2)
Port ini didunakan untuk menghubungkan cpu dengan printer dan modem external serta feriferal lainnya yng memiliki kabel untuk port paralel
3. port PS/2
port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse . Untuk port keyboard bewarna ungu dan untuk port mouse bewarna hujau
4. port USB( Universal Serial Bus)
port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriferal lainnya seperti mouse,keyboard,modem,card wirlest,dan lain -lainnya
5.port VGA/AGP
port ini merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor . port VGA/AGP didapatkan dari pemasangan yang menggunakan VGA/AGPCard secara onboard pada motherboard
6.Port Audio
merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio,speaker,microphone, dan lain - lain
7.Port lan
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan jaringan komputer melalui konektor RJ45. port ini digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya
8. Port Modem
Port ini merupakan port yang digunakan untuk koneksi internet melalui line telepon ( dial - up). Port modem ini dihubungkan ke line telepon melalui konektor RJ11

X6 31PT NANDHA ANDREANA GUNAWAN on October 7, 2009 at 11:55 PM said...

TOPIK:PENGENALAN,PROSES,DAN PERANGKAT KERAS TIK
JUDUL:PERKEMBANGAN TIK

Agar lebih mudah memahami pengertian teknologi informasi dan komunikasi ,maka perlu di pahami pula tentang perkembangan teknologi informasi itu sendiri .Pada awal sejarah ,manusia bertukar informasi melalui bahasa .Maka bahasa adalah teknologi. bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yg disampaikan oleh orang lain .Tetapi bahasa yang di sampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja ,yaitu saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya .Setelah ucapan itu selesai maka informasi berada di tangan si panerima .selain itu jangkauan suara jg terbatas .sampai jarak tertentu meskipun masih mendengar informasi yg di sampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bhkan hilang sama sekali

X6 11 I NYM DEKY MARCIKA on October 8, 2009 at 12:18 AM said...

TOPIK :pengenalan,proses,dan perangkat keras TIK
JUDUL :proses kerja TIK

siklus pemrosesan informasi secara umum di bedakan menjadi 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data (input). informasi yg masi mentah, blm mempunyai makna yg sempurna sehingga di perlukan pengolahan dan pemerosesan utk mendapatkan informasi yg akurat utk memahami siklus pemerosesan informasi ini di di ambil contoh komputer. secara difenisi komputer diartikan sbg sekumpulan alat eletronik yg saling berkerja sama.

X6 06 I PUTU ARYA RADIARTA on October 8, 2009 at 9:13 PM said...

topik:media dan peralatan telekomunikasi
judul:Gelombang radio
Gelombang radio mudah sekali di buat,dapat menjalar pada jarak yang jauh.karena itu gelombang radio digunakan baik untuk komunikasi di dalam ruangan maupun di luar ruangan.Gelombang radio dapat menjalar secara omnidirectional,artinya gelombang tersebut dapat menyebar ke berbagai arah.Karena itu posisi fisik transmitter dan receivernya tidak perlu di atur dengan teliti.
Sifat gelombang radio tergantungpada frekuensi.Pada frekuensi-frekuensi rendah,gelombang radio dapat melewati penghalang dengan baik.tetapi dayanya menjadi berkurang sekali sesuai dengan jarak dari sumber.Pada frekuensi tinggi,gelombang radio cenderung menjalar dengan arah garis lurus dan di pantulkan oleh penghalang.Gelombang ini juga diabsorbsi oleh hujan.Pada semua frekuensi gelombang radio dapat mengganggu peralatan motor dan listrik.

X6 32 I MADE OKA CAHYADI on October 8, 2009 at 9:18 PM said...

topik :contoh-contoh media telekomunikasi
judul :alat-alat komunikasi


berikut ini beberapa contoh media komunikasi yaitu;
1. telephone berasal dari 2 kata yaitu tele yang berati jauh dan phone berati suara.Jadi telephone berati alat komunikasi jarak jauh dengan sinyal listrik
2. internet (interconnected networking)ialah rangkaian komputer yang terhubung dalam beberapa rangkaian.Cara menghubungkan rangkaian dengan internet working.
3. televisi berasal dari kata tele(jauh)& vision(jarak).Jadi television berati tampak 4.atau dapat melihat dari jarak jauh.
Radio adalah teknologi yang digunakan mengirim sinyal dengan cara modulasi & radiasi elektromagnetik.
5. telegram merupakan fasilitas yang digunakan menyampaikan infornasi jarak jauh dengan cepat akurat dan terdokumentasi.

X6 44 I PUTU GEDE TYAGA KRISTIAWAN on October 8, 2009 at 10:47 PM said...

Topik:Program aplikasi
Judul:Program Aplikasi Perkantoran dan Internet

PERKANTORAN(OFFICE)

Progaram aplikasi perkantoran merupakan program paket yang didalamnya terdapat program - program penunjang aktifitas perkantoran.Di antara program -program yang terdapat pada program perkantoran adalah program pengolah kata(Microsoft word),pengolah data (Microsoft Excel)dan pengolah program presentasi(Microsoft power point). Gabungan dari program - program tersebut disebut dengan program paket.
Dalam hal ini sebenarnya segala program aplikasi perkantoran ini bertujuan sebagai penunjang atau membantu segala aktifitas perkantoran.Ada beberapa produk yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan untuk aplikasi perkantoran ini.Diantara produk-produk tersebutuntuk aplikasi perkantoran adalah Microsoft Office,Star office,Open Office,Koffice. Masing - masing program perkantoran ini mempunyai program untuk pengolah kata.pengoilah data dan presentasi.

INTERNET
Program internet merupakan program yang berhubungan dengan dunia internet.Program ini meliputi beberapa aplikasi yang mempunai fungsi tertentu diantaranya:
1.Aplikasi web,contohnya internet explore
2.Aplikasi email, contohnya Outlook Express,Kmail
3.Aplikasi chatting,contohnya mIRC
4.Aplikasi teleconference,contohnya skype

REFRENSI:
1.http://id.wikipedia.org/wiki/ilmu_komputer
2.Buku eksis TIK kelasX
3.www.program-pembukuan.com

Anonymous said...

Topik : Perangkat lunak
Judul : Sistem Oprasi



Sistem oprasi adalahsuatu program yg bertugas untuk melakukan kontrol terhadap prangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer. walaupun sistem oprasi bekerja secara background tetapi peranannya sangat penting pada sebuah komputer. semua peralatan komputer seperti mouse, keyboard, monitor, printer, dll tak dapat berpungsi tanpa dukungan dari sistem oprasi. demikian pula dgn program aplikasi yg lainnya seperti game, multimedia, perkantoran dsb tak dpt dijalankan tanpa sistem oprasi. Sebenarnya jenis sistem oprasi sangat banyak dan beragam, namun ada beberapa sistem oprasi yg sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat dunia, di antaranya:
- Microsoft Windows
Windows merupakan sistem oprasi yg dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Diantara produk sistem oprasi yg dikeluarkan Microsoft adalah Windows 95, Windows 98, Windows XP, Windows NT, Windows ME, Windows 2000, Windows 2003 server, dan Windows Vista.
- Linux
Linux merupakan salah satu sistem oprasi yg model pengembangannya bersifat open source, yaitu suatu model pengembangan perangkat lunak yg kode-kode pembuat programnya (source code) dibuka untuk umum sehingga siapa pun dibebaskan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan software tersebut tanpa lisensi. Model pengembangan seperti ini sekarang menjadi tren masyarakat pengembang perangkat lunak. Karena linux bebas dikembangkan oleh siapapun, maka jenis-jenis linux sangat banyak, diantaranya RedHat, Mandriva, suse, ubuntu, slackware, fedora, debian, dll. Adapun distro yg dikembangkan oleh orang Indonesia antara lain Winbi, Igos, Pacer, Komura, Kuliax, Blankon, Dan Linux.
- Macintosh
Macintosh merupakan sistem oprasi yg dikembangkan oleh perusahaan apple. Sistem oprasi ini hanya bisa dijalankan pada hardware komputer yg dikembangkan oleh perusahaan tersebut. Sehingga software dan hardwarenya menjadi satu paket yg tidak terpisahkan. Diantara sistem oprasi yg dikeluarkan perusahaan tersebut adalah Mac OS X versi 10.4 (tiger) dan versi 10.5 (leopard). selain itu ada juga yg dikembangkan oleh perusahaan SUN Microsystem, OS/2 Oleh perusahaan IBM, Novell Netware oleh Perusahaan Novel dan banyak digunakan pada jaringan LAN dan sebagainya.

Sumber :
GOOGLE.
LKS.
Buku Paket.

X6 49 I PUTU WIYASA said...

Topik:Penyimpan cadangan
Judul:CD ROM

CD ROM
CD ROM(Compact Disc-Read Only Memory)adalah media untuk menyimpan data atau informasi lainnya dalam jumlah yang sangat besar(lebih dari 600 Mega Byte).CD ROM dapa diakses dan dibaca di layar,atau dicetak dari komputer manapun yang bentuknya seperti: teks,gambar presentasi ,slide,audio,video.
SEJARAH CD ROM
Mulai tahun 1983 media penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dgn diluncurkannya audio compact disk.Sejak saat itulah media penyimpanan data optical disk berkembang.
BAHAN PEMBUAT CD ROM
CD ROM yang ada saat ini umumnya terbuat dari resin(polycarbonte)dan dilapisi permukaan yang sangat reflektif seperti alumunium informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopis pada permukaan yang reflektif.Proses ini digunakan dengan laser berintensitas tinggi.Permukaan yang berlubang ini kemudian dilapisi lapisan bening.Informasi dibaca dengan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk.
Itensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonfersi menjadi data digital.Penulisan pada data CD ROM hanya dapat dilakukan sekali saja.Walaupun demikian optical disk ini mempunyai keunggulan dari segi mobilitas.bentuknya yang kecil dan tipis memudahkan untuk di bawa ke mana-mana.
CD ROM
Biasanya piringan CD ROM berwarna perak.prosess pembuatannya adalah dengan menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinari laser.Sinar laser itu membentuk semacam (pit)lubang berukuran mikro,yang sangat kecil sekali.Lubang lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data.Sekali tercipta lubang maka tidak bisa ditutup kembali.Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna untuk pelindung dan pemantul.Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan.Alat cetakan CD ROM mirip dengan cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya sama seperti itu.Sesuai dgn namanya ROM (Read Only memory),data di dalam CD ROM tdk bisa dihapus atau direkam pada alat CD Writer yang biasa kita miliki.CD ROM original lebih awet dibandingkan CD ROM bajakan karena lapisan-lapisan pada CD ROM sangat kuat dan berkualitas di bawah standar mutu yang diandalkan.Akan tetapi tidak tertutup kemungkinan ada CD ROM yang berkualitas,namun harganya tidaklah murah.
Kualitas CD ROM ditentukan oleh lapisannya.Lapisan pemantul harus mampu memantulkan cahaya yang dipancarkan oleh sinar laser dengan sempurna sehingga informasi yang ada di lapisan dapat di baca dengan baik.Sementara lapisan pelindung harus kuat agr lapisan data tidak rusak karena tergores atau kotor. untuk dapat menyimpan CD ROM harus dengan CD RW.CD RW adalah sebuah jenis cd yang dapat kita isi sendiri.Jika dari bentuk,barangkali tidak begitu terlihat perbedaan antara CD R dan CD RW,termasuk ukuran dan kapasitas sekitar 650-750MB.Akan tetapi,CD RW kita bisa melakukan penghapusan data dan berulang ulang bahkan ribuan kali.Biasanya,CD ROM penyimpanan pada CD RW dan CD RW diberi logo yang berbeda
REFRENSI:
1.http://id.wilkpedia.org/wiki/ilmu_komputer
2.e-smart school
3.Buku EKSIS TIK kelas x

X6 09 IMD. DALAM SAPUTRA JAGADHITA on October 9, 2009 at 12:40 AM said...

Topik :Pengenalan,Proses,dan Perangkat Keras Teknologi Informasi dan Komonikasi
Judul :Peralatan Input

Peralatan input adalah semua peralatan yang digunakan untuk memasukkan data ke komputer untuk di proses.Peralatan input dapat di bagi menjadi 2 yaitu :

1.peralatan input lansung. contoh : Keyboard mouse,touch screen,light pen.
2.Peralatan input tidak langsung : punched card,disket dll.

Berikut dijelaskan beberapa alat input yang umum yaitu :

a.KEYBOARD
Keyboard mempunyai fungsi sebagai alat masukan yang memasukan huruf,angka,karakter.dll.Alat itu ditemukan dan dipatenkan oleh Christoper Latham pada tahun 1868.

b.MOUSE
Mouse mempunyai funsi memindahkan krusor secara cepat,dan perintah praktis.Mouse berbentuk mirip tikus, dan mempunyai 3 tombol.Alat ini mulai digunakan sejak dikembangkanya GUI.

c.TOUCHPAD
Unit masukan ini biasanya ditemukan pada laptopdan note book.Alat ini mempunyai fungsi yang sama dengan mouse.

d. LIGHT PEN
Adalah pointer elektronik yang digunakan modifikasi dan men-design gambar.Namun alat ini dpt menyentuh monitor.

e.JOYSTICK dan GAMES PADDLE
Alat ini biasanya di gunakan untuk bermain game pada komputer.JOystick biasanya berbentuk tongkat dan games paddle berbentuk kotak.

f.BARCODE
Alat ini biasanya terdapat pada toko.Fungsi alat ini adalah untuk membaca kode kode berupa garis gsris paralel berbentuk paralel.

g.SCANER
Alat ini berfungsiseperti mesin foto copy,namun hasilnya berupa file gambar yang ditampilkan.

h.KAMERA DIGITAL
Kamera ini dapat menerima input dari komputer atau sebaliknya.Kamera digital mempunyai kualitas gambar yang begitu jelas.

h.MIKROFON dan HEADPHONE
Alat ini berfungsi memasukan dan merekam suara yang akan disimpan dalam memori komputer.

i.GRAPHICS PADS
Alat ini berfungsi untuk unit memgambar dan masukan pada monitor.

j.TRACKBALL
Alat ini mempunyai fungsi yang sama bengan mouse.namun alat ini berbentuk kotak.

REFRENSI:
1.BUKU PAKET TIK KELAS X
2.BUKU LKS EKSIS TIK KELAS X
3.WWW.GOOGLE.COM

X6 20 IPUTU EDI SUDANA YASA on October 9, 2009 at 2:53 AM said...

TOPIK : PENJAGAAN KOMPUTER AGAR TIDAK MUDAH RUSAK
JUDUL : TRIK AGAR KOMPUTER TIADAK MUDAH TERKENA VIRUS
Kkeamanan-komputerArtikel Keamanan komputer !? mungkin ini adalah sesuatu yang sering dibahas dalam berbagai artikel tentang komputer di seluruh blog di internet. Saya sendiri sejak komputerku terhubung dengan internet belum sekalipun menghadapi masalah yang serius dengan namanya virus. Walaupun pernah sesekali dibuat pusing olehnya

Yah setidaknya sampai artikel keamanan komputer ini ditulis !!!

Menurut aku ada 6 hal yang mesti kita lakukan supaya komputer tecinta kita nggak terkena atau terjangkit sebuah virus. Otomatis jika kita bicara kemanan komputer maka kita berbicara bagaimana mencegah virus komputer.

Sedangkan untuk urusan keamanan komputer dari aksi para maling itu diluar artikel ini ya :D Disini hanya mengkhususkan diri utuk virus internet.

Berikut 6 Tips artikel Keamanan Komputer menurut Bintang Taufik :

1. Gunakan AntiVirus

Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet.

2. UPDATE!

Jangan lupa untuk selalu mengupdate apapun demi keamanan komputer. Bukan hanya anti virus saja yang diupdate. SEMUANYA! baik itu Operating Systemnya, Software yang terinstall maupun driver. Tidak ada perangkat lunak atau software yang sempurna..pasti ada sebuah celah keamanan. Jangan percaya programmer yang berkata “Software saya sepurna dalam keamanan komputer”

Untuk menutup lubang keamanan itu kita harus update dan update. Karena virus internet juga selalu update dan update.

3. Hati-hati saat browsing

Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.

Tapi saya tahu anda sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser anda, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.

Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada anda. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputer.

4. Selalu scan file yang di download

Apapun file yang anda download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah anda mendownload ebook gratis, apa anda yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.

Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati

5. Hati-hati email

Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk anda kapasitasnya bertambah ”

Gimana nggak bertambah, lha wong semua file dihapus.

6. Baca terus Artikel keamanan komputer

Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang anda baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini :D

Manfaat komputer itu memang banyak sekali. Tapi disaat bersamaan juga muncul hal-hal yang merepotkan supaya keamanan komputer itu terjaga

REFRENSI:
1.WWW.GOOGLE.COM
2.WWW.BLOGS BINTANG.COM
3.http://id.wilkpedia.org/wiki/ilmu_komputer

X6 I MADE PURNAWAN DHARMA PRASETYA on October 9, 2009 at 4:58 AM said...

TEMA :PENGENALAN,PROSES,DAN PERANGKAT KERAS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUIKASI
JUDUL:TENTANG SCANNER
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.

Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bisa menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC).

Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.

Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII.

Pada saat ini banyak sekali scanner yang beredar di dunia dengan berbagai merk pula, Di antaranya scanner keluaran dari Canon, Hewlett Packard ( HP ), EPSON, UMAX dan masih banyak lagi.

Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Cara kerja Scanner :

Ketika kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiiman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
5. Apabila hasil atau tampilan teks / gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lain- lain. pot scanned.
Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar yang berwarna yaitu :
1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna. Warna-warna tersebut adalah merah, hijau dan biru.
Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna). Nah, bila kita membutuhkan hasil yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
Daftar pustaka:
http://artikel-tentang-komputer.blogspot.com/2008/07/cara-kerja-scanner.html
http://kumpulbloger.com
http://www.beritanet.com/search.php?text=pengertian%20image%20scanner

X6 25 I MADE GITA PRAMANA PUTRA on October 9, 2009 at 9:14 PM said...

Topik : Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)
Judul : Bagian dari komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan apapun, termasuk ketika berkerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat mnyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan.Meskipun demikian, aspek K3 belum menjadi perhatian dari para pengguna komputer. Walaupun banyak manfaat yang diperoleh dari pengunaan komputer, namun belum banyak yang menyadari dampak atau masalah yang ditimbulkan dari penggunaan komputer seperti nyeri kepala , nyeri otot leher , anggota badan kaku , mata kering dll .Posisi tubuh, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat mempengaruhi kesehtan, keselamtan, dan kenyamanan saat berkerja dengan komputer. Dari sisi keselamatan kerja, harus menyadari bahwa komputer yang digunakan dihubungkan dengan listrik yang mempunyai tegangan tinggi. Maka dengan itu harus berusaha mencegah terjadinya resiko tersengat listrik. Untuk itu harus mengatur kabel-kabel listrik sedemikian rupa sehingga terhindar dari sengatan listrik, juga harus memperhatiakn kabel-kabel dari kemungkinan terjadinya arus pendek yang dapat menyebabkan kebakaran dan rusaknya peralatan komputer.

1. Bagian-bagian dari teknologi informasi yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan kerja
1.1. Monitor
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat menyebabkan intensitas cahaya yang dipancarkan oleh monitor cukup tinggi untuk diterima oleh retina mata manusia.
Oleh karena itu, bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan karena radiasi sinar cahaya dari komputer.
1.2. CPU ( Central Processing Unit )
Bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh langsung bersentuhan dengan tangan (basah) karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyetrum manusia.
1.3. Kabel Komputer
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan korsleting. Korsleting ini dapat mengakibatkan hubungan arus listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.
1.4. Keyboard
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah penggunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama. Hal ini terutama apabila sedang bermain game.Hindarkan tumpahnya air pada keyboard karena dapat mengakibatkan keyboard hange , berlumut dan terjadinya korsleting .
Sumber : http://wikipedia.com
LKS EKSIS Kelas X semester I
Buku Paket TIK kelas X Tiga Serangkai

X6 36 I MADE PUTRA PARTHA NADI on October 9, 2009 at 9:26 PM said...

Topik : Sistem Operasi
Judul : Linux
Linux
Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU, sistem operasi 32-64 bit, yang merupakan turunan dari Unix dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86), hingga prosesor RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi.
Sejarah Linux
Kernel Linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas di Finlandia yaitu Linus Torvalds yang belajar di University of Helsinki, untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat diedit. (Minix adalah projek pelajaran menyerupai UNIX dibuat untuk mudah digunakan dan bukannya untuk digunakan secara komersial.) Versi 0.01 dikeluarkan ke Internet pada September 1991, Versi 0.02 pada 5 Oktober 1991.Berikutnya, beribu-ribu penulis program sukarelawan seluruh dunia telah menyertai proyek ini. Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyek program bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini — kecuali kernel. Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi.
Jenis-Jenis Linux
Jenis- jenis linux diantaranya adalah sebagai berikut :
Debian
Debian format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheralpadakomputer.
Redhat
Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone.
Caldera
Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac)
Slackware
Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni, kalo ga salah linux tertua n hampir menyamai Unix dalam penggunaannya.
Suse
SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.
Corel
Corel Linux dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem
Turbo
Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.

Referensi :
1. http://komo.vlsm.org/bebas/v04/org/vlsm/sangam/share/ServerLinux/node11.html
2. http://www.dhuha.net/id/content/computer/linux/sejarah-linux
3. http://maiapoenyablog.blogspot.com/2009/02/jenis-jenis-linux.html
4. LKS Eksis kelas X

X6 26 I G.A. IRMA DHARMAYANTI M. on October 9, 2009 at 11:03 PM said...

TOPIK : PERALATAN KOMUNIKASI

JUDUL : RADIO


Radio adalah teknologi berupa pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini dapat merambat melewati udara dan ruang hampa udara. Gelombang initidak memerlukan medium untuk perambatannya.
Gelommbang radio adalah suatu bentuk dari radiasi elektromagnetik yang terbentuk ketika materi bermuatan listrik dipercepat dengan menggunakan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF) pada spektrum elektromagnetik. Gelombang radio memiliki jangkauan 10 hertz hingga beberapa gigahertz. Adapaun gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio adalah sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya tampak.
Ketika gelombang radio melewati kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik akan mempengaruhi arus bolak – balik dan tegangan pada kabel. Peristiwa ini dapat menghasilkan sinyal audio pembawa informasi. Informasi inilah yang sering Anda dengar di radio.
Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi, ia adalah penemu berkebangsaan Italia. Pada tahun 1895, hanya 7 tahun setelah penemuan gelombang radio oleh Heinrich Hertz, Marconi berhasil mengirimkan pesan radio dalam kode Morse. Siaran radio kali pertama disiarkan pada tahun 1906, yaitu setelah penemuan modulasi oleh seorang engineer Kanada. Bagian penting dalam radio adalah antena, tuner , amplifier , dan pengeras suara. Antena untuk menangkap gelombang radio, tuner berfungsi mencari gelombang dengan angka-angka frekuensi tertentu. Sedangkan amplifier memperkuat sinyal program yang dipilih tuner. Di radio, amplifier berupa transistor dan IC ( Integrated circuit ). Sedangkan radio dari tahun sebelum itu menggunakan tabeung hampa udara. Muara terakhir adalah speaker yang akan mengubah sinyal listrik menjadi suara asli.
Radio pertama digunakan untuk mengirim pesan telegraf dengan menggunakan kode Morse oleh angkatan perang. Salah satu pengguna awal radio, yaitu Angkatan Laut Jepang yang digunakan untuk memata-matai armada Rusia ketika perang Tsushima pada tahun 1901. Salah satu pengguna radio yang paling populer, yaitu pada saat tenggelamnya kapal RMS Titanic pada tahun 1912, termasuk komunikasi antar operator di kapal yang tenggelam dan terdekat.
Radio pun digunakan untuk memberikan perintah dan komunikasi antar Angkatan Darat dan Angkatan Laut pada perang dunia ke-dua. Jerman menggunakan komunikasi radio untuk mengirimkan pesandiplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Inggris. Amerika Serikat pun mengirim kode Morse kepada Jerman melalui radio ketika perang.
Dengan populernya pesawat radio, siaran mulai dilakukan pada tahun 1920-an, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Sekarang ini, radio banyak ragamnya, termasuk jaringan tanpa kabel. Sebelum televisi populer, selain berita dan musik, siaran radio telah banyak menyiarkan acara pertunjukan drama, komedi, dan hiburan lainnya. Saat TV merajai dunia, banyak orang berpikir, umur radio tinggal menghitung hari. Ternyata kecanggihan teknologi memungkinkan diproduksinya radio jinjing – bahkan yang Cuma sebesar korek api – yang praktis dibawa-bawa. Daya tarik lain, tak cuma program kuis interaktif yang melibatkan langsung pendengarnya, juga kualitas modulasi yang makin baik dengan adanya siaran FM membuat siaran musik kian disukai.


Refrensi :
i. Mahir dan Terampil berkomputer (Lia Kuswayatno/2006)
ii. http://id.wikipedia.org
iii. http://id.shvoong.com

X6 10 I MADE DEBY MARANTIKA said...

Topik:pengenalan, proses perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi.
Judul:Unit Output dan Peralatan output
UNIT OUTPUT
1.Alat output tampiln
Alat output yang paling populer bagipemakai adalah layar tampilan (display screen),juga disebut sebagai monitor,cathide ray tube (CRT),atau video display terminal(VDT).Layar tampilan digunakan oleh semua ukuran computer dan hampir selalu disertai keyboard.Sebagian bear layar menggunakan teknologi (CRT),tetapi computer portable menggunakan panel datar (flat panel).Teknologi panel datar terdiri dri liquid crystal display atau plasma display yang hanya memerlukan tempat tipis,seperti tutup computer jinjing.
2.Alat output cetakan
Alat output yang disebut printer meghasilkan output salinan kertas.Asa tiga jenis printer;line printer yang merupakan contoh dari impact printer,character printer contohnya dotmatrix,page printer contohnya desktop printer.
3.Alat output suara
Plotter sejumlah pemakai computer pertama kali adalah para insinyur dan ilmuan yang memerlukan grafik.Alat output khusus yang disebut plotter dirancang untuk memenuhi kebutuhan ini.
PERALATAN OUTPUT
Output device adalah peralatan yang digunakan untuk melihat atau memperoleh hasil pengolahan data/perinah yang telah dilakukan oleh komputer.
Contoh-contoh output Device adalah:
1.Monitor
Monitor merupakan alat output yang paling umum dan berfungsi untuk melihat hasil pengolahan data pada layar,baik berupa karakter,gambar maupun warna.
Secara umum,monitor terbagi atas:
-CRT(Cathode Rays Tube)
-LCD(Liquid Crystal Display)
2.Printer
Printer berfungsi untuk mencetak output yang dikeluarkan oleh process device.Secara garis besar,printer terbagi atas 3 bagian,yaitu:
-Printer Dot Matrix
-Printer Inkjet
-Printer Laser Jet
3.Plotter
Plotter secara prinsip memiliki fungsi yang sama dengan printer.Yang membedakan secara umum adalah ukuan dan peruntukan dari plotter tersebut.Plotter mampu mencetak pada kertas dengan ukuran A0,dan biasanya digunakan untuk mencetak peta dan gambar ukuran besar lainnya.
4.Speaker
Fungsi speaker pada komputer samadengan fungsi speaker pada perangkat audio sistem .
Yang secara garis besar hanyalah pada ukurannya.
Masih banyak lagi Output device yang sering digunakn pada komputer,utamanya pada sistem khusus yang diatur oleh komputer (Misalnya pengpntrol robot,dan lain-lain)

X6 10 I MADE DEBY MARANTIKA said...

refrensi
1.Buku eksis klas x
2.http://118.98.171.187/departement/RPL/pcassembly/peralatan_output.html
3.http://si.its.ac.id/kurikulum/materi/ksi/dasar pemrosesan.html

X6 42 NI WAYAN SUTRAENI RAHAYU said...

TOPIK:MEDIA DAN PERALATAN KOMUNIKASI
JUDUL:PERBEDAAN JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL

pada zaman sekarang ini jaringan sudah banyak digunakan oleh perusahaan - perusahaan untuk mempermudah koneksi itu sendiri
maksud dari jaringan sistem komputer ,telpon, atau piranti,komunikasi lain yang terinterkoneksi sehingga mampu saling berkomunikasi serta bertukar aplikasi dan data .banyak sekali manfaatnya anatara lain:
-Berbagai Antar Perangkat periferal
-Berbagai program dan data
jenis-jenis jaringannya adalah WAN,MAN,LAN,HAN,PAN
dll
WAN*geografis yang sangat luas ,misalnya pada satu negara atau dunia
MAN*jaringan komunikasi yang mencangkup sebuah kota atau daerah
LAN*jaringan lokal ,menghubungkan komputer dengan piranti dalam
HAN*menggunakan koneksi kabel/untuk menghubungkan piranti - piranti digital di rumah
PAN*dengan teknologi nirkabel jarak dekat untuk menghubungkan benda - benda elektronik pribadi

MEDIA KOMUNIKASI KABEL TERDIRI DARI
*TWISTED -PAIR WIRE(KABEL ULIR)
-Terdiri dari 2 utas kawat tembaga yang dipilin mengelilingi satu sama lain
-Relatif lambat ,dgn kecepatan 1-128 megabit perdetik
-Populer (harga lebih murah)
*KABEL KOAKSIAL(co-ax)
-Berupa satu utas kawat tembaga di bagian tengah yang terbungkus dalam pelindung logam +penutup plastik eksternal
-ada pelindung ekstra sehingga kabel koaksial lebih tahan terhadap noise dari pada kabel ulir
*KABEL SERAP OPTIK
-Terdiri dari lusinan serat kaca yang mampu mentrasmisikan getaran cahaya ,bukan sinyal listrik
-Bisa mentarsmisikan hingga 2 milyar getaran perdetik
MEDIA KOMUNIKASI NIRKABEL
Tenologi jaringan nirkabel sebenarnya terbentang luas mulai dari komunikasi suara sampai dengan jaringan data,yang mana membolehkan pengguna untuk membangun koneksi nirkabel pada suatu jarak tertentu,ada 4 jenis media nirkabel diantaranya :

*Transmisi inframerah:mengirim sinyal data dengan gelombang sinar inframerah pada frekwensi sangat rendah sehingga bisa diterima oleh mata manusia
*Siaran rado:mengirim data jarak jauh hingga 2 megabit perdetik -bisa melintasi kota ,provinsi atau negara
*Radio Microwave:mentrasmisikan suara dan data dengan kecepatan 45 megabit perdetik pada gelombang radio berfrekwnsi sangat tinggi .
*satelit komunikasi :adalah stasiun relay microwave yang mengorbit di sekitar bumi.



refrensi
1.Buku eksis kls x
2.http://just-imo.blogspot.com/2007/08/perbedaan -jaringan-kabel-dan -nirkabel.html
3.http://lizardbuster.blogspot.com/2008/10/perbedaan -anatara-jaringan-kabel-dan.html

X6 45 I PUTU WIBAKSHA ADITYA PUTRA on October 10, 2009 at 1:46 AM said...

TOPIK :ETIKA,KESEHATAN,DAN KESELAMATAN DALAM PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
JUDUL :KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA DALAM PENGGUNA TIK


Pemakaian komputer pada saat ini sudah sangat luas,hamoir semua kegiatan manusia tidak terlepas dari pemakaian komouter.Walaupun sudah banyak manfaat yang diperoleh dari pemakaian komputer,namon belum banyak yang menyadari bahwa pemakaian komputer menimbulkan masalah tersendiri.Komputer yang dimaksud sebagai alat bantu manusia,ternyata dapat menimbulkan penyakit akibat kerja seperti halnya pemakaian mesin pada kegiatan industri.
Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer yang salah dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu:
1.Gangguan pada mata dan kepala
2.Gangguan pada lengan dan tangan
3.Gangguan pada leher,pundak,dan punggung
Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan mulai dari nyeri pada pergelangan tangan karena gangguan pada otot tendon di bagian pergelangan,nyeri siku,hingga cidera yang lebih serius.Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher,pundak,punggung,dan pinggang.


REFERENSI :
1.Buku eksis kls x

derian on October 10, 2009 at 2:03 AM said...

Topik:Sejarah Sistem Oprasi Microsoft Windows dan Jenis-jenisnya
Judul: Microsoft Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
Microsoft memulakan penyeledikkan tentang Interface Manager (yg kemudiannya dinamakan MS WIndows) pada september 1981. Walaupun prototype pertama yg digunakan adalah menu “Multiplan” dan Word-like yg terletak dibahgian bawah paparan skrin, kemudian antaramuka ini telah di ubah pada tahun 1982 dengan menggunakan menu “pull-down” dan dialogs sebagaimana yg digunakan pada XeroX Star.
MS akhirnya mengumumkan nama WINDOWS pada November 1983 bersama dengan pelancaran VisiOn (OS yg dikeluarkan oleh VisiCorp) dan TopView. VisiOn dan TopView adalah pesaing awal Windows.
Windows menjanjikan antaramuka grafic mudah guna (easy-t-use graphical interface) , device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Pelancarannya telah di tunda beberapa kali sehinggalah November 1985, Windows 1.0 dilancarkan. Dengan pelbagai perisian yg disediakan , namum pada mulanya penjualan OS ini agak lembab.
Windows 1.0 || November 1985
Windows 2.0 /286 || 1987
Windows/386 || Akhir 1987
WIndows 3.0 ||May 1990
Windows 3.1 || April 1992
Windows 3.11
Windows for Workgroups 3.1 || Oktober 1992
Windows for Workgroups 3.11 || November 1993
Windows NT 3.1 || 1 Mac 1994
Windows NT 3.5 || 12 April 1994
Windows NT 4.0 || 15 Mac 1994
Windows 95 || August 1995
Windows CE ||
Windows CE 1.0 || November 1996
Windows CE 2.0 || Awal 1998Windows CE 3.0 || 15 Jun 2000Windows98 || June 1998
Windows NT 5 || November 1998
WIndows NT 5 akan di kenali sebagai Windows 2000.Windows 2000 || 17 Februari 2000
WIndows ME || 14 September 2000
Windows XP || 225 Oktober 2001


.





referensi
wikipedia.com
wordpres.com
google.com

x.6 12 Dewa Gede Derian Angga Paramartha on October 10, 2009 at 2:06 AM said...

Topik:Sejarah Sistem Oprasi Microsoft Windows dan Jenis-jenisnya
Judul: Microsoft Windows
Dimulai dari DosShell for DOS 6 buatan Microsoft dan inginnya Microsoft bersaing terhadap larisnya penjualan Apple Macintosh yang menggunakan GUI, Microsoft menciptakan Windows 1.0. Nama ini berasal dari kelatahan karyawan Microsoft yang menyebut nama aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program). Windows versi 2 adalah versi Windows pertama yang bisa diinstal program. Satu-satunya program yang bisa ditambahkan adalah Microsoft Word versi 1. Windows versi 3 menjanjikan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kecantikan user interface atau antarmuka dan mudahnya konfigurasi. Windows versi 3.1 adalah versi Windows yang bisa mengoptimalisasi penggunaannya pada prosesor 32-bit Intel 80386 ke atas. Windows versi 3.11 adalah versi Windows terakhir sebelum era Start Menu. Windows 3.11 pun adalah versi Windows pertama yang mendukung networking/jaringan. Versi Hibrida dapat dijalankan tanpa MS-DOS. Versi Hibrida tersebut menginstalasi dirinya sendiri dengan DOS 7. Tidak seperti Windows versi 16-bit yang merupakan shell yang harus diinstalasi melalui DOS terlebih dahulu. Aplikasinya pun berbeda. Meskipun Windows 9X dapat menjalankan aplikasi Windows 16-bit, namun Windows 9X memiliki grade aplikasi sendiri - X86-32, Windows 9X sangat terkenal dengan BSOD (Blue Screen of Death).
Microsoft memulakan penyeledikkan tentang Interface Manager (yg kemudiannya dinamakan MS WIndows) pada september 1981. Walaupun prototype pertama yg digunakan adalah menu “Multiplan” dan Word-like yg terletak dibahgian bawah paparan skrin, kemudian antaramuka ini telah di ubah pada tahun 1982 dengan menggunakan menu “pull-down” dan dialogs sebagaimana yg digunakan pada XeroX Star.
MS akhirnya mengumumkan nama WINDOWS pada November 1983 bersama dengan pelancaran VisiOn (OS yg dikeluarkan oleh VisiCorp) dan TopView. VisiOn dan TopView adalah pesaing awal Windows.
Windows menjanjikan antaramuka grafic mudah guna (easy-t-use graphical interface) , device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Pelancarannya telah di tunda beberapa kali sehinggalah November 1985, Windows 1.0 dilancarkan. Dengan pelbagai perisian yg disediakan , namum pada mulanya penjualan OS ini agak lembab.
Windows 1.0 || November 1985
Windows 2.0 /286 || 1987
Windows/386 || Akhir 1987
WIndows 3.0 ||May 1990
Windows 3.1 || April 1992
Windows 3.11
Windows for Workgroups 3.1 || Oktober 1992
Windows for Workgroups 3.11 || November 1993
Windows NT 3.1 || 1 Mac 1994
Windows NT 3.5 || 12 April 1994
Windows NT 4.0 || 15 Mac 1994
Windows 95 || August 1995
Windows CE ||
Windows CE 1.0 || November 1996
Windows CE 2.0 || Awal 1998Windows CE 3.0 || 15 Jun 2000Windows98 || June 1998
Windows NT 5 || November 1998
WIndows NT 5 akan di kenali sebagai Windows 2000.Windows 2000 || 17 Februari 2000
WIndows ME || 14 September 2000
Windows XP || 225 Oktober 2001


.





referensi
wikipedia.com
wordpres.com
google.com

X6 30 NI WAYAN MARIADNYANI said...

Topik:Program Aplikasi
Judul:Sejarah Internet dan penyalahgunaannya
Internet mungkin sudah tidak asing bagi kita.Di sini kita dapat mencari informasi yang kita butuhkan.Internet berasal dari 2 kata yaitu international(ruang lingkup mencakup seluruh dunia) dan networking(jaringan/sambungan)Internet adalah sambungan-sambungan antar komputer yg membentuk jaringan yg menjangkau seluruh dunia.
SEJARAH INTERNET
1.Internet pertama kali dikenal di Amerika thn 1963 yang dipakai untuk operasi pengendali perang dingin.Melalui ARPA merintis jaringan ARPANET yg merupakan cikal bakal dari internet.
2.Tahun 1980 jarinagn arapanet mulai digunakan untuk menghubungkan komputerpada lembaga pendidikan/universitas di Amerika dan instansi-instansi dan lembaga-lembaga riset.
3.Thn 1982 Protokol standart TCP/IP mulai diperkenalkan.
4.Thn 1984 mulai digunakan domain untuk menandai sebuah komputer
5.Thn 1986 lahir NSFNET sebagai jaringan riset yg akan menggantikan ARPANET
6.Thn 1990 Jaringan arpanet resmi dibubarkan dan digantikan dgn jaringan NSFNET
7.Thn 1990 mulai diperkenalkan layanan berbasis WWW (World Wide Web)yg tidak hanya berbasis teks tapi gambar
8.Thn 1993 InteNIC mendirikan organisasi yg melayani pendaftaran nama domain untuk pengguna internet
9.Thn 1994 Internet sudah mulai masuk dan digunakan di indonesia.
Program internet ini memiliki beberapa aplikasi,diantaranya aplikasi web,email,chatting,teleconference.
Penyalahgunaan internet bisa dikategorikan sebagai kejahatan teknologi yang memberi dampak berbahaya seperti pemalsuan identitas, pencurian yang melalui internet, hacker dan bahkan cracker.Contohnya:situs-situs porno,carding,cybercrime,tindak kekerasan pada anak,informasi pembuatan obat terlarang,kasus memfitnah atau menuding seseorang secara sepihak dalam media internet dan menggunakan kata-kata kotor untuk menyerang pribadi lain secara seksual,dll.Terdapat beberapa hukum positif lain yang berlaku umum dan dapat dikenakan bagi para pelaku cybercrime antara lain:
a. Kitab Undang Undang Hukum Pidana
b. Undang-Undang No 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.
c. Undang-Undang No 36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi
g. Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Internet & Transaksi Elektronik
Jadi sudah saatnya kita menggunakan internet dengan sehat dan benar




REFERENSI:
1.WWW.Google.co.id
2.Buku LKS Eksis kls x
3.Maryono,Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Solo:Tiga Serangkai

X6 34 I MADE PRASTA GUNADA on October 10, 2009 at 4:05 AM said...

Topik : perangkat keras (hardware)
Judul : plash disk

Pengertian Flash disk

USB flash drive adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung USB yang terintegrasi. Flash drive ini biasanya berukuran kecil, ringan, serta bisa dibaca dan ditulisi dengan mudah. Per November 2006, kapasitas yang tersedia untuk USB flash drive ada dari 128 megabyte sampai 64 gigabyte.

USB flash drive memiliki banyak kelebihan dibandingkan alat penyimpanan data lainnya, khususnya disket atau cakram padat. Alat ini lebih cepat, kecil, dengan kapasitas lebih besar, serta lebih dapat diandalkan (karena tidak memiliki bagian yang bergerak) daripada disket.

USB Flash Drive dalam Windows
Sistem operasi Microsoft Windows mengimplementasikan USB flash drive sebagai USB Mass Storage Device, dan menggunakan device driver usbstor.sys. Karena memang Windows memiliki fitur auto-mounting, dan USB flash drive merupakan sebuah perangkat plug and play, Windows akan mencoba menjalankannya sebisa mungkin sesaat perangkat tersebut dicolokkan ke dalam soket USB. Windows XP dan yang sesudahnya bahkan memiliki fitur Autoplay, yang mengizinkan flash drive tersebut diakses secara keseluruhan untuk menentukan apa isi dari USB flash drive tersebut.

Akhir-akhir ini, banyak virus komputer lokal seperti halnya Brontok/RontokBro, PendekarBlank, dan virus lokal lainnya menggunakan USB flash drive sebagai media transmisi virus dari satu inang ke inang lainnya, menggantikan disket. Virus-virus yang sebagian besar berjalan di atas Windows tersebut akan semakin cepat beredar ketika memang Windows mengakses drive teserbut menggunakan fitur autoplay yang dimiliki oleh Windows. Karenanya, ada baiknya untuk menonaktifkan fitur autoplay, meski hal ini kurang begitu membantu mencegah penyebaran virus.

Referensi: http://dfs0007.blockspot.com/2009/01/flas-disk.html
Buku eksistik kls x
www.google.com

X6 17 I MADE DWI PRANATA said...

Topik:Jaringan Nirkabel(wireless)
Judul: gelombang Inframerah
Gelombang inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak,tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio.Namanya berarti "bawah merah"(dari bahasa latin infra "bawah").Merah merupakan warna dari cahaya yang tampak dengan gelombang terpanjang.Radiasi Inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang 700nm dan 1mm.
Gelombang inframerah banyak digunakan untuk komunikasi jarak dekat.Remote control yang dipakai untuk televisi,VCRdan peralatan stereo,semuanya menggunakan komunikasi inframerah.Gelombang ini relatif direksional murah dan mudah dibuatnya.akan tetapi terdapat kekurangannya yaitu tidak dapat menembus benda-benda padat.
Keamanan inframerah terhadappenyadap lebih baik dibanding dengan sistem radio.Dengan alasan ini,tidak dipelukan izin pemerintah untuk mengoperasika sistem inframerah.Kebalikannya dengan sistem radio yang memerlukan izin pemerintah. Komunikasi inframerah juga tidak dapat digunakan di luar ruangan karena cahaya matahari mempunyai terang yang sama dengan inframerah pada spektrum tampak.
Contohnya:Pada telepon celluler.

Refrensi:
-LKS
-http://id.wilkpedia.org/wiki/inframerah
-http://shatomedia.com

X6 07 Made Ayu Aristyana Dewi on October 10, 2009 at 6:10 PM said...

Topik : Sistem Operasi
Judul : Sejarah, Pemrograman, dan Penggunaan Sistem Operasi Linux

*Sejarah Sistem Operasi Linux*
Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun. Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman.Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras computer.Kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

*Pemrograman Sstem Operasi Linux*
Kebanyakan distribusi Linux mendukung banyak bahasa pemrograman. Koleksi peralatan untuk membangun aplikasi dan program-program sistem operasi yang umum terdapat di dalam GNU toolchain, yang terdiri atas GNU Compiler Collection (GCC) dan GNU build system. GCC menyediakan kompilator untuk Ada, C, C++, Java, dan Fortran. Kernel Linux sendiri ditulis untuk dapat dikompilasi oleh GCC. Kompilator tak bebas (proprietary) untuk Linux antara lain adalah Intel C++ Compiler dan IBM XL C/C++ Compiler.
Kebanyakan distribusi juga memiliki dukungan untuk Perl, Ruby, Python dan bahasa pemrograman dinamis lainnya.Sejumlah Java Virtual Machine dan peralatan pengembang jalan di Linux termasuk Sun Microsystems JVM (HotSpot), dan J2SE RE IBM, serta proyek-proyek sumber terbuka lainnya seperti Kaffe. Dua kerangka kerja utama untuk pengembangan aplikasi grafis di Linux adalah GNOME dan KDE. Keduanya mendukung beragam bahasa pemrograman.

*Penggunaan Sistem Operasi Linux*
Pengguna Linux, yang pada umumnya memasang dan melakukan sendiri konfigurasi terhadap sistem, lebih cenderung mengerti teknologi dibanding pengguna Microsoft Windows atau Mac OS. Mereka sering disebut hacker atau geek. Namun stereotipe ini semakin berkurang dengan peningkatan sifat ramah-pengguna Linux dan makin luasnya pengguna distribusi. Linux telah membuat pencapaian yang cukup baik dalam pasaran komputer server dan komputer tujuan khusus, seperti mesin render gambar dan server web. Linux juga mulai populer dalam pasaran komputer desktop.Linux merupakan asas kepada kombinasi program-server LAMP, kependekan dari Linux, Apache, MySQL, Perl/PHP/Python. LAMP telah mencapai popularitas yang luas di kalangan pengembang Web.
Linux juga sering digunakan sebagai sistem operasi embeded. Biaya pengadaan Linux yang murah memungkinkan penggunaannya dalam peralatan seperti simputer, yaitu komputer berbiaya rendah yang ditujukan pada penduduk berpendapatan rendah di Negara-negara berkembang.Dengan lingkungan desktop seperti KDE dan GNOME, Linux menawarkan antarmuka pengguna yang lebih menyerupai Apple Macintosh atau Microsoft Windows daripada antarmuka baris teks seperti Unix. Oleh karena itu, lebih banyak program grafik dapat ditemui pada Linux yang menawarkan berbagai fungsi yang ada pada utilitas komersil.


Referensi :
- wikipedia.com
- google.com
- buku exis kelas x

X6 27 PUTU KRISNA GAUTAMA on October 11, 2009 at 11:10 PM said...

Topik:Ketentuan penggunaan teknolagi informasi dan komunikasi
Judul:Lisensi dan Pengertiannya
Lisensi pengertiannya secara umumnya memberi ijin. Misalnya memberi ijin menggunakan nama. Kalau di jaman dulu, di Eropa misalnya ijin untuk mengelola jembatan. Ada juga ijin untuk tidak usah membayar pajak. Seperti itu pengertian lisensi secara umum. Seperti hak paten, dari dulunya memang seperti itu. Jadi yang dipatenkan apakah itu berupa penemuan atau suatu inovasi.
Lisensi itu memiliki beberapa syarat. Dan syarat itu sangat tergantung kepada apa yang mau dilisensikan. Kalau untuk nama atau merek, tentunya nama tersebut sudah berkembang, sudah terkenal, dan memiliki brand image. Jadi nama tersebut sudah mewakili keunggulan-keunggulan produk atau jasa. Seperti itu mestinya.
Di Indonesia, perkembangan lisensi masih berada di tahap yang sangat tradisionil, Masih merupakan nama dan produk. Bahkan termasuk cara memproduksinya. Misalnya, saya masih pegang untuk memproduksi susu bendera kental manis. Mereknya Bendera. Bendera itu kan brand-nya tapi cara memproduksinya akan diajarkan. Padahal teknologi itu sudah tidak baru lagi. Seharusnya untuk produksinya, di mana teknologi sudah tidak baru lagi, kita tidak bayar lagi.
Lisensi itu bisa untuk produk atau merek di industri apa saja. Jika dulu, lisensi hanya sebatas produksi, sekarang sudah berkembang di semua industri. Industrinya mulai dari pakaian, barang-barang elektronik, obat-obatam dan termasuk jasa sekalipun bisa dilisensikan.
Lisensi Commercial
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada perangkat lunak seperti Microsoft dengan Windows dan Officenya, Lotus, Oracle dan lain sebagainya. Software yang diciptakan dengan lisensi ini memang dibuat untuk kepentingan komersial sehingga user yang ingin menggunakannya harus membeli atau mendapatkan izin penggunaan dari pemegang hak cipta.
Lisensi Trial Software
adalah jenis lisensi yang biasa ditemui pada software untuk keperluan demo dari sebuah software sebelum diluncurkan ke masyarakat atau biasanya sudah diluncurkan tetapi memiliki batas masa aktif. Lisensi ini mengizinkan pengguna untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan software tersebut secara bebas. Namun karena bersifat demo, seringkali software dengan lisensi ini tidak memiliki fungsi dan fasilitas selengkap versi komersialnya. Dan biasanya dibatasi oleh masa aktif tertentu.
Lisensi Non Commercial Use
biasanya diperuntukkan untuk kalangan pendidikan atau yayasan tertentu dibidang sosial. Sifatnya yang tidak komersial, biasanya gratis tetapi dengan batasan penggunaan tertentu.
Lisensi Shareware
mengizinkan pemakainya untuk menggunakan, menyalin atau menggandakan tanpa harus meminta izin pemegang hak cipta. Berbeda dengan Trial Software, lisensi ini tidak dibatasi oleh batas waktu masa aktif dan memiliki fitur yang lengkap. Lisensi jenis ini biasanya ditemui pada software perusahaan kecil.
Lisensi Freeware
biasanya ditemui pada software yang bersifat mendukung, memberikan fasilitas tambahan atau memang free/gratis. Contoh yang bersifat mendukung antara lain adalah plug in tambahan yang biasanya menempel pada software induk seperti Eye Candy yang menempel pada Adobe Photoshop.
Lisensi Royalty-Free Binaries
serupa dengan lisensi freeware, hanya saja produk yang ditawarkan adalah library yang berfungsi melengkapi software yang sudah ada dan bukan merupakan suatu software yang berdiri sendiri.
Lisensi Open Source
membebaskan usernya untuk menjalankan, menggandakan, menyebarluaskan, mempelajari, mengubah, dan meningkatkan kinerja software. Berbagai jenis lisensi open source berkembang sesuai dengan kebutuhan, misalnya GNU/GPL, The FreeBSD, The MPL. Jenis-jenis software yang memakai lisensi ini misalnya Linux, sendmail, apache dan FreeBSD.
Reperensi:
http://salamfranchise.com
http://keyboardsound.wordpress.com
http://wikipedia.org

X6 37 Ni Luh Pt Putri Sari Dewi K. on October 14, 2009 at 11:54 PM said...

Judul : perangkat lunak
Topik : Pengertian perangkat lunak dan sejarah GNU /Linux

*Pengertian perangkat lunak*
perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. perangkat lunak dapat diartikan sebagai penterjemah / perintah - perintah yang di jalankan.

*sejarah GNU/Linux*
sistem operasi Unix di kembangkan pada tahun 1960. dan pertama kali di rilis tahun 1970. Faktor ketersediaannya dapat disalin dan dimodifikasi oleh institusi-institusi akademis .
Proyek GNU dimulai pada tahun 1984 memiliki tujuan untuk membuat sebuah sistem operasi yang kompatibel dengan Unix dan lengkap dan secara total terdiri atas perangkat lunak bebas. tahun 1985 Richard Stallman mendirikan yayasan Perangkat lunak bebas dan mengembangkan lisensi publik umum GNU(GNU's Not Unix). Kebanyakan program yang dibutuhkan oleh sebuah sistem operasi (seperti pustaka , kompiler , penyunting teks, dll), diselesaikan pada awal tahun 1990.
walaupun elemen-elemen rendah seperti driver,device,dll, masih belum selesai pada saat itu, Linus Trovald pernah berkata bahwa jika kernel GNU sudah tersedia pada saat itu (1991)

Referensi:
google.com
wikipedia.com
LKS

X6 03 Made Angga Sadhyani Surya on October 15, 2009 at 9:31 PM said...

Topik : Perangkat Keras
Judul : Mouse
Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain dengan keyboard.Mouse berbentuk tikus yang menjadi asal nama bahasa inggerisnya (mouse). Mouse pertama kali diciptakan oleh Douglas Engelbart pada tahun 1963 dengan 1 tombol dan terbuat dari kayu. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol.Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer secara cepat. Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh sebuah permukaan yang rata dan keras.
Sebagian besar mouse terdiri dari 3 tombol,biasanya hanya digunakan 2 tombol saja, yaitu tombol kanan dan kiri. Saat ini,mouse dilengkapi dengan tombol penggulung (scroll), tombol klik ( click), dan ada istilah untuk menggeser yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil menggeser (drag). Mouse terdiri dari beberapa port yaitu port serial,mouse PS/2,USB,dan wireless.
Pada tahun 1970,Douglas Engelbart memperkenalkan mouse yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Jenis mouse ada bermacam-macam,yaitu:
- Mouse Bola
Pada awal tahun 1970,mouse bola diperkenalkan oleh Bill English di Xerok PARC. Ia menggunakan bola yang dapat berputar ke segala arah,kemudian putaran tersebut di deteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan tipe trackball,yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari jempolnya. Tipe ini populer sekitar tahun 1980-1990.
Mouse Optikal
- dipopulerkan oleh Steve Kirsch dari Mouse system corporation yang menggunakan LED ( Light Emitting Diodes) untuk mendeteksi gerakan mouse. Metode optikal bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED.
Mouse Laser
- dipopulerkan oleh Logitech, sebuah perusahaan mouse terkemuka yang bekerja sama dengan aligent. Resolusi mouse laser dapat mencapai 2000 dpi hingga 4800 dpi. Biasanya mouse semacam ini diperuntukkan untuk para pemain game. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya menggunakan laser kecil sebagai pengganti LED yang digunakan oleh mouse optikal.
Referensi:
google.com
LKS
Buku paket

X6 22 Nyoman End Triana Gayatri on October 15, 2009 at 10:19 PM said...

Judul : Peralatan Telekomunikasi
Topik : Modem

* Pengertian Modem *
Modem adalah akronim dari Modulator Demodulator.
Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa ( carrier ) dan siap untuk dikirimkan,sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi(yang berisi data atau pesan ) dari sinyal pembawa (carrier) yang deterima,sehingga informasi tersebut dapat di terima dengan baik.
* Macam2 Modem *
1. Modem Analog : yaitu modem yg mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.
2. Modem Kabel : Yaitu modem yg menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV kabel.
3. Modem ADSL : Perangkat yg digunakan untuk menhubungkan komputer atau router ke saluran telepon.
4. Modem GPRS ( General Packet Radio Service )yaitu salah satu teknologi yg memungkinkan pengiriman dan perintah data lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi Circuit Switch Data.
5. Modem CDMA : memiliki fungsi yang sama dengan modem CDMA hanya saja kecepatan dalam mengirim data lebih lambat.
6. 3GP : Modem yg berfungsi memasukkan sinyal informasi ke gelombang pembawa (carrier)

*berdasarkan fisiknya Modem dibagi 2 yaitu *
1. Modem Eksternal : yaitu modem yg biasanya terletak di dalam case tersendiri,menggunakan power supply terpisah pada umumnya,memiliki adaptor dan tersambung ke komputer menggunakan kabel serial yg terkoneksi pada port serial atau port modem di belakang PC.
2. Modem Internal : yaitu sebuah kartu yg dipasang di salah satu slot pada komputer yang sudah built-in serial port dan menggunakan power supply yang berasal dari PC.

Referensi :
Google.com
Wikipedia.com
Yahoo Answer
Blog Ilmuan Dunia
Blog Informasi Onlinemu

X6 04 I Gusti Ayu Ari Saptarini said...

Topik :Perangkat keras
Judul :Keyboard

*KEYBOARD
Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik.Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Keyboard adalah Alat input yang digunakan untuk mengetik informasi ke dalam komputer dan menjalankan berbagai intruksi atau perintah ke dalam komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif. Keyboard yang paling terkenal adalah keyboard QWERTY yang memiliki 101 buah key (tombol). Kebanyakan keyboard memiliki key yang disusun ke dalam bagian sebagai A.AlphanumericKey
B.NumerikKeypad
C.FunctionKey
D.ModifierKey
E. Cursor Movement Key.

Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1.KeyboardSerial
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
2. Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.
3. Keyboard Wireless
Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor USB yang menjamin transfer data lebih cepat

Keyboard yang ada selama ini terdiri atas dua jenis, yaitu jenis QWERTY dan jenis DVORAK. Namun diantara keduanya jenis pertama yang paling banyak digunakan. Hal ini dapat kita lihat pada keyboard yang kita gunakan. Pada tombol-tombol huruf yang diurutkan dari kiri ke kanan akan tampak huruf qwerty. Peralatan ini sangat penting penggunaannya, sehingga setiap PC atau laptop harus mempunyai peralatan ini dan menjadi standar sebuah PC selain monitor dan CPU.
Referensi :
http://hlasrinkosgorobogor.wordpress.com/
http://www.google.co.id/
Syarif,komarudin.2009.Eksis.Surakarta.Citra pustaka
Santosa,budi.2000.Pengenalan Microsoft.Madiun.Andi yogyakarta

X6 43 Gusti Ayu Putu Taharyanti on October 16, 2009 at 1:22 AM said...

judul : perangkat keras ( hardware )
topik : Komponen CPU

Central Processing Unit.
Komponen CPU
Komponen CPU terbagi menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut.
• Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah ; Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

• Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.

• ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
• CPU Interconnections adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.


Referensi :
wikipedia.org
google.com
Buku LKS EKSIS

X6 46 PUTU WIDYA SAVITRI on October 16, 2009 at 3:36 AM said...

TOPIK : KABEL KOAKSIAL

JUDUL : MEDIA DAN PERALATAN TELEKOMUNIKASI

ISI :

* Kabel koaksial ( Coaxial Cable ) adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. pusatnya berupa inti kawat padat yang dilingkupi oleh sekat yang kemudian dililiti lagi oleh kawat berselaput konduktor. Kabel ini berisi dua buah conduktor, satunya terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator, conductor kedua melingkar di luar isolator pertama dan tertutup dengan insulator luar.
* Jenis kabel ini biasa digunakan untuk jaringan dengan bandwith yang tinggi. kabel koaksial memepunyai pengalir tembaga di tengah ( centre core ).
* lapisan plastik ( dielectric insulator ) yang mengelilingi tembaga berfingsi sebagai penghalang antar tembaga dan metal shielded. lapisan metal berfungsi untuk menghalangi gangguan luar. lapisan paling luar adalah lapisan plastik yang disebut jacket plastic. lapisan ini berfungsi sebagai pelindung bagian luar.
* Kabel koaksial berfungsi sebagai penghubung seluruh komponen baik aktif maupun pasif pada jaringan koaksial dan secara bersama - sama mengirimkan sinyal RF ke pelanggan.
* kabel ini biasanya banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300kHz keatas. sistem transmisi dengan menggunakan kabel koaksial memiliki kapasitas kanal yang cukup besar.
* kabel koaksial biasa digunakan dalam jaringan LAN, terutama topologi bus yang banyak menggunakan kabel koaksial.
* kesulitan utama dari penggunaan kabel koaksial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel koaksial yang dipergunakan benar - benar matching atau tidak.
* keuntungan dari penggunaan kabel koaksial pada LAN adalah penguatannya dari repeater tidak sebesar kabel STP atau UTP, kabel koaksial lebih murah dari pada kabel fiber optic dan teknologinya juga tidak asing lagi, kabel koaksial sudah digunakan selama puluhan tahun untuk berbagai jenis komunikasu data.
* Kabel koaksial dibedakan menjadi 2 jenis yaitu :

1. Thick coaxial cable
* kabel coaxial memiliki ukuran yang berfariasi. diameter yang terbesar ditujukan untuk penggunaan kabel backbone Ethernet. kabel koaksial ini sering kali dikenal sebagai Thicknet. karena ukurannya yang besar, pada beberapa situasi tertentu dapat sulit diinstall. suatu petunjuk praktis menyatakan bahwa semakin sulit media jaringan diinstall, maka semakin mahal media tersebut diinstall. Kabel ini mempunyai rata – rata 12 mm, biasanya diberi warna kuning.

2. Thin coaxial cable
* kabel koaksial jenis ini banyak dipergunak dikalangan radio amatir, terutama untuk transceiver yang tidak memerlukan output daya yang besar. kabel jenis ini juga dikenal sebagai Thin Ethernet/ThinNet. kabel ini terutama berguna untuk instalasi kabel yang memerlukan pelilitan/pembengkokan. karena mudah diinstall, maka kabel ini juga lebih murah untuk diinstall. hal ini mendorong beberapa orang menyebutnnya sebagai cheapernet. namun kabel ini memerlukan penanganan khusus. thicknet dapat menjangkau sampai 500 meter, dan perangkat dihubungakan ke kabel secara langsung dengan menggunakan transceiver etherNet dengan kabel AUI.

* Keunggulan dan kelemahan coaxial cable :

+ KEUNGGULAN :
1. dapat digunakan untuk menyalurkan informasi sampai dengan 900 kanal telpon.
2. dapat ditanam di dalam tanah sehingga biaya perawatan lebih rendah.
3. karena menggunakan penutup isolasi maka kecik kemungkinan terjadi interferensi dengan sistem lain.

+ KELEMAHAN :
1. mempunyai redaman yang relatif besar, sehingga untuk hubungan jarak jauh harus dipasang repeater-repeater.
2. jika kabel dipasang di atas tanah, rawan terhadap gangguan-gangguan fisik yang dapat berakibat putusnya hubungan.

REGERENSI:
1. http://www.ittelkom.ac.id/library/index
2. http://www.total.or.id
3. http://metiadelia19.blogspot.com
4. LKS EXSIS KELAS X SEMESTER 1

X6 47 WILMA FITRIA ANJARINI on October 16, 2009 at 9:30 PM said...

TOPIK:SISTEM OPERASI
JUDUL:SEJARAH MICROSOFT XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.

Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.

Windows XP tersedia dalam beberapa versi:

* Windows XP Home Edition, yang ditujukan untuk pasar desktop dan laptop rumahan.
* Windows XP Home Edition N, sama seperti Home Edition yang biasa, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena memang peraturan Uni Eropa tidak memperbolehkannya.
* Windows XP Professional, yang ditujukan bagi para power user dan pebisnis.
* Windows XP Professional N, sama seperti Professional Edition, tapi tidak memiliki Windows Media Player, karena peraturan Uni Eropa tidak mengizinkannya.
* Windows XP Media Center Edition (MCE), dirilis pada bulan November 2002, merupakan Windows XP Home Edition yang ditujukan untuk dektop dan laptop dengan penekanan pada hiburan rumahan.
o Windows XP Media Center Edition 2003
o Windows XP Media Center Edition 2004
o Windows XP Media Center Edition 2005, yang dirilis pada 12 Oktober 2004.
* Windows XP Tablet PC Edition, yang ditujukan untuk PC Tablet (PC dengan layar sentuh)
o Windows XP Tablet PC Edition 2005
* Windows XP Embedded, yang ditujukan untuk sistem benam (embedded system)
* Windows XP Starter Edition, yang ditujukan untuk para pengguna komputer di beberapa negara berkembang.
* Windows XP Professional x64 Edition, yang dirilis pada 25 April 2005 untuk sistem-sistem rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan set instruksi x86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).
* Windows XP 64-bit Edition, merupakan sebuah versi Windows XP yang ditujukan untuk jajaran prosesor Intel Itanium, yang mempertahankan kompatibilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak. Versi ini sama saja dengan Windows XP Professional, dari segi fitur-fiturnya. Produk ini dihentikan pada bulan September 2005 saat vendor terakhir workstation berbasis prosesor Itanium menghentikan produk-produknya sebagai "workstation", karena memang mereka cenderung memfokuskan Itanium sebagai basis komputer server.
o Windows XP 64-bit Edition 2003, dibuat berbasiskan basis kode Windows NT 5.2 (sama seperti Windows Server 2003).

REFRENSI:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows

X6 08 NI LUH AYU MEGA SETYANI on October 16, 2009 at 9:46 PM said...

Topic: MP3
JUDUL:PENGERTIAN MP3
MP3 adalah salah satu format berkas pengodean suara yang memiliki kompresi yang baik (meskipun bersifat lossy) sehingga ukuran berkas bisa memungkinkan menjadi lebih kecil. Berkas ini dikembangkan oleh seorang insinyur Jerman Karlheinz Brandenburg. MP3 memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). MP3 mengurangi jumlah bit yang diperlukan dengan menggunakan model psychoacoustic untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia.

MP3 memakai sebuah transformasi hybrid untuk mentransformasikan sinyal pada ranah waktu ke sinyal pada ranah frekuensi:

* Filter polyphase quadrature 32-band
* 36 atau 12 MDCT (modified discrete cosine transform), dengan ukuran dapat dipilih secara independen untuk sub-band 0…1 dan 2…31
* Postproses aliasing reduction

Standar MPEG-1 tidak menspesifikasikan secara spesifik cara melakukan encode MP3. Sebaliknya, algoritma decode serta format file didefinisikan secara spesifik. Yang ingin mengimplementasikan encoder MP3 harus membuat sendiri algorima untuk menghilangkan bagian dari informasi pada file audio asal (atau pada representasi MDCT pada ranah frekuensi).

Karena itu, maka cara encode setiap encoder MP3 berlainan dan menghasilkan kualitas hasil yang berlainan juga. Hal yang harus diperhatikan adalah dari semua encoder yang ada, terdapat encoder yang bagus untuk bitrate tinggi maupun encoder yang bagus untuk bitrate rendah.

MP3 mempunyai beberapa batasan/limit:

* Bit rate terbatas, maksimum 320 kbit/s (beberapa encoder dapat menghasilkan bit rate yang lebih tinggi, tetapi sangat sedikit dukungan untuk mp3-mp3 tersebut yang memiliki bit rate tinggi)
* Resolusi waktu yang digunakan mp3 dapat menjadi terlalu rendah untuk sinyal-sinyal suara yang sangat transient, sehingga dapat menyebabkan noise.
* Resolusi frekuensi terbatasi oleh ukuran window yang panjang kecil, mengurangi efisiensi coding
* Tidak ada scale factor band untuk frekuensi di atas 15,5 atau 15,8 kHz
* Mode jointstereo dilakukan pada basis per frame
* Delay bagi encoder/decoder tidak didefinisikan, sehingga tidak ada dorongan untuk gapless playback (pemutaran audio tanpa gap). Tetapi, beberapa encoder seperti LAME dapat menambahkan metadata tambahan yang memberikan informasi kepada MP3 player untuk mengatasi hal itu.
REFRENSI:
http://id.wikipedia.org/wiki/MP3

X6 13 Putu Dewi Suryantari on October 17, 2009 at 9:04 PM said...

Topik : Media Telekomunikasi
Judul : Telegraf
Isi :
Telegraf merupakan sebuah mesin untuk mengirim dan menerima pesan pada jarak jauh.kata Telegraf yang sering di gunakan saat ini secara umum merupakan telegraf elektrik.Telegraf di temulan oleh seorang warga Amerika Serikat bernama Samuel FB Morse bersama dengan asistennya Alexander Bain

Sistem Operasi Telegraf
Pesan pada telegraf dikirim oleh operator telegraf ( telegrafer ) menggunakan kode morse yang terkenal dengan nama telegran atau kabel gram, sering di singkat dengan pesan kabel atau kawat. sebelum telepon jarak jauh di temukan dan banyak digunakan untuk perjanjian bisnis, telegram sering di gunakan untuk pengiriman dokumen resmi dalam perjanjian bisnis

Sejarah Telegraf
Telegraf elektrik pertama kali di temukan oleh Samuel Thomas Von Sommoring pada tahun 1809, baron frendrich membuat telegraf elektrik pertama. carl frendrich gauss dan wilhem weber merupakan orang pertama yang menggunakan telegraf elektrik untuk alat komunikasi, tetapi pada tahun 1833 di Bottingen Telegraf komersil pertama di buat oleh William Fothergil cooke dan di pasarkan pada great westrem Railway di inggris pada tahun 1843 seorang penemu asal skotlandia, alexander Bain, menemukan sebuah alat yang merupakan mesin faximil pertama, ia menyebut penemuannya ini dengan nama Recording Telegraf atau telegraf perekam. telegraf yang di temukan ini mampu mengirimkan gambar menggunakan kawat elektrik. pada tahun 1855 Giovani cASSELI jg membuat telegraf elektrik yang dapat mengirimkan pesan sebuah telegraf elektrik pertama kali degan bebas di temukan dan di patenkan di Amerika Serikat pada tahun 1837 oleh samuel FB Morse membuat kode morse yang menyimbolkan huruf dengan morsr. telegraf Amerika pertama di kirim oleh morse pada tahun 1837 Kabel lintas atlantik mulai di gunakan pada tahun 1857 dan hanya di operasikan beberapa kali. kabel telegraf komersil pertama yang mampu melintasi samudra atlantik berhasil di temukan pada tahun 1866. australia merupakan hubungan pertama. hal ini berita baru pada dunia kemejuan teknologi bawah laut. thomas edision menemikan telegraf 2 arah dengan rangkap dua penuh kapasitasnya dengan menggunakan guardrup pada tahun 1874.kemudian telegraf elektrik di kembangkan menggunakan elektromagnet reciver

Revrensi :
- wikipedia.com
- telegrafs online.com
- http://collections.ic.gs

X6 39 NI PT RITRA TREES ARI KARTIKA HADI S. on October 17, 2009 at 11:33 PM said...

keyboard merupakan alat input standard yang sangat esensial pada sebuah PC. keyboard pertama ditemukanpda tahun 1864 yang kemudian dipatenkan oleh Crhistopher LathamSholespada tahun 1868. keyboard yang kita kenal sekarang ini memiliki nama resmi QWERTY yang diambil pada huruf pertama Home Row. home Row sendirimerupakan istilah untuk deretan abjad kedua (posisi di tengah keyboard).tombol- tombol alfabet pada keyboard ditempatkan secara acak karena untuk memperlambat pengetikan. Keyboard merupakan peralatan magnetik yang digunakan untuk menginput teks dan juga mengontrol pengoperasian komputer. Tombol- tombol yang berbentuk kotak yang disusun di atasnya.Tombol- tombol tersebut mempunyai simbol dan huruf yang terletak di atasnya yang menunjukan huruf atau simbol yang akan ditampilkanya di monitor apabila di tekan.Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya bersamaan, kita akan mendapatkan fungsi atau input khusus. Beberapa alat telah banyak yang mengadopsi aplikasi keyboard. Beberapa diantaranya adalah cell phone.Ada berbagai jenis tata letak pada keyboard, namun yang paling populer adalah tata letak QWERTY,yang sebenarnya merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer. Keyboard terdiri dari 101 tombol untuk tipe standarnya. Untuk windows keyboard, tombol yang ada sebanyak 104 tombol. Keyboard yang sekarang kita kenaL memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, PS2, USB dan wireles. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian, yaitu :
1. TYPEWRITER KEY
Tombol ini merupakan tombol utama dari input yang terdiri atas alfabet dan tombol lainnya yaitu :
a) Back Space, tombol ini berfungsi untuk menghapus satu karakter di kiri kursor.
b) Caps Lock, tombol ini berfungsi membuat huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau kapital.
c) Delete, tombol ini berfungsi untuk menghapus satu karakter di kanan kursor.
d) Esc, tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
e) End, tombol ini berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir baris atau halaman / lembar kerja.
f) Enter, tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau melakukan suatu proses perintah.
g) Home, tombol ini berfungsi untuk menuju ke awal baris atau sudut kiri atas layar.
h) Insert, berfungsi untuk menyisipkan karakter.
i) Page Up, tombol ini berfungsi untuk menggerkkan kursor satu layar ke atas.
j)Page Down, tombol ini berfungsi untuk mengerakkan kursor satu layar ke bawah.

2. NUMERIC KEY
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrowkey.

3. FUNCTION KEY
tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini terdiri dari F1-F12. fungsi tombol ini berbeda - beda tergantung dari program komputer yang di gunakan.

4. SPECIAL FUNCTION KEY
tombol ini terdiri atas Ctrl, Shift dan Alt. tombol ini akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.

X6 18 NI KADEK DWI PURNAMA RATNA SARI said...

TOPIK:PERALATAN TELEKOMUNIKASI
JUDUL:MODEM
modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam carrier, siap untuk dikirimkan.Demodulator adalah bagian yang memisahkan carrier yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. modem merupakan penggabungan kedua-duanya,artinya modem adalah alat komunikasi dua arah.Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua arah umunya menggunakan modem VSAT,Microwave, Radio, dsb.istilah modem lebih dikenal sebagai perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer selain itu modem mempunyai kemampuan menjadi fax modem, yang bekerja seperti faxsimile, dengan software yang dirancang khusus.
SEJARAH MODEM
Dennis C. hayes menemukan modem untuk komputer personal (PC) pada tahun 1997,Ia pertama kali menjual produk modem bernama Hayes,kepada para penggemar komputer tahun 1997.ia mengembangkan sistem berbasis mikrokomputer agar bisa terhubung ke jaringan. produk pertamanya adalah MODEM BOARD untuk bus s-100 dan kemudian untuk komputer Apple II. memecahakan masalah antarmuka (interface) sehingga memungkinkan komputer-komputer menggunakan sebuah port serial standar untuk mengendalikan fungsi-fungsi modem melalui perangkat lunak, ia menemukan command set untuk Hayes Standar AT yang pertama kali diperkenalkan untuk modem PC di tahun 1998. produk berikutnya yaitu SmartModem dengan cepat menjadi standar yang dengan kompatibilitas modem telah diukur dengan seksama.teknologi modem yang sekarang sudah menggunakan teknologi DSL (Digital Subscriber Line) seperti ADSL, HDSL, SDSL, dan VDSL.
FUNGSI MODEM
Yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadai sinyal analog dan juga sebaliknya. sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.kemudian, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
JENIS-JENIS MODEM
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi 3 jenis, antara lain:
A.MODEM DIAL UP
Modem ini biasa digunakan oleh PC yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. jenis modem dial up ada 2 macam yaitu:
1. modem Internal
merupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer.
keuntungannya:
- lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis
- tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringan tanpa ada banyak kabel.
kelemahannya:
- modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit memantau status modem.
- modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply.mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2. MODEM EKSTERNAL
Merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. modem eksternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB
keuntungannya menggunakan modem ini:
- Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa dipindah-pindahkan digunakan pada komputer lain
- dilengkapi lampu indikator, memudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahannya:
- harga lebih mahal dari pada modem internal
- membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
B. MODEM KABEL
Merupakan perangkat keras yang menyambung PC dengan sambungan TV kabel. Kecepatan Modem kabel maksimum 27Mbps downstream dan 2,5 MBPs upstream. Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP.
C. MODEM ADSL
Merupakan salah satu bentuk dari teknologi DSL. Ciri khasnya adalah sifat yang asimetrik, yaitu data ditransferkan dalam kecepatan yang berbeda dari satu sisi ke sisi yang lain. Ide utamanya untuk memecahkan sinyal line telpon menjadi dua bagian untuk suara dan data, yang memungkinkan atau menerima panggilan telepon atau koneksi internet secara simultan tanpa saling mengganggu.
REFERENSI
- LKS EKSIS TIK KELAS X
- www.e-smartschool.com/PNK/002/PNK0020020.asp
- wws-id.org/blog/asri_mayangsari_sby/default.aspx
- PERANGKAT KERAS UNTUK AKSES INTERNET

X6 28 KRISTINA ADE PUTRI NOVIYANTI on October 18, 2009 at 10:30 PM said...

Topik:Browser
Judul:Yahoo

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek.

Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan Maret 1995, Yahoo pun mengadakan kerja sama bisnis dengan para Pemilik lembaga modal Ventura Silicon Valley. Kemudian, mereka pun menjalin kerja sama dengan Sequa Capital, sebuah perusahaan yang mempunyai reputasi dalam bidang investasi termasuk Apple Komputer, Atari, Oracle, dan Cisco Systems. Mereka setuju untuk mendanai Yahoo dengan investasi awal mendekati $2 juta. Karena realisasi perusahaan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yang cepat, Jerry Yang dan David mulai membangun sebuah tim manajemen. Mereka merekrut seorang veteran Motorola dan alumni jurusan Teknik Stanford bernama Tim Koogle sebagai chief executive officer dan Jeffry Mallet seorang Pendiri Novell's Divisi konsumen WordPerpectsebagai chief operating officer. Mereka berhasil menyelamatkan perputaran pendanaan yang kedua pada tahun 1995 dari investor Reuters Ltd. dan Softbank. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

refrensi:
1. http://sejarahteknologi.blogspot.com/2008/12/sejarah-yahoo.html
2. buku paket tik (tiga serangkai)
3. google.com

X6 38 IDA AYU PT RATNA DEWI on October 19, 2009 at 12:29 AM said...

topik : Alat input
judul : barcode

Mungkin tanpa kita sadari setiap hari kita akan menemui barcode,misalnya pada produk makanan, obat, barang konsumer yang kita miliki, tiket pesawat, kartu pelajar. barcode pada dasarnya adalah susunan garis vertikal hitam dan putih dengan ketebalan yang berbeda, sangat sederhana, tetapi sangat berguna dengan kegunaan untuk menyimpan data- data spesifik misalnya, kode produksi, tanggal kadaluarsa, nomor identitas dengan mudah dan murah. Barcode memiliki kelebihan tertentu, yaitu yang paling utama adalah murah dan mudah sebab media yang digunakan adalah kertas dan tinta, sedangkan untuk membaca barcode ada banyak pilihan di pasaran dengan harga yang relatif murah mulai dari pena(wand, slot,scaner, sampai ke CCD dan bahkan kita dapat membuatnya sendiri. Jenis barcode sangatlah banyak, mulai dari 1 dimensi hingga multi dimensi. barcode pertama kalinya diperkenalkan dan dipatenkan di Amerika Nrman Joseph Woodland dan Bernard Silver mahasiswa Drexel Institutre Technology pada akhir tahun 40-an. Implementasi barcode dimungkinkan atas kerja sama dua insinyur yaitu, Raymond Alexander dan Frank Steitz. Sampai akhirnya pada tahun 1966 Barcode digunakan untuk kepentingan komersial meskipun belum diketahui keberhasilanya sampai tahun 80-an.Penggunaan barcode sangat dirasakan manfaatnya mulai dari kebutuhan Retail, Industri, farmasi, bidang kesehatan bahkan di instansi pemerintah seperti PLN.


Refrensi:
1. www.google.com
2. LKS TIK SEMESTER I KELAS X

X6 37 Ni Luh Putu Putri Sari Dewi .K on October 20, 2009 at 3:59 AM said...

Judul : peranglat lunak
Topik : pengertian perangkat lunak dan perkembangan perangkat lunak

PERUBAHAN!

* perangkat lunak adalah program,prosedur,dan sejumlah tata cara yang berkaitan dengan proses operasi pengolahan data, digunakan untuk menjalankan komputer dengan fungsi tertentu , misalnya sebagai pengolah angka , pengolah basis data , dsb.


*Perkembangan perangkat lunak*

1. Era Pemula (pioner)
Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer , cara untuk mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang dilubangi dan pada era ini perangkat lunak merupakan satu-kesatuan dengan perangkat keras.
2. Era Stabil
Pada era ini menggunakan komputer sudah banyak di gunakan , tidak hanya oleh kalangan peneliti & akademi saja , tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. pada era ini mulai dikenal sistem basis data , yang memisahkan antara program (pemproses) dengan data ( yang diproses)
3. Era Mikro
Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini , perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan . Perangkat lunak dapat dibedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas mengenai internal dan perangkat lunak aplikasi yang digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu.
4. Era Modern
Saat ini perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana. tidak hanya di super komputer dengan 25 processornya, sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer , tetapi telepon , TV , hingga mesin cuci , AC , dan mikrowave telah ditanamkan perangkat lunak . Tingkat kecerdasan yang ditunjukan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat , selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar !


Refrensi:
-LKS TIK
-BUKU PAKET TIK
-google.com

X6 24 GARLICA CANDRA YUDA on October 20, 2009 at 5:03 PM said...

TOPIK: PROGAM APLIKASI
JUDUL:COREL DRAW
Corel adalah perusahaan pembuat perangkat lunakkomputer. Produk Corel yang paling terkenal adalah Corel Draw, sebuah perangkat lunak yang dibuat untuk gambar vektor atau pembuatan vektor. Corel menyediakan paket dalam penjualan perangkat lunaknya, yaitu Corel Graphic Suite, yang didalamnya terdiri dari Corel Draw, Corel R.A.V.E, Corel PhotoPaint, Corel Trace, Corel Capture, Corel update, Font Navigator, dan SB profiler. Perusahan Corel didirikan tahun 1985 dan memiliki markas di Ottawa, Kanada.Berdasarkan data, pengguna produk Corel telah mencapai lebih dari 40 juta dan produk Corel telah dijual di lebih dari 75 negara. Perusahaan yang menjadi saingan Corel adalah Adobe.
Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terakhirnya versi 14 yang dinamai X4 dirilis pada tahun 2008. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk dijalankan pada sistem operasiWindows 2000 dan yang lebih baru. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, tetapi dihentikan karena tingkat penjualannya rendah.
Gambar vektor merupakan gambar digital yang berbasiskan persamaan matematis. Gambar vektor umumnya berukuran lebih kecil bila dibandingkan dengan gambar bitmap. Beberapa format gambar vektor di antaranya: SVG, EPS, dan CDR .Gambar Vektor menggabungkan titik-titik garis untuk menjadi sebuah objek, sehingga gambar tidak menjadi pecah biarpun diperbesar atau diperkecil, tidak seperti gambar Bitmap.

Dalam grafik komputer, gambar bitmap adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan pikselwarna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Secara teknis gambar bitmap digambarkan dengan lebar dan tinggi dalam piksel dan dalam angka bit per piksel. Beberapa format gambar bitmap yang sering dijumpai: GIF, JPEG, BMP dan PNG.

X6 15 PUTU DIAN UTAMI JELANTIK on October 20, 2009 at 10:03 PM said...

TEMA : PERANGKAT MASUKAN KOMPUTER
JUDUL : ALAT KETIK YANG BEREVOLUSI
Keyboard adalah Alat input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer dan digunakan untuk mengetik informasi dalam bentuk huruf, angka, karakter khusus dan menjalankan berbagai intruksi pada komputer. Penciptaan keyboard komputer diilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya dibuat oleh Christopher Latham tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington. Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke computer melalui port USB. Keyboard merupakan peralatan masukan langsung yang terdiri dari tombol huruf dan fungsi. Bentuk keyboard ada yang standard an extended, perbedaannya terdapat padajumlah tombolnya dimana keyboard standar mempunyai 88 tombol sedangkan keyboard extended mempunyai tombol lebih banyak.
Keyboard merupakan penghubung antara manusia dan computer dalam proses pemanfaatan komputer. Juga merupakan salah satu sumber penyebab penyakit akibat kerja yang pada umumnya berupa nyeri otot.
Bentuk keyboard yang pernah diciptakan :
1)Keyboard jenis Qwerty : Dibuat pertama kali pada tahun 1873 oleh Perusahaan Remington untuk keperluan mesin ketik. Nama Qwerty diambilkan dari deretan huruf pada baris paling atas. Sejak awal keyboard Qwerty diciptakan tidak memperhatikan masala ergonomi, sehingga sangat memungkinkan timbulnya gangguan atau keluhan terhadap tubuh manusia. Karena sebagian besar perintah-perintah tambahan pada keyboard terletak pada bagian kanan yang berarti akan menambah beban kerja pada tangan kanan. Dengan demikian maka beban kerja pada jari tangan kanan dan tangan kiri belum bisa seimbang. Kelebihan keyboard ini yaitu keyboard QWERTY ini karena memiliki 101 buah key (tombol).
2)Keyboard jenis Dvorak : Dibuat pada tahun 1936, keyboard ini diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Walaupun keyboard jenis Dvorak sudah lebih baik daripada jenis Qwerty, akan tetapi karena kalah duluan dalam hal pemasarannya dengan jenis Qwerty dan kalaupun harus diganti dengan jenis Dvorak.
3)Keyboard jenis Klockenberg : Dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (kanan dan kiri). Selain itu pada keyboard Klockenberg tombol-tombolnya dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman untuk bekerja. Walaupun demikian keyboard Klockenberg sudah lebih baik dalam hal pengurangan beban pada jari dan lengan, sehingga nyeri otot pada bahu dan pergelangan sangat sedikit.
Dari ketiga macam keyboard tersebut diatas, ternyata keyboard Qwerty yang tetap diusulkan sebagai keyboard resmi. Hal ini diperkuat dengan keputusan Amerika Serikat melalui Standart Institute pada tahun 1968 dan melalui ISO (International Standar Organization) pada tahun 1971 yang menetapkan untuk tetap menggunakan keyboard Qwerty.
REFERENSI :
a.PAKET TIK KLS X
b.LKS BUKU AJAR KLS X
c.www.google.com

x6 32 I MADE OKA CAHYADI on October 21, 2009 at 8:00 PM said...

topik :contoh-contoh media komunikasi
judul :alat-alat komunikasi

berikut ini merupakan contoh media komunikasi;
1.Telephone berasal dari 2 kata yaitutele yang bererti jauh dan phone yang bererti suara.Jadi telephone berarti alat komunikAsi yang dapat mengirim suara jarak jauh melalui sinyal listrik.
2Telegram merupakan fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan informasi jarak jauh dengan cepat akurat & terdukumentasi.
3.Internet (interconnected networking)ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian.Rangkaian terbesarnya dinamakan internet.
4.Televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti jarak.Jadi television berati tampak atau dapat melihat dari jarak jauh.
5.Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi & radiasi elektromagnetik.
Demikianlah merupakan alat-alat komunikasi yang sering digunakan orang-orang pada umumnya.


REFERNSI :

1.Lks eksis TIK kls x
2.Google.com
3.wikipedia.org

X6 05 Ni Putu Ary Wangi on October 22, 2009 at 12:14 AM said...

Topik : Perangkat keras
Judul : Scanner

Scanner merupakan alat masukan yang berfungsi seperti mesin foto kopi.Pada scanner hasilnya berupa file gambar yg siap ditampilkan pada komputer.Sebuah scanner bisa membaca hingga 250 halaman dalam 1jam.Salah satu contoh pemakaian scanner adalah untuk memindahkan foto ke komputer.Scanner juga disebut sebuah alat yang dapat berfungsi untuk mengopi atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang bisa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada Ulangan Umum dan Ujian Nasional.Saat ini telah dikembangkan scnner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader),dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,bidata,dan formulir.Makin tinggi resolusi dari scanner maka hasil gambar akan makin bagus.Scanner bisa membaca bentuk-bentuk huruf yang kemudian dapat disimpan menjadi file tulisan sehingga mempermudah untuk memasukkan data ke komputer.Scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk fila text atau file gambar.Demikianlah mengenai SCANNER dan fungsi-fungsinya.
Referensi:
Buku paket
LKS TI
Gogle.com

X6 19 eddy surya partawan on October 22, 2009 at 12:17 AM said...

topik :etika dan moral
judul :menerapkan aturan etika dan moral dlm menggunakanperangkat keras dan lunak TIK

beberapa contoh hak cipta perangkat lunak yg dibuat oleh perusahan2 besar pembuat perangkat lunak antara lain sbg berikut;
1.microsoft corp.mengeluarkan produk software sistem operasi microsoft windows,ms dos,software aplikasi microsoft office,dll.
2.adobe corp.mengeluarkan software aplikasi adobe photoshop,adobe pagemaker,dll
3.corel corp.mengeluarkan software aplikasi coreldraw,wordperfect,dll.
4.winzip computing corp.mengeluarkan program utility winzip,dll.
5.xing technologi corp.mengeluarkan program multimedia xingMPEG player,dll.
6.norton corp.mengeluarkan produk antivirus norton,dll.

usaha utk menghasilkan ide /gagasan hingga mewujudkannya menjadi suatu produk,tentulah tdk mudah.perlu bnyak pengorbnan baik materi,waktu,pikiran,tenaga.olek karena itu merupakan kewajiban bagi kita utk menghargai hasil karya seseorang.berikut ini beberapa cara utk menghargai hasil karya seseorang,khususnya perangkat lunak komputer.
1.tdk membajak,menyalin/menggandakan tanpa seijin hak paten.
2.tdk mengubah,mengurangi/menambah hasil karya orang lain.
3.tdk menggunakan perangkat lunak utk suatu kejahatan.
4.menggunakan perangkat lunak yg asli.

DAFTAR PUSTAKA
boctor,david,(1999),microsoft office 2000&visual basic for application fundamentals,washington:microsoft press.
eko nugroho,(1988)pengantar aplikasi komputer,jakarta:universitas terbuka karunia.
jack febrian,(2004),pengetahuan komputer dan teknologi informasi.bandung:informatika bandung.
kelly,julia,(2001).office xp:the complete reference,osborn:mcgraw-hill.
likar kurweni,(1999),microsoft 2000.jakarta:elek media komputida.
majalah chip,(2005),jakarta.
majalah pc,(2004),jakarta.
majalah pc media,(2005),jakarta.

X6 50 NI PUTU YUNITASARI on October 23, 2009 at 1:22 AM said...

Topik:Media dan peralatan telekomunikasi
Judul:Media telekomunikasi

Media transmisi komunikasi dapat dibagi menjadi 2
1.Jaringan kabel
a.Kabel koaksial
adalah jabel berbungkus solid sebagaiintinya dan lapisan logam beranyam di bawah pembungkus eksternalnya.Ketika kita akan menghubungkan beberapa komputer,dengan menggunakan kabel ini kita tidak perlu melakukan hubungan.Hal ini biasanya disebut dengan topologi bus
b.Kabel twisted pair
adalah salah satu kabel yang lebih sering digunakan.Twisted pair juga disebut sebagai RJ-45.
c.Kabel fiber optik
Kabel ini bekerja dengan cahaya.Kabel ini terdiri dari sebuah inti tengah terbuat dari benang kaca berbentuk silinder yang dibungkus dalam sebuah bahan yang melindunginya kemudian memantulkan kembali cahaya ke dalam konduktor kaca.
2.Jaringan nirkabel
a.Adalah suatu jaringan nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk komunikasi antar perangkat komputer dan akhirnya titik akses yang merupakan dasar dari tranviser radio dua arah.
b.gelombang mikro
Gelombang menjalar dengan garis lurus sehingga arahnya dapat difokuskan.
c.Gelombang inframerah
Gelombang ini banyak digunakan untuk komunikasi jarak dekat.
d.Gelombang cahaya
Menggunakan pensinyalan optis
PERBEDAAN JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL
a.Dari kecepatan transfer data,jaringan nirkabel belum memiliki kecepatan transfer yang tinggi seperti jaringan kabel
b.Karena tidak menggunakan kabel,jaringan nirkabel lebih memberikan kenyamanan kepada penggunanya.
c.Penggunaan jaringan nirkabel perlu ada perhatian khusus terhadap akses keamanan.

REFERENSI:
SMALL BUSINESS SOLUTION FOR NETWORKING,ALAN NEIBAUER
NETWORK SECURITY,CRHIS BRENTON DAN CAMERON HUNT
LKS TIK,EKSIS KLS X

X6 41 I Made Rumadi Putra on October 23, 2009 at 9:30 PM said...

Topik :Media dan Peralatan Telekomonikasi
Judul :Teknologi VSAT

Pada tahun 80-an tumbuhlah VSAT(Very Small Aperature Terminal).Teknologi ini berkembang karena kematangan teknologi antena dan semakin besarnya jangkuan teknologi satelit.
Meskipun bukanlah solusi yang sempurna untuk LAN/WAN,teknologi satelit VSAT menawarkan beberapa kelebihan diantaranya :
1.Jangkuan VSAT lebih luas.
2.Biaya yang digunakan lebih hemat.
3.Reliabilitas lebih baik dengan keberhasilan yang mencapai 99,9% untuk data dan suara.
4.Memiliki kecepatan yang baik.

VSAT merupakan sistem komonikasi satelit yang dapat melayani pengguna personal maupun bisnis.
Sebuah VSAT memiliki bagian bagian :
1.Satelit Traspoder
2.Central hub yang menghubungkan stasiun bumi
3.NMS yang ditempatkan pada hub stasiun
4.VSAT yang diinstalkan pada setiap cabang

Manfaat VSAT :
1.Komonikasi menjadi lebih mudah
2.Biaya lebih murah
3.Dapat menggantikan line telepon dan gelombang mikro
4.Kecepatan transfer data lebih cepat
5.Dapat membantu bisnis manusia di bidang perbangkan(yang berupa online)

Refrensi :
1.LKS TIK kelas X EKSIS
2.google.com
3.wikipedia.org/wiki/VSAT

X6 02 I KADEK AGUS WRASPADA GALIH on October 24, 2009 at 1:04 AM said...

topik:perangkat lunak
judul:sistem operasi ( windows 7 )


windows 7

Windows 7 (sebelumnya berkodekan Blackcomb atau Vienna) merupakan versi selanjutnya Microsoft Windows yang akan menggantikan Windows Vista.[2] Microsoft mengumumkan bahwa pengembangan Windows 7 akan berjalan dalam tiga tahun. Versi klien dari Windows 7 akan dirilis dalam versi 32-bit dan 64-bit walaupun versi servernya (yang akan menggantikan Windows Server 2008) akan dirilis hanya dalam versi 64-bit, yang akan dinamakan Windows Server 2008 R2. Komputer akan memberitahu jika terjadi perubahan pada komputer tersebut. Di Indonesia, Windows 7 diluncurkan pada tanggal 22 Juni, 2009. Setiap pengguna akan mendapat perlindungan 3 lapis jika ada permintaan mengunduh file dari yang tak dikenal.Microsoft serta Intel mendemonstrasikan bagaimana konsumsi daya yang dibutuhkan Windows 7 memang lebih sedikit daripada OS Windows versi sebelumnya. Ini berarti para pengguna notebook akan bisa merasakan daya tahan baterai yang lebih lama, jika menggunakan Windows 7 dibanding XP atau Vista.
Dari test yang dilakukan Microsoft saat ‘mengadu’ Windows 7 vs Vista, hasilnya Windows 7 memiliki daya tahan baterai lebih lama antara 10%-20% dibanding Vista. Hal tersebut diukur dengan memutar standar format DVD pada kedua OS, dengan hardware yang sama oleh Microsoft. Faktanya memang Windows 7 unggul di semua lini jika dibanding Vista, tak terkecuali dalam masalah konsumsi daya. Menurut penjelasan PCMag, Windows 7 pun hanya mengkonsumsi 16,53 watt untuk memutar DVD, sementara Vista SP2 adalah 18,35 watt. Windows 7 lebih unggul sekitar 11%.
Lalu bagaimana dengan XP? Lebih lanjut, Microsoft dan Intel juga ‘mengadu’ antara Windows 7 vs XP. 2 perusahaan terebut sepakat menggunakan notebook Lenovo ThinkPads T400s sebagai alat ujinya. Sementara OS yang diujikan adalah Windows XP SP2 melawan Windows 7 RTM. Hasilnya Windows XP SP2 membutuhkan energi sebesar 20,2 watt. Sementara Windows 7 RTM hanyalah 15,4 watt. Ini berarti ada jeda waktu lama baterai hidup sekitar 1 jam.

referensi

1. detik.com
2. wikipedia.com
3. artikel populer ilmu komputer.com

X6 21 Dewa Gede Eka Kresna Putra on October 24, 2009 at 7:43 PM said...

Topik:WI-FI
Judul:pengertian WI-FI
Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nirkabel (Wireless Local Area Networks - WLAN) yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.16 g, saat ini sedang dalam penyusunan, spesifikasi terbaru tersebut menawarkan banyak peningkatan mulai dari luas cakupan yang lebih jauh hingga kecepatan transfernya.
Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau personal digital assistant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.
Mode Akses Koneksi Wi-fi
Ada 2 mode akses koneksi Wi-fi, yaitu
Ad-Hoc
Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point
Infrastruktur
Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (N

refrensi:
http://ym-tutorial.blogspot.com/2009/10/tugas-artikel-untuk-kls-x6.html
google.com

X6 01 I PUTU GEDE ADITYA Y.P said...

topik:e-mail
judul:pengertian e-mail

e-mail adalah sekempulan Singkatan dari Electronic Mail. Pesan, atau surat secara elektronik, baik berupa teks maupun gabungan dengan gambar, yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain di jaringan internet.Sebuah alamat e-mail yang mewakili banyak alamat email sekaligus disebut sebagai mailing list. Sebuah alamat email biasanya memiliki format semacam username@host.domain, misalnya: namasaya@yahoo.com.

Tidak jarang ditulis email saja. Diartikan sebagai surat elektronik. Prinsipnya hampir sama dengan surat konvensional yang biasa dikirimkan melalui POS, perbedaannya adalah medianya. Jika melalui surat konvensional surat ditulis diatas kertas, dengan e-mail surat ditulis dalam bentuk elektronik.
istilah lain yg terkait dgn e-mail:
E-Mail Virus
Virus yang dikirimkan sebagai file lampiran pada e-mail, virus baru akan bekerja dan menginfeksi jik...
E-mail address
Alamat e-mail yang memiliki struktur user_id@domain, misalkan jack@febrian.com, dibaca jack yang ber...
Junk e-mail
E-mail sampah yang biasanya berisi promosi. Junk e-mail ini sering digunakan oleh berbagai pihak unt...
Push e-mail
layanan yang memungkinkan para pengguna ponsel untuk mengirim:send dan menerima:receive e-mail dari ...
Tennis e-mail
Semacam pertukaran e-mail yang berlangsung bolak balik tanpa isi yang benar-benar bermanfaat. Contoh...

refrensi:
buku lks
google(pengertian email)

X6 14 I MADE DIAN SURYA PERMANA said...

Topik:Alat Keluaran(Output Device)
Judul:Monitor
Monitor komputer adalah alat keluaran yang dapat menampilkan gambar yang dihasilkan komputer tanpa rekaman permanen.Monitor komputer biasanya menggunakn teknologi tabung sinar katode (CRT=Cathode ray tube atau dapat juga terdiri atas panel datar seperti TFT LCD(liquid crystal display)Pada monitor CRT,gambar dihasilkan dengan teknik raster scan.Elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak-balik dari atas ke bawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi fosfor.Fosfor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektron sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor.Begitu banyak dan cepatnya sinar ataupun spot yang tbentuk dari hasil penembusan sinar elektrone yang diikuti oleh pembakaran fosfor,maka yang tampak di permukaan seperti pola huruf Z yang bergerak-gerak.Pola seperti ini disebut sebagai raster pattern.Pada monitop jenis monochrome ataupun composit,hanya terdapat satu sinar elektrone yang menembus fosfor,sehingga pada monitor jenis ini hanya bisa menampilkan satu warna saja,yaitu hitam putih atau hijau hitam.Monitor terdiri atas data-data private dengan fungsi-fungsi public yan g dapat mengakses data data tersebut.Method-method dalam suatu monitor sudah dirancang sedemikian rupa agar haya ada satu buah method yang dapat bekerja pada suatu saat.Hal ini bertujuan untuk menjaga agar semua operasi dalam monitor bersifat mutual exlusion.Monitor dapat dianalogikan sebagai sebuah bangunan dengan tiga buah ruangan yaitusatu buah ruangan kontrol,satu buah ruang-tunggu-masuk,satu buah ruang-tunggu dalam.Ketika suatu thread memasuki monitor.Ia memasuki ruang-tunggu-masuk(enter).Ketika giliranya tiba,thread memasuki ruang kontrol(acquaire).Di sini thread menyelesaikan tugasnya dengan shared resource yang berada di ruang kontrol(owning).Jika tugas thread tersebut belum selesai tetapi alokasi waktunya sudah habis,thread melepaskan kendali atas monitor(release)dan dipindahkan ke ruang tunggu dalam(waiting quene)ketika gilirannya tiba kembali thread memasuki ruang kontrol lagi(acquire).Jika tugasnua selesai ia keluar dari monitor(release and exit)
REFRENSI:
1.Buku Eksis Klas X
2.http://id.wilkpedia.org/wiki/monitor
3.www.google.com

kurnia philyanti on October 27, 2009 at 8:09 PM said...

topik:port paralel
judul:interfacing port paralel komputer

port paralel ialah port data dikomputer untuk mentranmisi 8bit data dalam sekali detik.
tujuan dari standar yang baru tersebut adalah untuyk mendesain driver dan peralatan yang baru yang kompatibel dengan peralatan lainnya serta standar paralel port sebelumnya (spp) yang diluncurkan tahun 1981. mode kompotabilitas nibble dan byte digunakan sebagai standar perangkat keras yang tersedia di port paralel orisinal dimana epp dan epc membutuhkan tambahan hardware dimana dapat berjalan denan kecepatan yang lebih tinggi. mode kompatibilitas hanya dapat mengirim data pada arah maju pada kecepatan 50 kb sampai 150 kb.
berbagai aplikasi elektronika dapat berkomunikasi dengan port serial komputer. program berikut akan menampilkan kearah LCD menggunakan port paralel
referenci:
1. http://wikipedia.org/wiki/monitor
2. www. google.com

X8 00 Kadek Yartono on October 28, 2009 at 5:35 PM said...

Topik:
Judul:

isi


Refrensi:

x6 29 kurnia philyanti on October 28, 2009 at 9:31 PM said...

perbaikan nama
x6 29 kurnia philyanti

X6 NI PT RITRA TREES ARI KARTIKA H.S. on October 28, 2009 at 9:31 PM said...

PERBAIKAN :

Topik :Alat Input
JUdul : Keyboard





Refrensi :
1. www.google.com
2. LKS TIK kelas X Semester I Penulis Komarudin syarif,AMd

X6 48 I MADE WIRA DIANA PUTRA on October 28, 2009 at 9:35 PM said...

PERBAIKAN :

REFRENSI :
buku LKS TIK bab1 hal2
www.google.com
Buku eksis kelas X(dwi maryono)

x6 47 WILMA FITRIA ANJARINI on October 28, 2009 at 9:40 PM said...

PERBAIKAN :

REFRENSI :
*http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Microsoft_Windows
*wordpres.com
*google.com

X6 40 I Putu Roland Wijaya Putra on October 28, 2009 at 9:40 PM said...

perbaikan
nama : I Putu Roland Wijaya Putra
No absen :40
kelas :X6
Tgl : 8 Oktober 2009, 23:42



Refrensi :
1. LKS TIK kelax X EKSIS
2. google.com
3. Paket TIK kelas X Tiga Serangkai oleh dwi Maryono

Garlica Candra Yuda on October 28, 2009 at 9:40 PM said...

Perbaikan


Refrensi
http://www.info24jam.com/

X6 25 I MADE GITA PRAMANA PUTRA on October 28, 2009 at 9:45 PM said...

Perbaikan

Refrensi
Maryono,Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi.Solo.Tiga Serangkai

X6 24 GARLICA CANDRA YUDA on October 28, 2009 at 9:56 PM said...

Perbaikan


Refrensi
1.http://www.info24jam.com/
2.Wahana Komputer.2002.Kamus Lengkap Dunia Komputer.Yogyakarta:Penerbit Andi.
3.http://www.id.wikipedia.org/wiki/

X.6 11 I NYM. DEKY MARCIKA on October 28, 2009 at 9:58 PM said...

PERBAIKAN.

TOPIK:pengenalan,proses,dan perangkat keras TIK
JUDUL :proses kerja TIK
siklus pemrosesan informasi secara umum di bedakan menjadi 3 tahap yaitu tahap pengumpulan data (input). informasi yg masi mentah, blm mempunyai makna yg sempurna sehingga di perlukan pengolahan dan pemerosesan utk mendapatkan informasi yg akurat utk memahami siklus pemerosesan informasi ini di di ambil contoh komputer. secara difenisi komputer diartikan sbg sekumpulan alat eletronik yg saling berkerja sama.Dapat menerima data input mengolah data proses dan memberikan informasi out put serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.
dr defenisi tersebut terdapat istilah 3 penting yaitu input data, pengolahan data, dan informasi output.pengolahan data dgn menggunakan komputer dikenal dgn nama pengolahan data elektronik (PDE) ATAU ELEKTRONIK data proseccing (EDP).
data adalah kumpulan kejadian yg diangkat dari suatu kejadian (fakta),dapat berupa angka/simbol.
pengolahan data merupakan suatu proses memanipulasi dari data ke dalam benyuk yg lbh berguna dan berati,yaitu berupa informasi.dengan demikian,informasi adalah suatu informasi yg beguna bagi pengguneanya.
kita ketahui, komputer membutuhkan data atau fakta,dimana data ini saat di input akan diterjemahkan menjadi bilangan biener.mesin komputer memproses data menjadi suatu informasi yg berguna.


REFRENSI:
1.LKS EKSIS KLS X
2.BUKU PAKET KLS X TIGA SERANKAI
3. GOOGLE.COM

I PUTU ARYA RADIARTA on October 28, 2009 at 9:58 PM said...

Perbaikan


Refrensi:
1. Buku paket Kls X
2. Buku Lks kelas X
3. www.google.com

X6 16 I MADE DWI GUNAYASA said...

Topik:Penyimpan Cadangan(Backing Storage)
judul:Harddisk
Hardisk atau sering disebut dengan HDD(Hard Disk Drive)adalah penyimpanan non-volatile dengan kapasitas yang sangat besar,bisa mencapai 80GB.Biasanya,hardisk dipasang menyatu dengan CPU sehingga sering juga disebut dengan fixed disk.Sebuah hardisk terdiri atas satu atau lebih piringan-piringan logam yang disusun berlapis-lapis.Dalam HDDterdapat motor penggerak lempengan logam dan read/write head-nya yang berfungsi sebagai penghubung (interface) antara media fisik magnetik (di mana data disimpan)dengan PC.Head bekerja mengubah bit-bit menjadi pulsa magnetik dan menyimpannya dalam platters(pringan hitam).Demikian sebaliknya pada proses membaca.
Platter yang digerakkan oleh motor bergerak sangat cepat,bisa mencapai7.200rpm(85mil/jam)pada sisi luarnya.Kecepatan inilah yang memengaruhi kecepatan membaca dan menulis pada hardisk.Semua komponen dalam hardisk ditutup oleh casing yang kedap debu.hal itu disebabkan permukaan platter sangant sensitif terhadap kotoran seperti debu,rambut,dll yang akan merusak data yang tersimpan di dalamnya.
Selain fixed disk,terdapat juga removable.HDD yang tidak dipasang menyatu pada CPU.Untuk menghubungkannya sekarang sering dipakai USB(Unit Serial Bus).Hal ini sangat menguntungkan karena kita bisa memindahkan data sebesar apapun dengan mudah.Hrdisk memiliki komponen-komponen:piringan logam(platter),head,rangkaian elektronok,rangkaian penguat,DSP,(Digital signal processor),chip memory,konektor,spindle,dan actuator arm motor controller.Hardisk dibentuk berupa cartridge,yang dipasang pada removable rack yang tersambung pada power supply dan kabel data IDE Interface-nya.Hardisk merupakan media penyimpanan yang didisain khusus untuk menyimpan data yang berkapasitas yang besar.Hal ini dilatarbelakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam satu disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi.Tidak hanya itu hardisk juga diharapkan dimbangi dari kecepatan aksesnya kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa,sangat jauh.Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari disket biasa.Bila tanpa harddisk dapat dibayangkan betapa banyak disket yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi.Hal ini tentu saja tidak efisien.Ditambah lagi pembacaan yang sangat lambat bila menggunakan penyimpanan disket konfensional tersebut.
REFRENSI:
1.Buku paket kelas X,penulis Dwi Maryono
2.Buku LKS EKSIS KLAS X
3.http://dedanthea.wordpress.com

X6 33 PRABAWANANDA.S on October 29, 2009 at 3:41 AM said...

Topic : jaringan pada computer
Judul : facebook




Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook.Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis.
Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.



Refence :
1. http://warnetdipo.blogspot.com/2009/02/facebook-adalah-situs-web-jaringan.html
2. buku eksis kelas x
3. buku tigaserangkai

X6 31 I PT NANDHA ANDREANA GUNAWAN on October 29, 2009 at 11:33 PM said...

Perbaikan
Nama I PT NANDHA ANDREANA GUNAWAN
Absen: 31
Tgl: 7 Oktober 2009
jam: 23:55

Lanjutan Isi:
setelah itu penyampaian informasi berkembang melalui gambar .Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh .gambar ini bisa di bawa dan di sampaikan kpd orang lain.selain itu informasi yg ada bertahan lebih lama .Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai saat ini sehingga manusia sekarang dpt mencoba dan memahami informasi yg ingin di sampaikan pembuatnya .
REFRENSI:
LKS TIK EKSIS
GOOGLE.COM
BUKU PAKET

X6 23 FEBRI DWITAYANTHI on October 31, 2009 at 4:46 AM said...

Topic : tips-tips menggunakan jaringan pada computer
Judul : Tips dan Trick mempercepat kinerja Mozilla Firefox
Saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal. Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita, menggunakan openDNS, dan menggunakan Google Web Accelerator. Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Cara pertama yaitu menyetting browser dapat dilakukan oleh pengguna Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Bagi pengguna Internet Explorer klik menu [Tools] [Internet Option], klik tab [General]. Pada opsi “Temperory Internet files”, klik [Settings] lalu Geser slider-nya. Hal itu untuk membuat cache (lokasi penyimpanan sementara) untuk web yang anda buka, sebaliknya disediakan sekitar 5% dari Hard disk.
Bagi pengguna Mozilla Firefox anda dapat mengetikkan “about:config” pada address bar,. setelah itu ubah “network.http.pipelining” dan “network.http.proxy pipelining” menjadi “true”, serta isi “network.http.pipelining.maxrequests” antara 30 –100 ( semakin besar semakin cepat ). Yang terakhir klik kanan dimana saja dan pilih New->Integer , tuliskan “nglayout.initialpaint.delay” lalu isi dengan 0.
Untuk trik kedua, pertama anda harus mendaftar di www.openDNS.com . Setelah itu masuk ke Control Panel dari start menu, pilih network connections lalu pilih koneksi anda dan klik tombol properties. Pada bagian Internet protokol anda bisa pilih TCP/IP dan klik properties. Masukkan angka 208.67.222.222 dan 208.67.220.220 pada opsi DNS dan restart komputer anda.
Setelah melakukan 2 tips di atas sekarang anda pasti akan mendapat kecepatan akses yang lebih kencang. Bagi yang masih belum puas dengan kecepatan aksesnya sekarang dapat menggunakan trik yang ke tiga yaitu Google Web Accelerator. Google Web Accelerator di desain khusus untuk mempercepat akses internet anda, khususnya anda yang menggunakan koneksi broadband (pita lebar) seperti Cable dan DSL. Untuk anda yang menggunakan koneksi lain seperti Dial-up (Telkomnet Instant atau Speedy) maupun satelit atau wave, Google Web Accelerator juga dapat mempercepat aksesnya.
Untuk memakai Google Web Accelerator anda harus memenuhi kriteria antara lain Operating System anda harus Windows XP atau Windows 2000 dan browser anda harus Internet Explorer 5.5+ atau Mozilla Firefox 1.0+. Kalau untuk browser lainnya sebenarnya juga bisa, tetapi anda harus meng-konfigurasi proxy settings dari browser anda dengan menambah 127.0.0.1:9100 pada HTTP. Setelah anda melakukan instalasi, Google Web Accelerator akan menampilkan icon kecil di atas browser anda dan icon tray di pojok bawah layar komputer. Anda dapat mengunduh Google Web Accelerator di http://webaccelerator.google.com
Referensi : 1 http://guntur666.wordpress.com/tips-dan-trick-mempercepat-kinerja-mozilla-firefox/
2 buku eksis kelas x
3 http://webaccelerator.google.com

Jabon on July 20, 2010 at 8:23 AM said...

mari kita coba

Yang mau donasi, silahkan disini ....

Bagi para donatur yang ingin melakukan donasi ke webblog ini, silahkan klik tombol Donate. Atau pilih jenis donasi yang lainnya....

Entri Populer

Daftar Pay Per View (PPV / CPM) disini dapatkan penghasilan $2 s/d $4 per CPM

Get paid To Promote at any Location

All Post

Antivirus - Avira/Antivir - Dowload Master (1) Antivirus - Avira/Antivir - Update Manual (1) Antivirus - Kaspersky - Download Update (1) Antivirus - Smadav (1) AP01 - Dasar-Dasar Adobe Photoshop (13) AP02 - Free Download Brush (3) AP04 - Efek Teks (1) AP05 - Kreasi Foto (5) AP07 - Download Frame / Bingkai Foto (40) AP08 - Wallpaper (4) AP09 - Kartu Ucapan (5) AP10 - Desainku (11) AP11 - Gallery Photo (1) Aplikasi lucu (2) Artikel Internet (3) Download Tutorial (6) Email Gmail (1) Email Yahoo (1) Forum Diskusi (6) Game Facebook (1) Game Online - IKARIAM (1) Game Pokemon Emerald GBA (11) Games - Farm Frenzy Pizza Party (1) Games - GBA - Map Pokemon Leaf Green (6) Games - Mini Flash - Packman (1) Games - Mini Flash - Play Aim Fire Game (1) Games Online (11) Games Online - Naruto Arena (1) Games Online - Pokemon Black (1) Games Online - Pokemon TPPCRPG (1) Games Online - Thecrims (1) Games Online - Travian (7) Games Online - www.pokemonbattlearena.net (1) Games Online LORDS OF WAR ANE MONEY (19) Internet (1) Karya Anak Design Grafish (Extra Desain) (3) Kata Kata Mutiara untuk Motivasi (1) Kesehatan - Bahaya zat kimia (2) Kesehatan - Rokok (3) Kesehatan - Test Buta Warna (7) Lain-lain (2) Link Site Bagus (2) Lirik Lagu - Indonesai - Armanda (1) Lirik Lagu - Indonesai - BCL (1) Lirik Lagu - Indonesai - DMasiv (1) Lirik Lagu - Indonesai - Geisha (1) Lirik Lagu - Indonesai - Gita Gutawa (1) Lirik Lagu - Indonesai - Kotak (1) Lirik Lagu - Indonesai - Nindy (1) Lirik Lagu - Indonesai - SHE (4) Lirik Lagu - Indonesai - Warteg Boys (1) LordWM 04 Battle (3) Map Game Pokemon Emerald GBA (11) Pemrograman (2) Perbaikan (1) Perjalanan dan Objek Wisata (1) Pertanyaan Seputar TIK (1) Ramalan - Kecocokan Pasangan (1) Ramalan - Watak Manusia (2) SMA - Kelas X - Materi TIK (6) SMA - Kelas X - Remidi (1) SMA - Kelas X - Tugas (8) SMA - Kelas X - Tugas Extra Pascal (5) Software - Browser - Mozila Firefox (3) Software - Downloader - Orbit (3) Software - Multimedia - K-Lite Mega Codec (1) Software - WinRAR (1) Tugas Desain Grafis (2) Tutorial (4) Tutorial - Adobe Photoshop (18) Tutorial - Macromedia Flash (4) Tutorial - Microsoft Word (3) Tutorial - Microsoft Word 2007 (2) Tutorial - WinRar (1) Tutorial Blogger (8) Tutorial Blogger - AdsenseCamp (3) Tutorial Delphi (4) Tutorial Facebook (2) Tutorial Microsoft Office PowerPoint 2007 (3) Tutorial Microsoft Office Word 2007 (1) Uang Gratis (4) Uang Gratis - Adsense Camp (3) Uang Gratis - Paid per View (CPM/PPV) (5) Uang Gratis - Pay Per Click or CPM - Iklan (2) Uang Gratis - Paypal (1) Uang Gratis - Ziddu (1) Ucapan Hari Raya / Peringatan (1) ucapan hari raya nyepi (2) Upload File (1) Website (2) website-Alexa Site Info (1)
 

FeedBurner FeedCount

Followers

Full Tutorial 's Fan Box

* Tutorial * on Facebook
Full Tutorial Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template