Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Wednesday, October 7, 2009

Tugas Artikel Untuk Kls X5 SMA N 8

Silahkan kumpulkan tugas artikelnya disini, artikelnya topiknya bebas. Sebelum dikumpulkan liat tugas yang lebih dahulu dikumpulkan, jika sama cari pokok bahasan yang lainnya. Tidak boleh ada yang sama. Artikel boleh dicari atau dibuat sendiri. Jika menjiplak isi referensinya. (Tugas paling lambat dikumpul hari minggu setelah libur kuningan, Jika melebihi jangka waktu tugas tidak dinilai).

Catatan:
Jangan memakai tanda baca selain ( . , ) " " : ; agar pengiriman tugasnya bisa dilakukan. Jika tidak bisa terkirim perhatikan tanda baca yang digunakan.

55 comments:

X5 23 I GUSTI PUTU ERIK KUSUMA PUTRA said...

Topik:Bagian-Bagian Komputer
Judul:CPU(Central processing unit)

CPU adalah perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak.
PERANGKAT CPU
Perangkat CPU terbagi menjadi beberapa macam,yaitu sebagai berikut
Unit Control
Yang mampu mengatur jalannya program.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya.CU mengambil instruksi-instruksi dari system memory dan menerjemahkannya.karena fungsinya tersebut,CUdisebut sebagai otak dari otak komputer.
Internal Memory/Main Memory
Berfungsi untuk menyimpan data,baik hasil operasi atau untuk dioperasikan.
Internal memory merupakan memory yang terdapat di dalam CPU.Internal Memory sering disebut juga internal storage atau primary storage(penyimpanan primer),selanjutnya cukup disebut dengan memori saja.memori diakses oleh CPU secara langsung tanpa menggunakan channel input atau output(I/O).Memori digunakn untuk menyimpan semua data yang akan diproses maupun hasil pemrosesan komputer.
Register
Merupakan alat penyimpAnan kecil yang mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi,yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses.Memori ini bersifat sementara,biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.
ALU(Arithmatic Logical Unit)
Alu bertugas untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan.Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika(matematika)yang terjadi dengan instruksi program.Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika.
CPU Innerconections sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU,YAITU ALU,Unit Contol dan register-register dan juga dgn bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama,piranti masukan/keluaran.
CARA KERJA CPU
Saat data/instruksi dimasukkan ke processing device,pertama sekali diletakkan di RAM(Melalui Input Storage)Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh control unit di Program-Storage,namun apabila berbentuk data di tampung di Working-Storage) jika register siap untuk menerim pengerjaan eksekusi,maka contol Unit akan mengambil instruksi dari Control unit Working Storage untuk ditampung di General-purpose.Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika,maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.Hasilnya ditampung di Accumulator untuk ditampung kembali di Working-Storage.Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai,maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-Storage ke Output-Stroge.Lalu dari Output-Storage.hasil pengolahan akan ditampilkan ke output device.
FUNGSI CPU
CPU berfungsi seperti kalkulator,hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya.Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras seperti papan ketik,tuas kontrol,maupun tetikus.CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer.Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPUdengan membacanya dari media penyimpanan seperti cakram keras,disket,cakram padat,maupun pita perekam.

REFRENSI
1.BUKU EKSIS KLAS X
2.http://id.wilkpedia.org/wiki/CPU
3.Architecture of the IBM system

X5 06 NI PUTU ASTRI PRADNYANDARI on October 12, 2009 at 12:42 AM said...

Topik : sistem operasi
Judul : Linux

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/) adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun. Linux adalah sistem operasi bebas yang sangat populer untuk komputer.
Linux juga merupakan salah satu sistem operasi yang model pengembangannya bersifat open source. Open Source merupakan suatu model pengembangan perangkat lunak yang kode-kode pembuat programnya (source code) dibuka untuk umum sehingga dibebaskan untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan software tersebut tanpa biaya lisensi.
Kernel linux pada mulanya ditulis sebagai proyek hobi oleh pelajar universitas,Finland Linux Torvalds, yang belajar di universitas Helsinki untuk membuat kernel Minix yang gratis dan dapat di edit. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox), dan telepon genggam. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.
Jenis linux/distro linux : Redhat (dari Amerika), Mandriva (dari Prancis&Amerika), Suse (dari Jerman),ubuntu,slakware,dll. Winbi, Igos, Pacer, Komura, Kuliax, Blankon dan Linux merupakan distro linux yang dikembangkan oleh orang Indonesia.
Sistem operasi Unix dikembangkan dan diimplementasikan pada tahun 1960-an dan pertama kali dirilis pada 1970. Faktor ketersediaannya dan kompatibilitasnya yang tinggi menyebabkannya dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi secara luas oleh institusi-institusi akademis dan pada pebisnis.
Instalasi
Instalasi Linux juga merupakan instalasi berupa suite, yaitu dimana penginstalasian tersebut secara otomatis menginstalasi program-program standar, seperti pemutar MP3, Office Suite, dan pengolah gambar.

Refrensi :
1. http.//id.wikipedia.org/wiki/Linux
2. Buku EKSIS
3. Buku paket Teknologi Informasi dan Komunikasi 1

X5 45 Komang Sri Murtini on October 12, 2009 at 12:58 AM said...

Topik : Penggunaan dasar computer
Judul : Macam-macam port computer.
Port adalah gerbang yg menghubungkan komputer dengan berbagai peralatan (periperal). Masing-masing periperal mempunyai port tertentu sehingga harus ditancapkan ke komputer sesuai dengan portnya. Port yg paling banyak dipakai untuk berbagai periperal adalah USB (Universal Serial Bus). Keyboard, mouse, printer dulunya mempunyai port khusus. Namun sekarang semuanya menyediakan port USB. Versi yg umum adalah USB 2.0 dan saat ini sudah muncul generasi USB 3.0 yg lebih cepat meski strukturnya berbeda.
Kenali jenis port dan posisinya sebelum mencolokkannya ke komputer. Kalau salah colok membuat perangkat tidak bisa tersambung atau malah rusak karena putusnya kaki-kaki pin.
Untuk mengatasi perbedaan port sekarang telah disediakan connector antar port yg berbeda. Contohnya gambar di atas adalah serial port diubah ke port USB.
Ada juga cara lain untuk mengkoneksi perangkat ke komputer yaitu dengan perangkat wireless atau tanpa kabel. Biasanya yg paling sering digunakan adalah jenis Bluetooth. Kamera, webcam, handphone dan berbagai perangkat lain (konon Printer dan LCD projector jg sudah) sudah dapat terkoneksi mengunkan perangkat bluetooth ini.
1. Port serial, port ini memiliki sembilan pin yang digunakan untuk menghubungkan mouse, joystick dan modem eksternal. Port serial bekerja dengan mengirim data 1 bit pada satu saat melalui kabel tunggal.
2. Port parallel, port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port parallel. Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel. Termasuk dalam port paralel adalah port penghubung printer, modem, dan port penghubung disk drive.
3. PS / 2, port ini disebut dengan port serial type 2 yang digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. Untuk port keyboard berwarna biru dan untuk port mouse berwarna hijau.
4. USB (Universal Serial Bus), Port ini merupakan port multi fungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat atau feriperal lainnya seperti mouse, keyboard, modem, card wireless, dan lain sebagainya. Port USB merupakan pengembangan dari port serial. Saat ini, port usb paling populer digunakan, misalnya untuk flash disk, harddisk eksternal, mouse, keyboard. Kelebihan dari port USB adalah kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer, sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play. USB ini dirancang tidak tergantung pada ekspansion slot, dan USB yang dipasang tidak perlu melakukan booting ulang komputer. Selain itu, USB juga mendukung arsitektur daisy-chain ganda, yaitu penggunaan USB hub. Sebuah USB hub dapat menampung banyak device USB. Jumlah tingkat atau level USB hub yang tersusun maksimal 5 tingkat, sedangkan jumlah USB device yang dapat terkoneksi ke sebuah kontroler USB maksimal 127 buah. Untuk memasang port-port komputer tersebut, sebaiknya komputer dalam keadaan mati untuk menghindari kerusakan pada CPU maupun perangkat lainnya, dengan posisi yang tepat, dan tidak terbalik.
5. Port VGA/AGP. Port ini merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor.port VGA/AGP didapat dari pemasangan yang menggunakan VGA/AGP card secara onboard pada mother board.
6. Port Audio. Port ini yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio,speaker,microphone,dll.
7. Port LAN.port ini yang berhubungan dengan jaringan computer melalui konektor RJ45. port ini digunakan untuk memghubungkan satu computer dengan computer yang lain.
8. port Modem. Port ini merupakan port yang digunakan untuk koneksi internet melalui line telepon.port modem ini dihubungkan ke line telepon melalui konektor RJ11.
REFRENSI:http://rudihd.wordpress.com/2007/03/22/port-komputer/
lks
http://arsipcyber.blogspot.com/2009/09/port-pada-komputer.html

X5 20 Putu Diah Arya Purnama Dewi on October 12, 2009 at 1:13 AM said...

Topik:Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Judul:Posisi duduk dengan jarak pandang dengan monitor yang benar beserta manfaatnya.
Untuk mengatasi masalah kesehatan yang timbul karena kesalahan posisi kita dalam bekerja , posisi meja kerja yang tidak benar, gerakkan berulang pada satu bagian tubuh tertentu dan posisi duduk yang lama dan menetap, maka perhatikanlah hal-hal berikut ini:
1.Gunakan tempat duduk yang ada sandarannya, posisi kepala tidak terlalu menengadah sehingga pandangan sejajar dengan monitor.
2.Jarak pandag yang baik antara mata dan monitor adalah 46-47 cm.
3.Upayakan posisi monitor 2-3 inches (5-8 cm) di atas pandangan.
4.Atur pencahayaan monitor (hindari sinar yang menyilaukan).
5.Gunaka screen filter pada monitor untuk mengurangi radiasi.
6.Letakkan monitor dan keyboard lurus dengan pandangan.
7.Penempatan mouse dan keyboard harus sesuai dengan jangkauan tangan.
8.Upayakan lengan dan siku dalam keadaan rileks dan berada di samping badan.
9.Usahakan kaki berpijak pada lantai atau pijakan pada meja komputer dengan nyaman.
10.Gunakan meja komputer yang stabil (tidak ada goncangan).
11.Cukupkan istirahat sejenak untuk melepas lelah.
Manfaat posisi duduk dan jarak pandang dengan monitor yang benar adalah :
1.Dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja.
2.Dapat menghindari penyakit seperti di bawah ini :
Mata cepat lelah
Sakit Kepala
Mata sakit
Kemampuan fokus mata menjadi lemah
Gangguan lengan dan telapak tangan
Leher terasa tegang
Badan terasa pegal
Nyeri di sekujur tangan
Nyeri di bagian paha dan betis
dll
Refrensi :
1.Maryono,Dwi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi, SMA Kelas X. Tiga Serangkai
2.Buku Ajar EKSIS Teknologi Informasi dan Telekomunikasi
3.Power Point Pak Kadek Yartono

X5 15 PUTU CINDY ARISTA on October 12, 2009 at 1:44 AM said...

TOPIK :Etika dan Moral dalam Menggunakan Teknologi Informasi dan
Komunikasi
jUDUL :Undang-undang Hak Cipta dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)
Dalam dunia Teknologi Informasi (atau IT/Information Technology), masalah yang berhubungan dengan etika dan hukum bermunculan, mulai dari penipuan, pelanggaran, pembobolan informasi rahasia, persaingan curang sampai kejahatan yang sifatnya pidana sudah sering terjadi tanpa dapat diselesaikan secara memuaskan melalui hukum dan prosedur penyidikan yang ada saat ini, mengingat kurangnya landasan hukum yang dapat
diterapkan untuk perbuatan hukum yang spesifik tersebut seperti pembuktian dan alat bukti. Terdapat dua jenis peraturan, yaitu peraturan tidak tertulis berupa norma yang berlaku, dan peraturan tertulis berupa perundang-undangan yang secara resmi disahkan oleh suatu lembaga yang berwenang. Norma yang berlaku sebenarnya tidak ada kepastian secara
hukum, namun masyarakatlah yang dapat menilai apakah prilaku seseorang sesuai dengan norma atau tidak. Sedangkan undang-undang jelas mengatur apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan. Begitu pula dalam teknologi informasi, terdapat norma yang membatasi seseorang dalam menghadapi teknologi ini berupa etika dan moral, dan terdapat pula hukum dan perundang-undangan yang mengatur dengan jelas apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Undang-undang Hak Cipta dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI)
Di awal pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri telah disahkan dua buah undangundang, yaitu tentang Paten dan Merek pada tahun 2001 yang telah disahkan pada tanggal 1 Agustus 2001. Kemudian pada tanggal 29 Juli 2002 kembali disahkan Undang-undang mengenai Hak Cipta. Dengan demikian, Undang-undang Perlindungan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) meliputi UU RI No. 14 Tahun 2001 tentang Paten, UU RI No. 15 Tahun 2001 tentang Merek, dan UU RI No. 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta. Semua perundang-undangan tersebut ditujukan untuk melindungi hak atas kekayaan intelektual. Pada materi kali ini akan dikhususkan pada pembahasan mengenai Undangundang
Hak Cipta dalam menghadapi teknologi informasi. Perlindungan Hak Cipta tidak diberikan kepada ide atau gagasan karena karya cipta harus
memiliki bentuk yang khas, bersifat pribadi dan menunjukkan keaslian sebagai Ciptaan yang lahir berdasarkan kemampuan, kreativitas, atau keahlian sehingga Ciptaan itu dapat dilihat, dibaca, dan didengar.
Undang-undang No. 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta terdiri, dari 15 bab, 78 pasal.
Adapun inti dari tiap bab, antara lain:
Bab I : Ketentuan Umum
Bab II : Lingkup Hak Cipta
Bab III : Masa Berlaku Hak Cipta
Bab IV : Pendaftaran Ciptaan
Bab V : Lisensi
Bab VI : Dewan Hak Cipta
Bab VII : Hak Terkait
Bab VIII : Pengelolaan Hak Cipta
Bab IX : Biaya
Bab X : Penyelesaian Sengketa
Bab XI : Penetapan Sementara Pengadilan
Bab XII : Penyidikan
Bab XIII : Ketentuan Pidana
Bab XIV : Ketentuan Peralihan
Bab XV : Ketentuan Penutup


Referensi :
1.http://www.google.com/search?client=safari&rls=en&q=PERANGKAT%20TEKNOLOGI%20KOMUNIKASI&ie=UTF-8&oe=UTF-8
2.http://www.snapdrive.net/files/517548/1_Pengantar_komputer.pdf

X5 45 WISNU ADIPUTRA C said...

TOPIK : ABOUT BLOG
JUDUL : BLOG BRANDING DAN PERSONAL BRANDING

istilah blog/site branding dan personal branding sebenarnya saya comot dari ebook john cow yang berjudul how to build a business not just a blog pada bab updating about us page...

1. berbicara tentang personal:
jika anda tertarik untuk membangung pribadi anda sebagai seorang ahli di bidang yang anda kuasai maka about us page merupakan tempat yang paling pas untuk menjelaskannya secara singkat.
jelaskan: mengapa anda membuat blog ini untuk tujuan apa dan mengapa anda pantas menjadi narasumber ahli dalam bidang ini. bisa ditambahkan dengan data pribadi seperti darimana asal anda dan juga foto anda yang keren tentunya.
biasanya menggunakan nama pribadi sebagai subdominan.

2. berbicara tentang situs: jika anda tidak tertarik untuk ngetop sebagai orang ahli dalam bidang tertentu (personal branding), namun beralih untuk dapat fokus pada blog secara langsung. tidak ada salahnya anda pajang foto anda yang cool di sini.
di halaman ini, anda hanya fokus pada blog saja, yaitu: untuk apa blog dibuat , mau dikemanain, apa yang pembaca harapkan dari blog anda dan mengapa blog anda menjadi sumber informasi yang harus dicari. biasanya menggunakan kata kunci sebagai sub, misalnya: carabuatblog.com, belajarinternet.com,bisnisinternet.com,tutorialbikinblog.com dll.

namun ada juga blog yang berisi tutorial tetapi subdomainya namanya sendiri karena mungkin bertujuan ingin menjelaskan bahwa dia ahli dalam bidang tutorial. atau karena kata kunci untuk bidang tertentu sudah digunakan oleh orang lain dan terpaksa memakai nama sendiri sebagai subdomain.

di halaman about inilah sebenarnya merupakan kesimpulan atau your blog in brief yang menjelaskan keseluruhan tujuan dan isi blog anda.

semoga penjelasan yang singkat ini bermanfaat untuk memperluas pandangan kita dan anda boleh tidak setuju dengan pendapat saya... atau mungkin anda menambahkan....

singkat padat dan jelas ^_^

X5 21 Ni Putu Diah Mutiara Yanti on October 12, 2009 at 6:31 AM said...

TOPIK : TEKNOLOGI TELEKOMUNIKASI
JUDUL : PERALATAN TEKNOLOGI KMOMUNIKASI
Dlam kehidupan sehari-hari tentu kita sering melakukan komunikasi. baik secara jarak jauh maupun berhadap-hadapan.agar lebih memahami pengertian teknologi informasi dan komunikasi, pahami pula tentang perkembangan informasi komunikasi itu sendiri.peralatan komunikasi adalah peralatan yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain yang berada jauh dari kita. contohnya telepon, radio, televisi,dan handpone. peralatan-peralatan tersebut menyampaikan informasi berupa suara atau gambar dengan cara yang berbeda-beda. Telekomunikasi terdiri dari dua kata "Tele" dan "komunikasi". Tele berarti jauh dan komunikasi artinya berhubungan atau saling tukar informasi antar dua pihak. jadi telekomunikasi bisa diartikan pertukaran informasi antar dua pihak, pihak pengirim dan pihak penerima, dimana terdapat jarak diantara keduanya. jadi kalau anda sedang berbincang langsung dengan rekan anda secara hadap-hadapan maka itu bukan termasuk telekomunikasi meskipun saat terjadi percakapan tersebut melalui media handpone.
1.Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata "Tele"(jauh)"vision"(tampak). jadi televisi adalah tampak atau dapat melihat jarak jauh. Penemuan televisi disejajarkan dengan penemuan roda, karena penemuan ini mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tidak formal disebut dengan TV, tivi,teve atau tipi.

2.Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan radiasi elektromagnetik (gelombang elektromagnetik). gelombang ini melintas dan merambat lewat udara dan bisa juga merambat lewat ruang angkasa yang hampa udara, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkut (seperti molekul uadara).

3. Telepon 'tele'(jauh)phone berarti suara. jadi telepon adalah alat yang bisa mengirim suara memalui sinyal listrik. sebuah perangkat yang terdiri dari enam bagian utama. Gagang,dialing circuit (DTMF Tore or Rotary), bel, mikropon,speaker (perangkat untuk mendengarkan), dan kabel penghubung gagang dengan badan utama. perangkat ini biasanya digunakan untuk berkomunikasi antar jarak yang berjauhan.

REFRENSI
1.Buku eksis kls X
2.Buku paket teknologi informasi kls X
3.Http://www.google.co.id/search

X5 30 IGA Intan Sandrina Ratnasari on October 12, 2009 at 6:38 PM said...

Topik : Perangkat Lunak Aplikasi
Judul : Sistem Operasi

Sistem Operasi merupakan Software yang paling penting dari sebuah komputer karena tanpa sistem operasi komputer tidak akan dapat bekerja. Sistem operasi bertugas untuk melakukan kontrol dan manjemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti progam-progam pengolah kata dan browser web. Sistem operasi ini bekerja secara background (tidak tampil di layar komputer). Meski begitu peranannya sangat penting pada sebuah komputer. Beberapa sistem operasi yang sekarang banyak diminati oleh masyarakat dunia:

1. Micrisoft Windows
Windows merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft. Contoh: Windows95, Windows98, WindowsXP, WindowsNT, WindowsME, Windows2000, Windows2003 Server, Windows Vista.

2. Linux
Linux merupakan sistem operasi yang pengembangannya bersifat Open Source. Open Source merupakan suatu model pengembangan perangkat lunak yang kode-kode pembuat programnya (source code) dibuka untuk umum sehingga siapapun bebas untuk menyalin, memodifikasi, dan mendistribusikan software tersebut tanpa biaya lisensi. Contoh: RedHat, Mandriva, Suse, Ubuntu, Blankon, Linux, Kuliax, Komura, dll.

3. Macintosh
Macintosh merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusaan Apple. Sistem operasi ini hanya bisa dijalankan pada hardware komputer yang dikembangkan oleh perusahaan Apple. Sehingga software dan Hardwarenya menjadi satu paket yang tidak terpisahkan. Sistem operasi ini biasanya digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan desain grafis sperti setting pada percetakan. Contoh: Mac OS X versi 10.4 (tiger) dan Mac OS versi 10.5 (leopard).

Referensi:
1. Buku TIK kelas x SMA dan MA
2. Buku Eksis TIK untuk SMA
3. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

X5 19 Ni Luh Putu Desi Armilawati on October 12, 2009 at 7:22 PM said...

topik : Perangkat Lunak Aplikasi
JUDUL : Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yana terpasang pada computer sehingga masing-masing dapat berkomunikasi.
Fungsi utama sistem operasi adalah :
a. Penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software,
b. Menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersama dengan lancer,
c. Menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori melalui input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file,
d. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.

Ketika computer pertama kali dinyalakan, sistem operasilah yang pertama kali diletakkan kepada memori, mengelola instruksi, kemudian memungkinkan software aplikasi bekerja. Sistem operasi juga dapat melindungi data terhadap kemungkinan diakses oleh pengguna lain.
Saat ini, sistem OS yang beredar di pasaran antara lain :
• PC DOS dan MS DOS merupakan sistem operasi produk dari IBM Corp dan Microsoft Corp yang digunakan untuk computer mikro.
• System Operasi UCSD p-system yang digunakan untuk menunjang UCSD Pascal.
• System operasi UNIX yang dibentuk dari bahasa C yang diperkenankan untuk komputer jaringan khusus. UNIX diproduksi AT & T Bell Laboratory. Sistem operasi yang memiliki kemiripan dengan UNIX adalah XENIC produk dari Microsoft Corp.
• CCP/M-86 merupakan sistem operasi dengan fasilitas yang canggih karena pada sistem ini dapat dipakai password untuk setiap file, fasilitas window, dan kemampuan untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan.
• Sistem operasi CP/M-86 yang merupakan perbaikan dari sistem operasi CP/M 80 yang dipakai pada komputer APPLE.
• Sistem operasi LINUX yang diproduksi untuk menunjang LINUX.

referensi:
1. buku paket mahir menggunakan TIK dan microsoft Word
2. buku paket TIK kls X
3. BUKU PAKET teknologi Informasi dan Komunikasi Jilid 1 kelas X SMA

X5 05 I Gede Arya Putra Perdana on October 15, 2009 at 11:17 PM said...

Topik : Perangkat Komputer
Judul : Perangkat Lunak

Perangkat lunak, peranti lunak, atau piranti lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai 'penterjemah' perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi 3 tingkatan:
1. tingkatan program aplikasi (application program misalnya Microsoft Office),
2. tingkatan sistem operasi (operating system misalnya Microsoft Windows),
3. tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).

Perangkat lunak adalah program komputer yang isi instruksinya dapat diubah dengan mudah. Perangkat lunak umumnya digunakan untuk mengontrol perangkat keras (yang sering disebut sebagai device driver), melakukan proses perhitungan, berinteraksi dengan perangkat lunak yang lebih mendasar lainnya (seperti sistem operasi, dan bahasa pemrograman), dan lain-lain.

Referensi :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
2. Buku Paket TIK Kelas X
3. Buku EKSIS TIK Kelas X

X5 03 Made Ana Wirastuti on October 15, 2009 at 11:25 PM said...

Topik : Perangkat Komputer
Judul : Perangkat Keras

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
• Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
o RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
o Buses:
 Bus PCI
 Bus ISA
 USB
 AGP
o ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
o CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
• Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan kipas
• Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk (atas-papan) atau di kartu tambahan
• Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
• Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
• Beberapa jenis penyimpanan komputer:
o CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
 CD-ROM
 CD-RW
 CD-R
o DVD
 DVD-ROM
 DVD-RW
 DVD-R
o Floppy disk
• Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
o Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
o Disk array controller
• Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
• Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya.
o Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
o Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.
• Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
• Input
o Keyboard
o Alat penunjuk
 Mouse
 Trackball
o Joystick
o Gamepad
o Scanner gambar
o Webcam
o Tablet Grafis
• Output
o Printer
o Speaker
o Monitor
• Jaringan/Networking
o Modem
o kartu network

Referensi :
1. http://id.wikibooks.org/wiki/Perangkat_keras
2. http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras
3. Buku Paket TIK kelas x untuk SMA

X5 24 Ni Kd Gita Suryaning Asri on October 17, 2009 at 2:23 AM said...

Topik: Komponen dan Pariferal KomputerJudul : Perangkat Masukan dan Perangkat Keluaran Komputer
1.put device adalah perangkat yang memberikan sinyal masukkan (sinyal input dari maintainance input) kepada sistem komputer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen,
• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.
Bagian-bagian perangkat masukan(input device):
a. Keyboardmerupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.QWERTY
2.DVORAK
3.KLOCKENBERG
b.Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).
c.TouchpadUnit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d.Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
e.Joy Stick dan Games PaddleAlat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f.Barcodetermasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.
g Scanneradalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer.
h.Kamera DigitalPerkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner.
i.Mikropon dan HeadphoneUnit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
j.Graphics Pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendahKedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Output device adalah
Bagian-bagian perangkat keluaran(output device):
1.nitor
2.inter atau pencetak
Refrensi:
1.http://rudihd.wordpress.com/2007/05/21/perangkat-keras-komputer-input-device/
2.wikipedia
3.http://www.total.or.id/info.php?kk=output

x5 04 made ari prabasiwi on October 17, 2009 at 7:46 PM said...

Topik : Perangkat Lunak Aplikasi
Judul : Sistem Operasi

Dalam Ilmu Komputer ,Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian:
1.Mekanisme boot, meletakkan kernel ke dalam memory
2.Kernel , yaitu inti dari sebuah Sistem Operasi
3.Command Interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna
4.Pustaka-pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain
5.Driver untuk berinteraksi dengan hardware eksternal, sekaligus untuk mengontrol mereka.
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1.Keluarga Microsoft Windows (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014)).
2.Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3.Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).


Referensi :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
2. Buku Paket kls X
3. Buku eksis kls X

X5 34 Ni Putu Meilani Wulandari on October 17, 2009 at 10:15 PM said...

TOPIK : PROGRAM APLIKASI
JUDUL: MULTIMEDIA

a. Definisi Multimedia
Multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, video, audio, dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepeda kita untuk mengumpul, memproses dan mengkomunikasi informasi dan ide kita sendiri.

b. Contoh program multimedia
Salah satu yang biasa kita kenal adalah winamp dan xmms (linux). Winamp adalah software, untuk mendengarkan musik yang sangat akurat. software ini mendukung WAV, audiosoft, MOD, dan format audio lainnya. Di dalamnya juga terdapat editor daftar software dan equalizer grafis 10-band.
Program multimedia lain yaitu jet audio dan Kaffeine(linux). Jet audio adalah salah satu software pemutar audio dan video. Tidak jauh beda dengan music player seperti winamp. Jet audio mendukung banyak format, seperti WAV,MP3,MP3pro,OGG, WMA, MPG, AVI, WMV, MIDI, RM dan video, and audio CD. Kemudian dengan tampilan yang menarik (tersedia dalam banyak skins. Jet audio juga baik dalam mengatur playlist, management album, mengedit tag MP3 dan juga internet broadcasting. Equalizer yang tersedia pada jet audio juga bagus. Dan masih banyak lagi feature yang ada pada software satu ini.
Program multimedia lainnya yaitu real player(windows dan linux). Real player adalah produk pertama yang mengintegrasikan teknologi revolusioner Real's Harmony baru. Real player memungkinkan konumen untuk membeli dan men-download musik yang diputar lebih dari 100 perangkat portabel, termasuk Apple iPod. Real player adalah satu-satunya digital media player yang dibutuhkan untuk mencari dan men-download musik baru, bermain, mengelola audio dan klip video, serta hiburan digital.

c. Unsur-Unsur Multimedia
Unsur-unsur pendukung dalam multimedia antara lain:
1. Teks
Unsur multimedia yang paling mudah disimpan dan kendalikan adalah teks. Secara umum ada empat macam teks , yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronil dan hyperteks.
2. Grafik
Secara umum ada lima macam grafik , yaitu gambar vektor ( vector image ), gambar bitmap (bitmap image),clip art,digitized picture dan hyperpicture.
3. Bunyi atau Sound
Komputer multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan multimedia.Bunyi atau sound dapat kita tambahkan dalam produksi multimedia melalui suara, musik, dan efek-efek suara. Beberapa jenis objek bunyi yang biasa digunakan dalam multimedia yaitu format waveform audio, compact disk audio, MIDI Sound track dan MP3.
4. Video
Terdapat dua macam video yaitu video analog dan video digital. Video analog dibentuk dari deretan sinyal elektrik (sinyal analog)yang direkam olek kamera dan dipancarluaskan melalui gelombang udara. sedangkan video digital dibentuk oleh deretan sinyal digital yang berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai maksimum atau minimum.
5. Animasi
Animasi merupakan penggunaan komputer untuk menciptakan gerak pada layar. ada sembilan macam animasi yaitu animasi frame, animasi sel, animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline, animasi vector, animasi karakter, animasi computational dan morphing.


Referensi:
1. Buku Eksis kelas X
2. http://gema.sabda.org/winamp
3. http://id.wikipedia.org/wiki/multimedia
4. http://siaf-aceh.com
5. http;//www.d6opc.com/2008/10/22/jet-audio-717-music.player/

X5 49 I Gusti Ngurah Yatra Pratistha on October 18, 2009 at 1:03 AM said...

Topik : Menggunakan Komputer Secara Benar
Judul : Penataan Komputer

Komputer harus diatur atau ditata sedemikian rupa sehingga aman bagi penggunanya serta awet peralatannya. Oleh karena itu, sebelum mengoperasikan komputer perhatikan terlebih dahulu beberapa penjelasan berikut ini :

1. Letakan komputer pada tempat yang terlindungi dengan baik, tempatkan pada tempat yang tidak terjangkau anak-anak, tidak di tempat yang lembap atau ruangan yang bocor ketika hujan dan hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan komputer kamu.
2. Kabel power yang terhubung ke komputer harus dalam kondisi baik dan tidak terkelupas sehingga tidak menimbulkan kejutan listrik.
3. Gunakan stabilizer atau AVR untuk menjaga atau menstabilkan agar tegangan listrik yang masuk ke komputer tetap stabil.
4. jangan menutup lubang ventilasi yang ada pada komputer unit maupun monitor agar panas yang dihasilkan bisa dilepas dengan baik.
5. sebaiknya tidak makan atau minum di ruangan komputer. minuman yang tumpah akan merusak komputer kamu, sedangkan sisa makanan akan mengundang tikus atau serangga yang bisa menggigit kabel dan merusak komponen komputermu.
6. kalau tidak ada ruangan ber-AC, minimal kamu sediakan kipas angin agar suhu tetap terjaga.
dengan tips-tips tersebut kamu akan dapat merawat dan menjaga komputermu dengan lebih baik. selamat mencoba.

referensi :
1. http://www.google.com
2. buku tiga serangkai triyadi TIK
3. http://www.wikipedia.com

X5 13 BOBIE CHRIESNA KURNIAWAN on October 18, 2009 at 9:47 PM said...

TOPIK:
PERANGKAT KERAS dan LUNAK KOMPUTER
JUDUL:
MERAWAT PERANGKAT KERAS dan LUNAK pada KOMPUTER
ISI:
MERAWAT PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Perangkat keras dari sebuah komputer sangat menentukan kinerja dari komputer itu sendiri. Tidak sedikit dari kita yang menyepelekan hal ini, dan tidak merawat hardware-hardware tersebut dengan baik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk merawat perangkat keras komputer :
• Sebisa mungkin tegangan listrik yang dikonsumsi komputer harus stabil. Tegangan listrik yang terlalu rendah dan terlalu tinggi dua-duanya merusak perangkat keras komputer. Oleh karena itu gunakanlah Stabilizer dan UPS untuk menjaga hal tersebut.
• Hidup matikan komputer sesuai prosedur. Jangan sekali-sekali langsung mencabut kabel listrik komputer pada saat komputer sedang beroperasi, syarat ini juga mutlak berlaku untuk komputer “hang” sekalipun. Tindakan ini sangat berbahaya bagi kestabilan Power Suply komputer.
• Komputer harus terhindar dari sengatan matahari secara langsung.
• Jangan menaruh gelas/wadah lainnya yang berisi air demi menghindari siraman air terhadap perangkat keras.
• Hindari menempatkan peralatan yang bersifat/dapat menimbulkan magnet di sekitar komputer, karena ini akan mengacaukan monitor dan dapat merusak perangkat keras internal unit CPU.
• Secara berkala bersihkan bagian komputer dari debu yang melekat dengan menggunakan kuas cat, lap halus dan alat penyemprot udara.
• Secara keseluruhan bersihkan permukaan Mainboard dengan kuas untuk menghilangkan debu. Terutama pada bagian socket memory karena jika socket ini kotor/berdebu maka memory tidak akan bekerja maksimal.
• Bersihkan heatsink dan fan cooler CPU dengan kuas halus .
• Buka memory RAM dengan hati-hati dan bersihkan dengan lap halus terutama pada bagian kakinya.
• Bersihkan semua port eksternal yang ada pada Mainboard, terutama port USB.
• Bersihkan dengan menggunakan kuas halus bagian permukaan Keyboard.
• Buka Power Suply dengan obeng dan persihkan dengan hati-hati
• Jika anda menggunakan VGA card ad on bersihkan terutama pada bagian heat sink dari debu
Catatan:
• Sebaiknya anda hati-hati membuka perangkat keras terutama memory dan Precessor
• Jika anda ragu, cukup membuka penutup samping saja lalu mulai bersihkan

MERAWAT PERANGKAT LUNAK
Merawat perangkat Lunak dapat menggunakan aplikasi cleaner seperti CCleaner secara berkala.
• defrag hard disk setidaknya 2 bulan sekali. *
Caranya:
-pada explorer, icon my computer klik kanan.
-lalu klik manage. masuk ke disk defragmenter.
- klik tombol defrag.
*pastikan ada cukup freespace untuk melakukan defragmenting.
• anda juga dapat melakukan optimalisasi file otomatis melalui hacking registry, tetapi cara ini sedikit berbahaya jika ada kesalahan dalam pengeditan. lebih baik lakukan backup dahulu.
untuk mulai mengedit registry caranya:
-klik start > run > ketikkan > regedit
-setelah masuk jendela registry, arahkan ke:
-HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Microsoft \ Windows \ CurrentVersion \ OptimalLayout.
-cari value dengan nama "EnableAutoLayout". jika tidak ada buat value baruu dengan cara
-klik kanan pada area kosong > klik new string value
-lalu gantinama dengan EnableAutoLayout (tanpa spasi)
-klik ganda pada value EnableAutoLayout, masukkan nilai 1 pada value data, klik OK.
-tutup jendela registry editor, restart PC.
-Untuk mengembalikan, tinggal hapus value EnableAutoLayout atau set value dengan 0.
• Anda juga bisa menggunakan software Tune Up Utilities 2009. Semuana dapat diatur di app. Tersebut seperti seperti defrag, optimizer, registry cleaner.
REFERENSI:
1.http://id.answers.yahoo.com/
2.http://blogsplonkz.wordpress.com/
3. Maryono Dwi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo. Tiga Seramgkai

X5 44 Rizsa Intanella on October 19, 2009 at 2:32 AM said...

Topik: Pengenalan dasar komputer
Judul: Macam-macam port pada komputer
Isi:
Pada sebuah CPU komputer terutama di bagian belakangnya,terdapat sejumlah slot.Slot-slot tersebut memiliki beberapa bentuk,dari yang bulat kecil hingga persegi panjang.Slot-slot tersebut adalah tempat peralatan-peralatan lain,seperti printer,monitor,keyboard,dan mouse terhubung ke CPU.Komputer memang dirancang untuk dapat "menerima" alat-alat lain tersebut.Keyboard dan monitor adalah alat yang harus ada pada sebuah komputer,sedangkan lainnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna komputer.
Jenis-jenis port:
1.PORT SERIAL adalah serial komunikasi melalui antart muka atau fisik yang transfer informasi atau memperkecil pada satu bit pada satu waktu atau kontras paralel port.Fungsi port serial adalah untuk menghubungkan mouse dan keyboard.
2.PORT PARALEL,port ini digunakan untuk menghubungkan CPU dengan printer dan modem eksternal serta periferal lainnya yang memiliki kabel untuk port paralel.Port paralel bekerja dengan mengirim dan menerima beberapa bit pada satu saat melalui satu set kabel.
3.PORT PS/2,PS/2 konektor digunakan untuk menghubungkan beberapa keyboard dan mouse ke PC kompatibel dengan sistem komputer.Untuk port keyboard berwarna ungu dan untuk port mouse berwarna hijau.
4.PORT USB,port ini merupakan port multifungsi yang dapat digunakan pada beberapa perangkat seperti mouse,keyboard,modem,card wireless,dsb.Kelebihan dari port USB yaitu kemudahannya dalam melakukan koneksi device ke komputer,sehingga banyak alat dapat dipasang secara plug and play.
5.PORT VGA.Fungsi: port ini menghubungkan monitor dengan CPU dan membuat monitor menampilkan isi dari CPU tersebut.
6.PORT POWER SUPPLY.Fungsi: port ini digunakan untuk menghubungkan power supply dengan CPU.
7.PORT LAN.Fungsi: port ini digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya (jaringan LAN).Juga berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer.Port ini juga biasa digunakan untuk menyambungkan komputer dengan internet.
8.PORT SOUND CARD (line in,out,mic).Fungsi: menghubungkan CPU dengan peralatan audio (speaker,mic,dan tv turner).
9.PORT MODEM.Fungsi: sebagai penghubung untuk internet memakai modem dial up (jaringan telepon)
Referensi:
1.Tiksman3jakarta.wordpress.com/
2.zulek1010.wordpress.com/
3.adexkai.blogspot.com/2009/08/jenis-jenis-port...

X5 32 Ni Wayan Krisna Damayanti on October 19, 2009 at 8:59 PM said...

Topik : Pengenalan Komputer
Judul: Definisi Komputer
Isi :
Hampir seluruh aspek kehidupan manusia saat ini tidak dapat dilepaskan dari teknologi, khususnya teknologi komputer. Dapat dilihat bahwa untuk menuliskan suatu dokumen, orang cenderung sudah meninggalkan mesin ketik manual dan sudah digantikan perannya oleh komputer. Kasir di suatu pertokoan besar (supermarket) sudah menggunakan peralatan otomatis berupa komputer yang didisain khusus untuk keperluan itu. Kumpulan lagu-lagu yang sebelumnya hanya dapat didengarkan melalui media kaset atau piringan hitam, saat ini sudah mulai dikemas dalam bentuk compact disk (CD) yang dapat didengarkan dengan menggunakan komputer multimedia. Belum lagi perkembangan teknologi komputer di bidang kesehatan yang maju sangat pesat untuk membantu diagnosa penyakit dan proses penyembuahnnya. Dan masih banyak lagi bidang-bidang kehidupan manusia yang saat ini sudah menggunakan peralatan komputer.
Definisi Komputer Istilah komputer mempunyai arti yang luas dan berbeda bagi setiap orang. Istilah komputer (computer) diambil dari bahasa Latin computare yang berarti menghitung (to compute atau to reckon).
Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
Sedangkan menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang telah tersimpan di dalam memori. Dan masih banyak lagi ahli yang mencoba mendefinisikan secara berbeda tentang komputer. Namun, pada intinya dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bekerja secara otomatis.
Dari definisi tersebut terdapat tiga istilah penting, yaitu input (data), pengolahan data, dan informasi (output). Pengolahan data dengan menggunakan komputer dikenal dengan nama pengolahan data elektronik (PDE) atau elecronic data processing (EDP). Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta), dapat berupa angka-angka, huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari ketiganya. Data masih belum dapat bercerita banyak sehingga perlu diolah lebih lanjut.
Pengolahan data merupakan suatu proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih berguna dan lebih berati, yaitu berupa suatu informasi. Dengan demikian, informasi adalah hasil dari suatu kegiatan pengolahan data yang memberikan bentuk yang lebih bermakna dari suatu fakta. Oleh karena itu, pengolahan data elektronik adalah proses manipulasi dari data ke dalam bentuk yang lebih bermakna berupa suatu informasi dengan menggunakan suatu alat elektronik, yaitu komputer.
Sistem Komputer
Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.

Refrensi:
1. Buku LKS TIK EKSIS kelas X
2. http://www.wikipedia.com
3. http://www.google.com

X5 43 Ida Bgs Rama Udiyana on October 20, 2009 at 1:19 AM said...

topik :Peralatan unit Pengolahan Proses
Judul :Peralatan Proses

ISI :
Peralatan proses adalah alat yang digunakan untuk melakukan suatu pemrosesan data. Yang termasuk peralatan proses:
1. Prosesor : Alat ini berfungsi sebagai pengalaoh data. contoh prosesor : Intel Pentium 4, AMD, Centrino, dan core 2 Duo. Prosesor terdiri dari 2 bagian utama dan alat penyimpanan yang berukuran kecil yang disebut register.
a. ALU (Arithmetical Logical UniT)
Fungsi alat ini adalah untuk melakukan suatu proses data yang berbentuk angka dan logika, seperti data metematika dan statistika.
b. Control unit (CU)
Fungsi alat ini adalah untuk melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan.Tugas Dari control unit adalah :
*. mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
*. Mengambil Instruksi-instruksi dari memori utama.
*. Mengambil data dari memori utama untuk diproses.
*. Mengirim Instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logaritma serta mengawasi kerja dari ALU.
*. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
c. Register
register merupakan jenis memori yang terdapat pada prosesor dan sebagai memori internal prosesor.
2. Cache Memori
merupakan memori yang dapat meningkatkan kecepatan komputer dan dikatakan sebagai memori perantara.
3. ROM (Read Only Memori)
ROM adalah memori yang dapat dibaca dan tidak bisa diubah, serta mempunyai sifat yang permanen dan tetap.
4. RAM (Random Access Memori)
Merupakan jenis Memori yang dapat dibaca, diisi, dan diubah.Ram memiliki sifat semntara jika terjadi mati listrik maka data yang ada di RAM akan hilang.Struktur RAM di bagi menjadi 4 bagian yaitu :
*. Input Storage, Digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.
*. Program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan di akses.
*. Working Storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan menyimpan hasil pengolahan.
*. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

Refrensi :
1. Buku LKS TIK EKSIS kelas X
2. http://www.google.com

Ni Luh Putu Purmita Sari on October 20, 2009 at 4:22 AM said...

TOPIK; PERALATAN TIK.
JUDUL;PERANGKAT MASUKAN DAN KELUARAN.
ISI;
PERALATAN INPUT ( input divise)
Adalah media memasukan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk di olah guna menghasilkan informasi yang di perlukan.
contoh;
a. Keyboard ;perangkat input ya berfungsi untuk memasukan huruf,angka, karakter khusus .
jfnis-jenis keyboard;
*QWERTY
*DVORAK
*KLOCKENBERG
b. Mouse ; alat yan berfungsi perpindahan pointer atau kursor scara cepat.
c. Touchpad; alat yg di gunakan sbg penganti mouse ,dan biasanya dapat di temukan di laptop dan notebook.
d. Light Pen; pointer elektronik yang di gunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan scener.
e. Joy Stick; alat yang di gunakan untuk mengatur gerak suatu objek dalam komputer, biasanya dapat di temukan di permainan komputer.
f. Barcode; alat yg berfungsi untuk membaca suatu kode yg berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertikal yg kemudian di terjemahkan dalam bentuk angka-angka.
g. Scaner; alat yg berfungsi untuk mengkofi atau menyalin gambar atau teks yg kemudian di simpan ke dalam memori komputer.
h. Kamera Digital; adalah sebuh kamera yg tidak memerlukan film sbgmana kamera biasa,gambar yg di tampilkan pun hasilnya lbh bagus, sehingga banyak diminati.
i. Mikrofon; berfungsi sbg alat perekam atau memesukkan suara yg akan di simpan dalam memori komputer .
j. Graphics Pads; alat untuk menggambar objek pada monitor,
jenis-jenis graphics pads;
* Stylus/ menggunakan jarum ,
* touch sensitive pad/ tanpa penggunaan jarum.

PERANGKAT KELUARAN ( output divice)
Adalah paralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemprosesan ataupun pengolahan data yg berasal dari CPU ke dalam media yg dapat di baca.
a. Monitor; merupakan jenis soft copy device karena keluarnya berupa signal elektronik yg berupa gambar yg tampil di layar monitor.
b. Printer; alat jenis soft-copy divice karena keluaran hasil proses di cetak di atas kertas,
c.Infocus; alat untuk menampilkan gambar/visual hasil pemprosesan data .
d. LCD Proyektor
e. Speaker

Refrensi:
1. google.com
2. Buku paket TIK
3. LKS Eksis TIK

X5 29 I Gst Ag Ngr Inggananda P on October 20, 2009 at 7:26 PM said...

Topic : Topik :Peralatan unit Pengolahan Proses
Judul : Peralatan penyimpanan
Isi :
Peralatan penyimpanan adalah perangkat keras untuk melakukan operasi penulisan, pembacaan, dan penyimpanan data dari luar komponen utama
Contoh dari memory eksternal adalah floopy disk, ZIP drive, flashdisk, harddisk, CD-ROM, DVD.
• Floppy Disk:
Floppy Disk yang menjadi standar pemakaian terdiri dari 2 ukuran yaitu5.25” dan 3.5”yang masing-masing memiliki 2 tipe kapasitas Double Density (DD) dan High Density (HD). Floppy disk 5.25”kapasitasny adalah 360 kb(untuk DD)dan 1.2 mb (untuk HD), sedangkan untuk floppy disk 3.5” kapasitasnya 720 kb (untuk DD) dan 1.44 (untuk HD)
• Zip Drive :
Keterbatasan kapasitas pada floppy disk mendorong lahirnya teknologi baru yang disebut dengan lomega Zip Drive. Perangkat ini terdiri dari floppy drive dan catridge floppy khusus yang mampu menampung sampai hampir 100 MB data. Jumlah ini jelas memungkinkan untuk menampung file multimedia dan grafik (biasanya berukuran mega bytes).
• Flash disk :
Sekarang ini penggunaan floppy disk drive sudah mulai digantikan oleh flash disk. Flash disk ini merupakan device yang mampu menyimpan suatu file hingga kapasitas giga bytes.alat ini memungkinkan untuk menampung file-file multimedia seperti untuk audio, video. Perkembangan flash disk banyak dikombinasikan dengan fitur teknologi yang lain seperti untuk mendengarkan music, radio, bahkan melihat video.
• Hard Disk : Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Jika dibuka, terlihat mata cakram keras pada ujung lengan bertuas yang menempel pada piringan yang dapat berputar
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

• CD-ROM : CD-ROM (singkatan dari Compact Disc - Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.
• DVD :adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.

Refrensi:
1. Lks EKSIS Kls X
2. http://id.wikipedia.org

Ni Made Juli Christina,31,X5 said...

Topik : Perangkat Keras Komputer
Judul : INput dan output

komputer bersal dari kata computer(to compute)yang berarti nenghitung. komputer merupakan alat atau mesin yang dirancang untuk menerima data untuk kemudian diolah melalui proses sehingga menghasilkan suatu keluaran. sesuai dengan perkembangan teknologi, komputer sudah digunakan untuk melakukan berbagi keperluan

1. input
input adalah alat untuk memasukan data/program untuik diolah komputer sehingga menjadi sebuah informasi.
contoh:a.keyboard:peranti masukan yg terdiri ats kumpulan huruf dan angka.pada keyboard juga terdapat fungsi-fungsi khusus
B.mouse
perangkat yg berfungsi untuk menggerakan kursor dan menunjuk perintah
c.scanner
alat utuk mengubah tesk/gambar mnjdi gambar digital
d.floppy disk drive
alat untuk menulis membaca data dan merekam data
e.cd room dan cd rw
untuk membaca cd/vcd pada komputer
f.dvd room dan dvd rw
alat untuk membaca cd/dvd pada komputer
g.voice input
alat untuk merekam suara manusia dan mengubahnya mnjadi file digital untuk di masukan kedalam komputer

2.output
alat untuk menampilkan hasil penglahan yg di lakukan cpu
contoh:
a.monitor
lat yang berfungsi menampilkan data/informasi dalam bentuk tesk atau grafik
b.printer
alat untuk mencetak informasi yang di hasilkan komputer
c.speakr
unit keluaran untuk menghasilkan suara

REfrensi :
1. LKS TIK
2. MAhir dan Terampil Berkomputer
3. Google.com

X5 41 I Gusti Agung Ngurah Putra Dwipayana on October 20, 2009 at 10:09 PM said...

TOPIK : Komponen Komputer.
JUDUL : Perangkat Pemroses.

PERANGKAT PEMROSES
(Central Processing Unit/CPU)

1). Pusat pengolahan dan pengontrol pemrosesan data.
2). Terdiri dari :
A. Control unit (CU).
B. Arithmatic Logic Unit (ALU).
C. Memory (pengingat).

A. Control Unit(CU).
bertugas untuk menterjemahkan perintah atau instruksi secara berurutan yang kemudian diteruskan ke seluruh bagian komputer (mengendalikan seluruh kerja komputer)

B. Arithmatic Logic Unit (ALU)
berfungsi untuk memproses data melalui perhitungan pengurangan dan penambahan, perbandingan-perbandingan serta logika

C. Memory (Pengingat)
merupakan penampung atau penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukkan ke dalam komputer.
kemampuan untuk melakukan tugas bergantung dari kapasitas dan memori.

X5 07 Putu Ayu Cindy Pramitha Putri on October 20, 2009 at 10:25 PM said...

Topik: sistem operasi
Judul: sistem operasi windows
isi:
Macam-macam Sistem Operasi Windows
Sistem Operasi “Windows” dibuat oleh perusahaan Microsoft yang terletak di Amerika dan dipimpin oleh Bill Gates. Mengapa Sistem Operasinya dinamakan “Windows” ?. Mungkin karena yang pertama tampil di layar monitor ketika komputer dihidupkan adalah gambar seperti jendela-jendela kecil. Nah, sistem operasi windows ini mengalami beberapa perubahan-perubahan dan perbaikan. Dulu, akhir tahun 1980 (Awal tahun 1990 – 1994) terkenal sistem operasi Windows 3.0, Windows 3.1.1 dikenal dengan generasi Windows 3.X, kemudian mengalami perubahan-perubahan menjadi Windows 95 setelah itu Windows 98 (Windows 9.X), berubah lagi menjadi Windows 2000 dan saat ini Windows ME (Millenium Edition / Edisi Millenium) sedang banyak digunakan.
Windows ini merupakan seri up-grade (peningkatan kualitas) dari Windows 98. Dalam Windows ME telah dimasukkan software untuk memainkan musik digital dan video, pengaturan untuk jaringan di rumah serta kemudahan memperbaiki dari adanya kemungkinan kerusakan sistem. Selain itu ada juga yang namanya “Windows NT”, yaitu Sistem operasi yang dikhususkan untuk jaringan lokal.
Baru-baru ini Microsoft telah memperkenalkan dan meluncurkan produk MS Windows dan Office yang terbaru. Produk itu disebut Windows XP dan Office XP. XP kepanjangannya “experience”. Untuk di sebuah komputer pribadi (PC) windows XP nantinya akan memberikan fasilitas video dan suara secara langsung. Canggih kan ? Makanya kita terus ikuti perkembangan Teknologi informasi yang ada saat ini, mungkin saja beberapa bulan lagi atau tahun depan akan muncul operating sistem yang lebih bagus dan canggih…
Sistem Operasi Windows Xp adalah satu Sistem Operasi yang paling banyak di gandrungi oleh pada usernya di mana – mana karena mereka merasa lebih familiar dalam mengoperasikan windows ini ketimbang sistem operasi lainnya seperti : Windows Vista, Windows 7, Linux, MAC dan lain sebagainya.
Refrensi:
- http://id.wikipedia.com/
- http://www.google.com/
- Buku TIK kelas X sma. Tiga serangkai

X5 38 Ida Bagus Mulya Iswara on October 21, 2009 at 8:34 PM said...

Topik:perangkat lunak
Judul:Perkembangan perangkat lunak
Isi:
Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini, fokus utama pengmbangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi.Pada tahun 1968-1969 komite sains NATO mensponsori 2 konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak banyak menganggap bahwa 2 konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak.Pada tahun 1960-an hingga 1980-an banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak.Banyak proyek yang gagal, hingga masa itu disebut krisis perangkat lunak, kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari proyek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian, salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.Berdasarkan perkembangannya perangkat lunak sampai dengan sekarang di bagi menjadi beberapa era yaitu:

a.Era Pemula:Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, cara untuk mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi.

b.Era stabil:pada era stabil penggunaan komputer sudahg banyak digunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri/perusahan. perusahaan perangkat lunak bermunculan, dan sebuah perangkat lunak dapat menjalankan beberapa fungsi. sebuah perangkat lunak mampu menyelessaikan banyak pengguna( multi user)secara cepat/langsung(real time)

c.Era Mikro: sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. perangkat lunak sisterm yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada didalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d.era modern:saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah supaer komputer dengan 25 processornya. sebuah komputer genggam pun telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC.
Refrensi:
-www.wikipedia.com
-buku lks EKSIS tik kls X

X5 37 I Made Muliyadnyana on October 22, 2009 at 2:54 AM said...

Topik :Perangkat Komputer
judul :Linux

Linux (diucapkan ˈlɪnəks atau /ˈlɪnʊks/)[1] adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Seperti perangkat lunak bebas dan sumber terbuka lainnya pada umumnya, kode sumber Linux dapat dimodifikasi, digunakan dan didistribusikan kembali secara bebas oleh siapapun.[2]
Nama "Linux" berasal dari nama kernelnya (kernel Linux), yang dibuat tahun 1991 oleh Linus Torvalds. Sistemnya, peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari sistem operasi GNU, yang diumumkan tahun 1983 oleh Richard Stallman. Kontribusi GNU adalah dasar dari munculnya nama alternatif GNU/Linux.[3]
Linux telah lama dikenal untuk penggunaannya di server, dan didukung oleh perusahaan-perusahaan komputer ternama seperti Dell, Hewlett-Packard, IBM, Novell, Oracle Corporation, Red Hat, dan Sun Microsystems. Linux digunakan sebagai sistem operasi di berbagai macam jenis perangkat keras komputer, termasuk komputer desktop, superkomputer,[4], dan sistem benam seperti pembaca buku elektronik, sistem permainan video (PlayStation 2, PlayStation 3 dan XBox[5]), telepon genggam dan router. Para pengamat teknologi informatika beranggapan kesuksesan Linux dikarenakan Linux tidak bergantung kepada vendor (vendor independence), biaya operasional yang rendah, dan kompatibilitas yang tinggi dibandingkan versi UNIX tak bebas, serta faktor keamanan dan kestabilannya yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya seperti Microsoft Windows. Ciri-ciri ini juga menjadi bukti atas keunggulan model pengembangan perangkat lunak sumber terbuka (opensource software).
Sistem operasi Linux yang dikenal dengan istilah distribusi Linux (Linux distribution) atau distro Linux umumnya sudah termasuk perangkat-perangkat lunak pendukung seperti server web, bahasa pemrograman, basisdata, tampilan desktop (desktop environment) (seperti GNOME dan KDE), dan paket aplikasi perkantoran (office suite) seperti OpenOffice.org, KOffice, Abiword, dan Gnumeric.

REFERENSI :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Linux
2. BUKU PAKET KELAS X
3. BUKU EKSIS KELAS X

X5 14 Boni Nursyaputra Utomo on October 22, 2009 at 4:49 AM said...

Topik:K3
Judul:Teknologi Informasi

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan teknologi tinggi yang akhir-akhir ini berkembang sangat cepat. Dengan diperkenalkannya teknologi yang baru di lingkungan rumah, aspek kesehatan dan keselamatan kerja harus di utamakan.Menggunakan Komputer dengan Posisi yang Benar .
Penggunaan komputer secara terus-menerus dapat menyebabkan keluhan-keluhan pada beberapa anggota tubuh, misalnya, otot leher rasanya kaku dan pegal semua, Mata menjadi kabur, karena lama di depan computer.
Untuk mengurangi beberapa keluhan tersebut, faktor penggunaan komputer merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. tempat kerja harus dirancang dengan tepat. Contohnya adalah dengan menempatkan papan ketik dan tempat duduk pada ketinggian yang tepat.
Selain posisi duduk, mata juga harus diperhatikan. Mata merupakan indera yang bekerja paling keras saat menggunakan komputer. Oleh karena itu, harus memperhatikan kondisi mata, seperti iritasi mata atau kelelahan mata dapat dihindari.
Cara-cara menjaga kesehatan mata, yaitu sebagai berikut:
a.Istirahatkan mata , dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk dan jauh ke depan secara rutin.
b. Jagalah agar kacamata atau lensa kontak (jika anda menggunakannya), dan layar tampilan selalu bersih.
c. Gunakan tambahan layar anti radiasi.

REFERENSI:
1.www.google.com

X5 47 Ni Ketut Widiantini on October 23, 2009 at 5:17 AM said...

Topik:Operasi Dasar Komputer
Judul:Sejarah Komputer dan perkembangan
Isi:
Sejarah Komputer
Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar.
1. Peralatan manual yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia
2. Peralatan Mekanik yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual
3. Peralatan Mekanik Elektronik yaitu Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik
4. Peralatan Elektronik yaitu Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh
ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK
Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator).
Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawandan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan.Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, dan dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.Pada tahun 1822 Babbage, menemukan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Babbage terinspirasi untuk memulai membuatkomputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu perforasi (berlubang-lubang)yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860 1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan.
KOMPUTER GENERASI PERTAMA
Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendaliPihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general purpose computer. Howard H. Aiken (1900 1973), seorang insinyur Harvardyang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki. The Harvd IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari tabung vakum dan resistor.
Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919 1995) dn John W. Mauchly (1907 1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I.
Refrensi:
WWW.google.com
WWW.wikipedia.com
Buku TIK X Tiga Serangkai

Bayu Anggara , kls : X.5 no : 11 on October 23, 2009 at 8:22 PM said...

TOPIK : Etika dan Moral
JUDUL : Pelanggaran Hak cipta

A . Aturan Hak Cipta perangkat lunak

Hak Cipta merupakan kekayaan intelektual yang dimiliki oleh individu, kelompok, atau perusahaan. Hak Cipta juga merupakan suatu karya yang murni lahir dari Batin dan Jiwa yang diciptakan oleh seseorang, atau kelompok. Bagi yang melanggar akan dikenakan sangsi sesuai undang-undang yang ada. Undang-Undang hak cipta adalah undang-undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang hak cipta yang ditanda tangani oleh dan disahkan di Jakarta tanggal 29 juli 2002 oleh Presiden Republik Indonesia

B . Dampak Pelanggaran Hak Cipta

Pada bidang Teknik Informatika Dan Komunikasi, penciptaan progam harus mendapat perlindungan hukum karena software-software komputer tentu tidak mudah dibuat, bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Jika hasil karya itu dibajak oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan tidak memberikan hasil pada pembuatnya. Tentu dikemudian orang tersebut enggan untuk menjadi programer. Pelanggara atas hak cipta seseorang akan dikenakan sangsi hukum sesuai dengan Pasal Undang-Undang Hak Cipta Tahun 2002

C .Pelanggaran Hak Cipta

Harga jual Cd software bajakan bekisar antara 10 ribu sampai 20 ribu bayangkan perbedaan harga jika dibandingkan dengan CD original . Indonesia termasuk negara yang angka pembajakannya tinggi setelah China. Saat-saat ini di pusat perbelanjaan komputer seringkali diadakan razia software oleh petugas kepolisian untuk mencari dan memberantas para pembajak dan software hasil bajakan. Cara ini diharapkan dapat mengurangi jumlah software bajakan di pasaran

D . Menerapkan Aturan-Aturan Hak Cipta yang Berkaitan dengan Informasi dan Komunikasi

Seringkali kita menjumpai progam-progam yang tidak diproteksi sehingga mudah untuk dibongkar orang lain. Tidak diproteknya software-software tertentu dimaksudkan untuk dapat dipelajari orang lain, tetapi mungkun juga proteksi dari software tersebut telah dibongkar. Untuk melindungi supaya hasil karya kita tidak dicopy secara ilegal, diperlukan langkah antisipatif dengan memasarkan apa yang kita miliki ke pasaran sehingga konsumen mudah untuk mendapat produk tang asli. Hasil karya kita juga harus dipatenkan supaya mendapatkan perlindungan hukum
Refrensi:
www.google.com

X5 10 I Gusti Bagus Suwendra p. on October 24, 2009 at 9:34 PM said...

Topik : macam - macam perangkat lunak dan fungsinya.
Judul : pengertian perangkat lunak aplikasi
Isi
Perangkat Lunak Aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang di inginkan pengguna. Biasanya di bandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolahan kata, lembar kerja dan pemutar media.

Beberapa aplikasi digabung bersama menjadi satu paket kadang disebut satu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan Open Office.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolahan kata,lembar kerja serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi - aplikasi dalam suatu paket biasanya memeliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi,

Refrensi :
Wikipedia ensiklopedia bebas

X5 36 Ni Kade Monie Yuliandari on October 25, 2009 at 3:59 AM said...

Topik : kesehatan dan keselamatan kerjadalam penggunaan komputer
Judul: masalah penyakit penggunaan komputer yang salah
Isi
Karena pentingnya masalah ini, orang mulai menempatkan gangguan kesehatan kerja menjadi suatu kajian khusus yang di sebut ergonomic. gangguan kesehatannya adalah pada bagian mata dan kepala disebut computer vision syndrome, gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan disebut carpal tunnel syndrome, dan gangguan pada bagian pundak, leher dan punggung. sumber penyakit pemakaian komputer adalah keyboard, mouse, layar moitor, meja dan kursi komputer, printer.
Refrensi:
Buku Paket Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kelas X SMA dan LKS EKSIS Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kls X SMA

X5 42 Rahmat Haris Putra on October 25, 2009 at 5:56 AM said...

* Etika
Pengertian Etika
Dalam kamus umum Bahasa Indonesia, etika diartikan ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
Menurut Martin [1993], etika didefinisikan sebagai "the discipline which can act as the performance index or reference for our control system". Dengan demikian, etika akan memberikan semacam batasan maupun standard yang akan mengatur pergaulan manusia didalam kelompok sosialnya. Dalam pengertiannya yang secara khusus dikaitkan dengan seni pergaulan manusia, etika ini kemudian dirupakan dalam bentuk aturan (code) tertulis yang secara sistematik sengaja dibuat berdasarkan prinsip-prinsip moral yang ada; dan pada saat yang dibutuhkan akan bisa difungsikan sebagai alat untuk menghakimi segala macam tindakan yang secara logika-rasional umum (common sense) dinilai menyimpang dari kode etik Dengan demikian etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan "self control", karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial (profesi) itu sendiri.
Etika disebut juga filsafat moral merupakan cabang filsafat yang berbicara tentang tindakan manusia. Etika tidak mempersoalkan keadaan manusia, melainkan mempersoalkan bagaimana manusia harus bertindak. Tindakan manusia ini ditentukan oleh bermacam-macam norma, diantaranya norma hukum, normamoral, norma agama dan norma sopan santun. Norma hukum berasal dari hukum dan perundang-undangan, norma agama berasal dari agama, norma moral berasal dari suara hati dan norma sopan santun berasal dari kehidupan sehari-hari
Moral terbagi menjadi dua yaitu :
a. Baik; segala tingkah laku yang dikenal pasti oleh etika sebagai baik
b. Buruk; tingkah laku yang dikenal pasti oleh etika sebagai buruk.
Moral juga diartikan sebagai ajaran baik dan buruk perbuatan dan kelakuan, akhlak, kewajiban, dan sebagainya (Purwadarminto, 1956 : 957). Dalam moral didiatur segala perbuatan yang dinilai baik dan perlu dilakukan, dan suatu perbuatan yang dinilai tidak baik dan perlu dihindari. Moral berkaitan dengan kemampuan untuk membedakan antara perbuatan yang baik dan perbuatan yang salah. Dengan demikian moral merupakan kendali dalam bertingkah laku.
Moral dapat diukur secara subyektif dan obyektif. Kata hati atau hati nurani memberikan ukuran yang subyektif, adapun norma memberikan ukuran yang obyektif. (Hardiwardoyo,1990). Apabila hati nurani ingin membisikan sesuatu yang benar, maka norma akan membantu mencari kebaikan moral.
Kemoralan merupakan sesuatu yang berkait dengan peraturan-peraturan masyarakat yang diwujudkan di luar kawalan individu. Dorothy Emmet(1979) mengatakan bahawa manusia bergantung kepada tatasusila, adat, kebiasaan masyarakat dan agama untuk membantu menilai tingkahlaku seseorang.
Moral berkaitan dengan moralitas. Moralitas adalah sopan santun, segala sesuatu yang berhubungan dengan etiket atau sopan santun. Moralitas adalah pedoman yang dimiliki individu atau kelompok mengenai apa yang benar dan salah berdasarkan standar moral. Moralitas dapat berasal dari sumber tradisi atau adat, agama atau sebuah ideologi atau gabungan dari beberapa sumber.
Standar moral ialah standar yang berkaitan dengan persoalan yang dianggap mempunyai konsekuensi serius, didasarkan pada penalaran yang baik bukan otoritas kekuasaan, melebihi kepentingan sendiri, tidak memihak dan pelanggarannya diasosiasikan dengan perasaan bersalah, malu, menyesal, dan lain-lain.
http://one.indoskripsi.com/node/4164

X5 27 gusti ngurah putu indra dwipa wardana on October 28, 2009 at 8:33 PM said...

topik:media dan peralatan telekemonikasi
judul:serat optik
Isi

Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Cahaya yang ada di dalam serat optik sulit keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Serat optik umumnya digunakan dalam sistem telekomunikasi serta dalam pencahayaan, sensor, dan optik pencitraan.

Serat optik terdiri dari 2 bagian, yaitu cladding dan core. Cladding adalah selubung dari core. Cladding mempunyai indek bias lebih rendah dari pada core akan memantulkan kembali cahaya yang mengarah keluar dari core kembali kedalam core lagi.

Efisiensi dari serat optik ditentukan oleh kemurnian dari bahan penyusun gelas. Semakin murni bahan gelas, semakin sedikit cahaya yang diserap oleh serat optik.

Pembagian Serat optik dapat dilihat dari 2 macam perbedaan :

1. Berdasarkan Mode yang dirambatkan :

* Single mode : serat optik dengan core yang sangat kecil, diameter mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding cladding.
* Multi mode : serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth 2. Berdasarkan indeks bias core :

* Step indeks : pada serat optik step indeks, core memiliki indeks bias yang homogen.
* Graded indeks : indeks bias core semakin mendekat ke arah cladding semakin kecil. Jadi pada graded indeks, pusat core memiliki nilai indeks bias yang paling besar. Serat graded indeks memungkinkan untuk membawa bandwidth yang lebih besar, karena pelebaran pulsa yang terjadi dapat diminimalkan.




referensi
www.wikipedia.com

X5 17 Dede Ricky Permana on October 28, 2009 at 8:40 PM said...

topik : Macam-macam perangkat lunak dan fungsinya
Judul :Sistem Operasi

Isi :
sistem operasi adalah suatu program yang bertugas untuk melakukan kontrol terhadap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
sebenarnya jenis-jenis sistem operasi ini sangat banyak dan beragam namun ada beberapa sistem operasi yang sekarang ini banyak diminati oleh masyarakat dunia, diantaranya :
1. Microsoft Windows
windows merupakn sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan microsoft. di antara produk sistem operasi yang dikeluarkan microsoft adalah windows 95,98,XP,NT,ME,2000,2003 Server,Vista.
2. Linux
Linux merupakan salah satu sistem operasi yang model pengembangannya bersifat open source.
3. Macintosh
macintosh merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh perusahaan apple. sistem opersi ini hanya bisa dijalankan pada hardware komputer yang dikembangankan oleh perusahan tersebut.

selain dari sistem operasi di atas masih banyak sistem operasi lainnya yang dikembangkan oleh beragam perusahaan diantaranya adalah :
Solaris yang dikembangkan oleh perusahaan SUN Microsystem, OS/2 Oleh perusahaan IBM, Novell Netware oleh perusahaan novell dan banyak digunakan pada jaringan LAN.

Refrensi :
1. Buku LKS TIK Eksis klas X
2. www.google.com

X5 38 Cok Agung Gede Wirayudha on October 28, 2009 at 8:41 PM said...

topik:Macam-Macam Perangkat Lunak dan Fungsinya
judul:Sistem Operasi

Isi:
Perangkat lunak (software) yaitu program yang berisi perintah-perintah untuk melaukan sesuatu peroses tertentu. Program-program ini pasang (diinstall) pada komputer dan berfungsi mengendalikan kerja komputer. Perangkat lunak mempunya bagian yang salah satunya adalah Sistem operasi.

Sistem operasi adalah suatu program yang bertugas untuk melakukan kontrol terhadap perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer. Walaupun sistem operasi bekerja secara background (tidak tertampil di layar komputer) tapi peranannya sangat penting pada sebuah komputer. Semua peralatan komputer seperti mouse,keyboard, monitor, printer, dan lain sebagainya tidak dapat berfungsi tanpa dukungan dari sistem operasi. Demikian pula dengan program aplikasi seperti aplikasi game, aplikasi multimedia, aplikasi perkantoran, dan sebagainya tidak dapat di jalankan tanpa dukungan sistem operasi.
Sebenarnya jenis-jenis sistem operasi ini sangat banyak dan beragam, namun ada beberapa sistem operasi yang sekarang ini banyak diminatin oleh masyarakat dunia di antaranya:
a. Microsoft Widows
b. Linux
c. Macintosh

Refrensi
1. Buku Eksis X

X5 28 idewa gede agung indrajaya on October 28, 2009 at 8:42 PM said...

topik:media telekomunikasi
judul:infra merah
isi
LED Infra merah adalah sebuah benda padat penghasil cahaya, yang mendekati/menghasilkan spectrum cahaya infra merah. LED (dioda cahaya)Infra merah menghasilkan panjang gelombang yang sama dengan yang biasa diterima oleh photodetektor silikon. Oleh karena itu LED infra merah bisa dipasangkan dengan foto transistor dan foto dioda.

Karakteristik dari LED Infra merah:

1. Bisa dipakai dalam waktu yang sangat lama.
2. Membutuhkan daya yang kecil.
3. Pemancaran panjang gelombangnya menyempit.
4. Tidak mudah panas.
5. Bisa digunakan dalam jarak yang lebar.
6. Harga murInframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700 nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optik yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskopah.
referensi
www.wikipedia.com
lks eksis kls x

x5 03 Made Ana Wirastuti on October 28, 2009 at 8:43 PM said...

Perbaikan
Referensi:
1.Maryono Dwi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk kelas X SMA dan MA. Solo. Tiga Seramgkai
2.http://id.wikibooks.org/wiki/Perangkat_keras
3.http://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_keras

X5 04 Made Ari Prabasiwi on October 28, 2009 at 8:46 PM said...

Perbaikan
Raferensi:
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi
2. Maryono,Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo:Tiga Serangkai
3. Rubiyanto.2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi.Surakarta: Citra Pustaka

X5 18 dektu handre sapura on October 28, 2009 at 8:47 PM said...

topik:media telekomunikasi
judul:bluetooth
isi
Bluetooth adalah spesifikasi industri untuk jaringan kawasan pribadi (personal area networks atau PAN) tanpa kabel. Bluetooth menghubungkan dan dapat dipakai untuk melakukan tukar-menukar informasi di antara peralatan-peralatan. Spesifiksi dari peralatan Bluetooth ini dikembangkan dan didistribusikan oleh kelompok Bluetooth Special Interest Group. Bluetooth beroperasi dalam pita frekuensi 2,4 Ghz dengan menggunakan sebuah frequency hopping traceiver yang mampu menyediakan layanan komunikasi data dan suara secara real time antara host-host bluetooth dengan jarak terbatas.Kelemahan teknologi ini adalah jangkauannya yang pendek dan kemampuan transfer data yang rendah.

referensi
www.wikipedia.com

X5 14 Boni Nursyaputra Utomo on October 28, 2009 at 8:47 PM said...

Perbaikan
Referensi:
1.http://pdfdatabase.com/index.php?p=k3+tik
2.Maryono.Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi. Untuk Kelas X.Solo:Tiga Serangkai
3.http://id.wipkedia.org/k3+tik

X5 47 Ni Ketut Widiatini on October 28, 2009 at 8:50 PM said...

Perbaikan
Refrensi:
-www.GrameenFoundation.org
-WWW.computerscien-celab.cpm
-id.wikipedia ia.org/wiki/sejarah komputer

X5 08 IGN BGS ANANTHA W on October 28, 2009 at 8:51 PM said...

topik : pengertian teknologi informasi&komunikasi

judul :teknologi informasi dan komunikasi


isi: teknologi informasi secara harfiah adalah bidang bidang teknologi yg berhubungan dgn penyediaan dan penyampaian informasi. secara mudahnya teknologi informasimerupakan hasil rekayasa manusia terhadap froses penyampaian informasi ari pengirm ke penerima sehingga:
a.lebih cepat
b.lebih luas sebarannya
c.lebih lama penyimpanannya
informasi akan sampai ke tujuan kalau ada komunikasi. secara ringkas propses berlangsungnya komunikasi bisa digambarkan seperti berikut
a. komunikator (sender) mempunyai maksud berkomunikasi dgn orang lain mengirim suatu pesan kpd orang yg di maksud.
b. pesan (message)itu disampaian atau di bawa melalui suatu medai atau saluran baik secara langsung maupun tak langsung.
c. komunikan (receiver)menerima pesan yg di sampaikan dan menerjemehkan
d. komunikan (receiver)memberikan umpan balik (feedback)atau tanggapan atas pesan yg dikirimkan kpd apakah dia mengerti atau memahami pesan yg dimaksud oleh si p[engirim.

X5 08 IGN BGS ANANTHA W on October 28, 2009 at 8:58 PM said...

perbaikan :
refrensi:
www.gremeenfaunation.org
www.wikipedia.org
buku eksis x

X5 46 I Made Suari Yoga Wiguna on October 28, 2009 at 8:59 PM said...

topik: Program Aplikasi
judul: internet

isi:
Program aplikasi merupakan perangkat lunak (software) yang mempunyai fungsi tertentu, salah satunya internet.

internet yaitu program yang merupakan program yang berhubungan dengan dunia internet.Program ini meliputi beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi tertentu, di antaranya:
1. aplikasi web, contohnya: internet explorer, opera, firefox, konqueror.
2. aplikasi e-mail, contohnya: outlock express, eudora, Kmail, evolution.
3.aplikasi chatting, contohnya: miRC, yahoo messenger, gaim.
4.aplikasi teleconference, contohnya: netmeeting, gnomemeeting, skype.

referensi:
1. buku eksis kls x

X5 19 Ni Luh Putu Desi Armilawati on October 28, 2009 at 11:46 PM said...

PERBAIKAN :
REFERENSI :
1. Fairus H.H. 2007. Mahir Menggunakan TIK dan WORD 2003. Jakarta: Ganeca exact
2. Maryono, Dwi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo:Tiga Serangkai
3. Sadiman. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi. Banyuasin:penerbit Erlangga

nama : i gst agung bagus putra baskara no : 9 kls : x.5 on October 29, 2009 at 12:18 AM said...

topik : kesehatan dan keselamatan kerja (k3)
judul : posisi yang benar dalam penggunaan komputer

Isi :

Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), adalah suatu aspek yang harus pertama kali menjadi perhatian setiap melakukan kegiatan apapun, termasuk ketika berkerja dengan komputer. Penelitian telah mengungkapkan bahwa bekerja dengan komputer dapat menyebabkan gangguan kesehatan bahkan keselamatan. Oleh karena itu, K3 merupakan aspek yang harus menjadi perhatian apabila bekerja dengan komputer. Penelitian yang sudah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri kepala, nyeri otot, dan tulang terutama bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, dan pinggang bagian bawah. Selain itu, penggunaan komputer juga dapat menyebabkan penyakit lain seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan ganguan penglihatan.
Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk terhindar resiko bekerja dengan komputer adalah sebagai berikut :
1. Aturlah posisi tubuh saat berkerja dengan komputer sehingga merasa aman.
2. Aturlah posisi perangkat komputer dan ruangan sehingga memberi rasa nyaman.
3. Makan, minum dan istirahatlah yang cukup. Jangan menahan-nahan buang air kecil karena terlalu asyik berkerja dengan komputer.
4. Sesekali gerakanlah badan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran.
5. Sesekali alihkan pandangan ke luar ruangan untuk relaksasi mata
A.Prinsip-prinsip K3
Pada saat penggunaan komputer agar kesehatan tetap terjaga maka dibutuhkan kenyamanan dalam memekai komputer.
Kenyamanan yang dibutuhkan antara lain keadaan usher maupun hardware atau perangkat keras komputer.
Posisi duduk yang benar di depan komputer a.l tempat duduk yang bersandar ,kursi dapat berputar dan dapat diubah rendah tingginya.Posisi mata pada layar harus lurus dan tidak terlalu tinggi bahkan rendah.Dan posisi tangan harus senyaman mungkin.


B.Peragaan Posisi Duduk yang baik
Jika kita memekai komputer dalam jangka waktu yang lama,istirahatlah atau berdirilah untuk meluruskan pinggang.Dan posisi duduk agar tidak nyeri maka haris menormalisasikan aliran oksigen ke punggung.



C.Mendemonstrasikan K3
Komputer harus diperlakukan dengan baik,caranya:
Pertama,komputer harus diletakkan di tempat yang aman.Aman dari jangkauan anak-anak aman dari api,aman dari penyinaran matahari secara langsung dan terus menerus dan dari percikan air.

Selanjutnya adalah langkah peggunaan komputer.Setiap pemakaian komputer selalu diawali dengan memakai stop kontak untuk power supply,kemudian menghidupkan

power. mematikan komputer dengan prosedur yang tidak benar dapat mengakibatkan software pada komputer menjadi rusak sehingga pada pemakaian berikutnya menjadi terganggu bahkan harus diinstal ulang.

refrensi :
www.gremeenfaunation.org
www.wikipedia.org

nama : bayu anggara no : 11 kls : x.5 on October 29, 2009 at 12:22 AM said...

perbaikan
refrensi :
www.gremeenfaunation.org
buku eksis kelas x

nama : i gst md darma adhi putra no : 16 kls : x.5 on October 29, 2009 at 12:34 AM said...

topik : pentingnya k3 dalam penggunaan komputer
judul : posisi duduk dan perlunya istirahat dalam penggunaan komputer

Pada saat ini hampir di setiap aspek pekerjaan selalu menggunakan komputer sebagai fasilitas utama. Fungsi komputer yang tadinya adalah untuk menghitung saat ini lebih diindentikkan dengan kegiatan ketik mengetik. Namun diluar daripada itu, para remaja yang telah mengenal komputer lebih cenderung memanfaatkan internet sebagai sarana pertemanan. Berkomunikasi dan mencari teman di salah satu blog pertemanan seperti friendster misalnya.
Kegiatan apapun itu yang berhubungan dengan komputer, sedikit banyak membuat mereka bertahan duduk lebih lama menghadap perangkat komputer tersebut. Bermenit-menit bahkan berjam-jam tanpa sadar waktu terlewat begitu saja.
Penggunaan komputer yang terus menerus dapat menyebabkan keluhan-keluhan pada beberapa anggota tubuh. Misalnya terasa pada otot leher yang kaku dan pegal semua. Mata yang terasa kabur, dan sebagainya. Tanpa kita sadari, perangkat komputer sebenarnya dapat menimbulkan penyakit karena pemakaiannya. Mulai dari tata letak meja dan kursi, layar monitor, keyboard dan printer merupakan peralatan yang dapat menimbulkan penyakit pada pemakaiannya.
Untuk mengurangi keluhan pada saat bekerja dengan komputer, ada baiknya tempat yang digunakan dalam berkomputer hendaknya dirancang sedemikian rupa. Posisi duduk dalam mengetik juga harus diperhatikan. Dianjurkan, kita harus duduk dalam posisi tegak dan rileks dan posisi salah satu dari kaki agak maju ke depan.
Pilihlah meja komputer yang dilengkapi dengan alat sandaran kaki dan bagian bawah meja memiliki ruang gerak yang bebas. Tinggi meja disesuaikan dengan ukuran kursi dan tinggi pengguna. Gunakan kursi yang yang fleksibel (dapat diatur tinggi rendahnya) dan sandarannya mengikuti lekuk punggung .
Dalam pengetikan, usahakan mata untuk tidak terus menerus menghadap ke keyboard ataupun monitor. Sebab sedikit banyak, monitor merupakan layar yang sensitif dan memancarkan radiasi . Untuk itu filter ataupun screen guard perlu dipasang pada layar monitor, sehingga keluhan pada mata dapat dihindari.
Diantaranya, cara-cara menjaga kesehatan mata yaitu sebagai berikut :
1. Istirahatkan mata anda dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk dan jauh ke depan secara rutin.
2. Jagalah agar kacamata atau lensa kontak (jika menggunakan) dan layar tampilan selalu bersih.
3. Gunakan tambahan layar anti radiasi.

refrensi :
buku eksis kelas x
www.wikipedia.org

X5 39 Ni Nyoman Paramita Rasmi on October 29, 2009 at 12:44 AM said...

Topik :Sistem Operasi
Judul : Linux
Linux pada awalnya dibuat oleh seorang siswa di firlandia yang bernama linux torvadls . Dylynua linux merupakan projek yang di inspirasikan dari minix, yaitu sistem ynit kecul yang dikembangkan oleh andrew tanenbaum . Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan agustus tahun 1991.
Linyx merupakan salah satu sistem operasi yang model pengembanganya bersifat open source. oPEN SOURSE MERUPAKAN SUATU MODEL PENGEMBANGAN perangkat lunak yang kode-kode pembuat proramnya (source code) dibyka yntyk ymym sehingga siappun bebas yntyk menyalin , memodifikasi, dan mendistribusikan sfteware tersebut tanpa biaya lisensi . Model pengembangan seperti ini sekarang menjadi tren masyarakat pengembang perangkat lunak (softeware). Karena linux bebas dikembangkan oleh siapapun , maka jenis-jenis linux(distro linux ) sanagt banyak .
Linux sebyah kata yang makin hari-makain popyler di dunia komputer tetapi masih sangat asing di telinga orang.Kalimat linux adalah salah satu "sistem operasi di komputer".
Linux dikembangkan oleh sejumlah pemrogram diseluruh dunia mencakup profesor, mahasiswa ilmu komputer,adminstator sistem komputer samapai perusahaan besar. Inti dari linyx itu adalah Karnel.
Linux di susun berdasarkan standar operasi POSIX yang sebenarnya disusun berdasarkan fungsi UNIX.
Refrensi :
1. http://id.shvoong.uom/internet-and-technologies/1854425-sitem-operasi-linux
2. http://one.indoskripsi.com/node/1009
3. Buku LKS EKSIS KELAS X

X5 02 I Made Agus Suardi P on October 29, 2009 at 2:32 AM said...

topik: etika dan moral dalam TIK
judul: hak cipta
isi:
Hak Cipta
*UU hak cipta UURI No 19 Th 2002
*Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.
*Perlindungan terhadap hak atas kekayaan intelektuan (HAKI) untuk memacu perkembangan software dan hardware yang menopang TI.
-Contoh Hak Cipta yang Dibuat Perusahaan
*Microsoft Corp (SO Windows, MS DOS, Aplikasi Microsoft Office, dll).
*Adobe Corp (Aplikasi Adobe Photoshop, Adobe PageMaker, Adobe ImageReady, dll).
-Pelanggaran Hak Cipta
*Diatur dalam pasal 72 UU No 19 Th 2002
*Jenis-Jenis Pelanggaran
-Mengopi Software ke Hardisk
Pemakaian/pengopian melebihi dari yang ditentukan.
-Pembajakan/penjualan CD
-Penyewaan CD bajakan
-Download secara ilegal
-Dampak Pelanggaran Hak Cipta
*Pembajakan terhadap software dapat mengurangi kreatifitas pembuat software.
*Kemajuan dalam bidang TIK akan terhambat bahkan mati.
*Diadakannya razia software bajakan oleh kepolisian
-Cara Menghargai Hak Cipta/Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
*Tidak membajak, menyalin atau menggandakan tanpa seijin pemilik hak paten.
*Tidak mengubah, mengurangi atau menambah hasil karya orang lain.
*Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan.
*Menggunakan perangkat lunak yang asli.
refrensi:
-htt://www.google.com
-Purnomo, Andi. 2007. Teknologi Informasi dan Komunikasi, SMA Kelas X. Yudistira
-Sadiman. 2006. Teknologi Informasi dan Komunikasi, untuk SMA Kelas X. Erlangga

X5 01 Putu Agus Heryawan on October 29, 2009 at 2:33 AM said...

Topik: Penggunaan Dasar Komputer

1.Mengidentifikasi Jenis-Jenis Port Sesuai dengan Fungsinya
Satu unit komputer terdiri dari CPU, monitor, keyboard, dan mouse. Pada CPU yang merupakan system unit console memiliki beberapa port.
macam-macam port:
- Port Modem
- Port PS/2
- Port Serial
- Port Parallel
- Port Power Suply
- Port USB
- Port VGA
- Port Sound Card
2.Menghubungkan Masing-Masing Kabel ke Dalam Port yang Sesuai dan Benar
Untuk memasang port-port komputer, sebaiknya komputer dalam keadaan mati dan dengan posisi yang tepat.
3.Peralatan Pendukung Komputer
Sebelum menghidupkan dan mematikan komputer,agar saat menjalankannya nyaman, ada beberapa peralatan tambahan yaitu:
- Instalasi Listrik yang Baik
- Stabilizer
- Uninteruptible Power Supply (UPS)
- Air Conditioner(AC)
4.Menghidupkan Komputer
Pasang peralatan komputer dengan benar, sebelum menghidupkan komputer pastikan port-port dan kabel power terpasang pada catu daya.
5.Sistem Operasi
Sistem Opersi adalah program untuk melakukan control pada perangkat keras dan perangkat lunak. Diantaranya:
a.Windows
b.Linux
c.Macintosh
6.Progrm Aplikasi
Perangkat lunak yang mempunyai fungsi tertentu. Ada beberapa jenis,
Diantaranya:
• Perkantoran(Office)
• Grafis(Graphic)
• Multimedi
• Internet
• Permainan(Games)
• Utilitas(Utility)
• Alat Pengembangan Software( Software Development Tool)

refrensi:
-www.beritaiptek.com

X5 33 Igst Lanang Yudihartawan on October 29, 2009 at 4:15 AM said...

topik ;Fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
judul ;sejarah mouse

A.perkembangan mouse

Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute pada tahun 1963.
Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksi gerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-Y Position Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus, sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.

Mouse Bola

Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun 1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bola tersebut dideteksi oleh roda-roda sensor di dalam mouse tersebut. Pengembangan tipe ini kemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana pengguna menggerakkan bola dengan jari jempolnya, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. Xerox PARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan dan menggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja. Mouse saat ini mengikuti desain École polytechnique fédérale de Lausanne (EPFL) yang diinspirasikan oleh Professor Jean-Daniel Nicoud.

Mouse Optikal

Mouse optikal pertama dibuat oleh Steve Kirsch dari Mouse Systems Corporation. Mouse jenis ini menggunakan LED (light emitting diode) dan photo dioda untuk mendeteksi gerakan mouse. Mouse optikal pertama hanya dapat digunakan pada alas (mousepad) khusus yang berwarna metalik bergaris-garis biru—abu-abu. Mouse optikal saat ini dapat digunakan hampir di semua permukaan padat dan rata, kecuali permukaan yang memantulkan cahaya. Mouse optikal saat ini bekerja dengan menggunakan sensor optik yang menggunakan LED sebagai sumber penerangan untuk mengambil beribu-ribu frame gambar selama mouse bergerak. Perubahan dari frame-frame gambar tersebut diterjemahkan oleh chip khusus menjadi posisi X dan Y yang kemudian dikirim ke komputer.

Mouse Laser

Mouse laser pertama kali diperkenalkan oleh Logitech, perusahaan mouse terkemuka yang bekerja sama dengan Agilent Technologies pada tahun 2004, dengan nama Logitech MX 1000. Logitech mengklaim bahwa mouse laser memilki tingkat akurasi 20 kali lebih besar dari mouse optikal. Dasar kerja mouse optikal dan mouse laser hampir sama, perbedaannya hanya penggunaan laser kecil sebagai pengganti LED digunakan oleh mouse optikal.
Dari semua perkembangan mouse, yang tidak banyak berubah adalah jumlah tombolnya. Semua mouse memiliki tombol antara satu sampai tiga buah. Mouse pertama memiliki satu tombol. Kebanyakan mouse saat ini, yang didesain untuk Microsoft Windows, memiliki dua tombol. Beberapa mouse modern juga memiliki sebuah Wheel untuk mempermudah scrolling.

refrensi;
-buku TIK kls X tiga serangkai
-http://alekeepis.blogspot.com/2007/09/sejarah-mouse.html
-www.google.com

X5 06 NI PUTU ASTRI PRADNYANDARI on October 29, 2009 at 5:14 AM said...

PERBAIKAN

REFRENSI :
1. http.//id.wikipedia.org/wiki/Linux
2. Syarif,Komarudin.2007.EKSIS,SMA kelas X.CITRA PUSTAKA
3. Maryono,Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi 1,kelas X.TIGA SERANGKAI

nama :putu bayu putra pratama kls :x.5 no:12 on October 30, 2009 at 3:43 AM said...

topik : sistem operasi
judul : sistem operasi dan penjelasannya


A. Pengertian Sistem Operasi
Dalam Ilmu komputer, Sistem Operasi (SO, atau dalam ahasa inggris: Operatig System atau OS) adalah suatu software sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen hardware serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan beowser web
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.
B. Perkembangan Sistem Operasi
Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer sistem umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar:
1. Keluarga Microsoft Windows - yang antara lain terdiri dari Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, dan Windows Vista yang akan dirilis pada tahun 2007)).
2. Keluarga Unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.
3. Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac Os versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).
Sedangkan komputer Mainframe, dan Super komputer menggunakan banyak sekali sistem operasi yang berbeda-beda, umumnya merupakan turunan dari sistem operasi UNIX yang dikembangkan oleh vendor seperti IBM AIX, HP/UX, dll

refrensi :
Maryono,Dwi.2007.Teknologi Informasi dan Komunikasi 1,kelas X.TIGA SERANGKAI
http.//id.wikipedia.org
www.google.com

x5 35 Ni Putu Mila Chandra Dewi said...

topik:sistem operasi
judul:pengertian dan penjelasan sistem operasi

A. Pengertian Sistem Operasi
Pengertian secara umum sistem operasi adalah suatu perangkat yang mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehinga memberi kemudahan dan kenyaman
pengguna serta pemamfaat sumber daya sistem komputer.OS dapat di ibaratkan sebagai pemerintah dalam suatu negara yang berfungsi mengordinasi komputer agar dapat menjalankan program secara benar.Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya.Oleh krn itu OS sering disebut sumber pembagi.Satu lagi fungsi penting OS adalah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan dan penggunaan komputer yang tidak perlu.
Dengan kata lain,OS dapat disebut sbg kumpulan dari software(perintah atau program)pengendali hartware antara lain disk drive,hardisk,CD/DVD-ROM atau DVD/DVD-RW,monitor,keyboard,mouse,scanner,printer.OS juga merupakan peralatan user dalam menggunakan program aplikasi,seperti pogram pengolahan kata,pengolahan angka,pengolahan grafis,presentasi.
Dalam perkembangannya,sejarah OS dapat di bagi menjadi 4 bagian:

A.Generasi Pertama
merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektroniksebagai pengganti sistem komputasi mekanik.Hal itu disebabkan para pencipta sistem komputer menyadari bahwa kecepatan manusia untuk menghitung sangat terbatas.Disanping itu,manusia juga sangat mudah membuat kecerobohan ,kekeliruan,bahkan kesalahan.
B.Generasi Kedua
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System,yaitu pekerjaan yang dikerjakan dalam satu rangkaian lalu di eksekusisecara berueutan.Pada generasi ini,sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi ,tetapi beberapa fungsi sistem telah ada.Contoh fungsi sistem operasi yang berkembang pada masa ini ialah FMS dan IBSYS
C.Generasi ketiga
Sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus.Para pemakai dapat berkomunikasi secara interaktif lewat terminal secara on-line ke komputer .Dengan demikian sistem operasinya menjadi multi-user dan multi-programming.
D.Generasi Keempat
Sistem operasi ini dipergunakan untuk jaringan komputerdengan cara pemakaian nya menyadari bahwa keberadaan komputer-komputer yang digunakan saling terhubung satu sama lain..Pada masa ini,para pengguna juga telah diberikan kenyamanan dengan Graphical User Interface(GUI)yaitu antarmuka komputerberbasis grafis yang sangat nyaman .Pada masa inijuga di mulai era komputer tersebar yaitu komputasi-komputasi yang tidak lagi dimulai berpusat pada satu titik tetapi dioecah di banyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik .

refrensi:
Paket TI klsx
Lks TI kls x

Yang mau donasi, silahkan disini ....

Bagi para donatur yang ingin melakukan donasi ke webblog ini, silahkan klik tombol Donate. Atau pilih jenis donasi yang lainnya....

Entri Populer

Daftar Pay Per View (PPV / CPM) disini dapatkan penghasilan $2 s/d $4 per CPM

Get paid To Promote at any Location

All Post

Antivirus - Avira/Antivir - Dowload Master (1) Antivirus - Avira/Antivir - Update Manual (1) Antivirus - Kaspersky - Download Update (1) Antivirus - Smadav (1) AP01 - Dasar-Dasar Adobe Photoshop (13) AP02 - Free Download Brush (3) AP04 - Efek Teks (1) AP05 - Kreasi Foto (5) AP07 - Download Frame / Bingkai Foto (40) AP08 - Wallpaper (4) AP09 - Kartu Ucapan (5) AP10 - Desainku (11) AP11 - Gallery Photo (1) Aplikasi lucu (2) Artikel Internet (3) Download Tutorial (6) Email Gmail (1) Email Yahoo (1) Forum Diskusi (6) Game Facebook (1) Game Online - IKARIAM (1) Game Pokemon Emerald GBA (11) Games - Farm Frenzy Pizza Party (1) Games - GBA - Map Pokemon Leaf Green (6) Games - Mini Flash - Packman (1) Games - Mini Flash - Play Aim Fire Game (1) Games Online (11) Games Online - Naruto Arena (1) Games Online - Pokemon Black (1) Games Online - Pokemon TPPCRPG (1) Games Online - Thecrims (1) Games Online - Travian (7) Games Online - www.pokemonbattlearena.net (1) Games Online LORDS OF WAR ANE MONEY (19) Internet (1) Karya Anak Design Grafish (Extra Desain) (3) Kata Kata Mutiara untuk Motivasi (1) Kesehatan - Bahaya zat kimia (2) Kesehatan - Rokok (3) Kesehatan - Test Buta Warna (7) Lain-lain (2) Link Site Bagus (2) Lirik Lagu - Indonesai - Armanda (1) Lirik Lagu - Indonesai - BCL (1) Lirik Lagu - Indonesai - DMasiv (1) Lirik Lagu - Indonesai - Geisha (1) Lirik Lagu - Indonesai - Gita Gutawa (1) Lirik Lagu - Indonesai - Kotak (1) Lirik Lagu - Indonesai - Nindy (1) Lirik Lagu - Indonesai - SHE (4) Lirik Lagu - Indonesai - Warteg Boys (1) LordWM 04 Battle (3) Map Game Pokemon Emerald GBA (11) Pemrograman (2) Perbaikan (1) Perjalanan dan Objek Wisata (1) Pertanyaan Seputar TIK (1) Ramalan - Kecocokan Pasangan (1) Ramalan - Watak Manusia (2) SMA - Kelas X - Materi TIK (6) SMA - Kelas X - Remidi (1) SMA - Kelas X - Tugas (8) SMA - Kelas X - Tugas Extra Pascal (5) Software - Browser - Mozila Firefox (3) Software - Downloader - Orbit (3) Software - Multimedia - K-Lite Mega Codec (1) Software - WinRAR (1) Tugas Desain Grafis (2) Tutorial (4) Tutorial - Adobe Photoshop (18) Tutorial - Macromedia Flash (4) Tutorial - Microsoft Word (3) Tutorial - Microsoft Word 2007 (2) Tutorial - WinRar (1) Tutorial Blogger (8) Tutorial Blogger - AdsenseCamp (3) Tutorial Delphi (4) Tutorial Facebook (2) Tutorial Microsoft Office PowerPoint 2007 (3) Tutorial Microsoft Office Word 2007 (1) Uang Gratis (4) Uang Gratis - Adsense Camp (3) Uang Gratis - Paid per View (CPM/PPV) (5) Uang Gratis - Pay Per Click or CPM - Iklan (2) Uang Gratis - Paypal (1) Uang Gratis - Ziddu (1) Ucapan Hari Raya / Peringatan (1) ucapan hari raya nyepi (2) Upload File (1) Website (2) website-Alexa Site Info (1)
 

FeedBurner FeedCount

Followers

Full Tutorial 's Fan Box

* Tutorial * on Facebook
Full Tutorial Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template